10 Prospek Kerja Teknik Listrik dan Gajinya

Kuliah memilih jurusan teknik listrik artinya Anda akan mempelajari mengenai perancangan, pelaksanaan, perawatan hingga perbaikan berbagai instalasi, baik instalasi rumah tinggal, industri maupun gedung komersial. Ada banyak keuntungan memilih jurusan ini, salah satunya adalah memudahkan Anda ketika merancang atau membangun sistem kendali listrik industri berbasis elektromagnetik. Prospek kerja teknik listrik yang luas diberbagai bidang membuat jurusan ini banyak peminatnya. Berikut ini adalah beberapa prospek kerja yang bisa dipilih.

Prospek Kerja Teknik Listrik

Prospek Kerja Teknik Listrik

Meskipun banyak sekali prospek kerja teknik listrik yang ditawarkan tetapi pastinya tidak semua cocok untuk Anda jalankan. Berikut kami informasikan beberapa prospek kerja yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan dan minat Anda.

Hardware Design Engineer

Prospek pertama yang bisa dipilih yaitu sebagai hardware design engineer. Seperti yang kita tahu bersama bahwa dunia teknologi berkembang cukup pesat. Tak ayal hal tersebut membuat semakin besar pula permintaan pasar terhadap perangkat keras.

Nah, agar bisa menghasilkan desain yang bagus maka perlu hardware design engineer. Jadi buat Anda yang kuliah dijurusan teknik listrik tidak ada salahnya untuk memilih prospek ini. Gaji Anda per bulan bekerja sebagai hardware design engineer mulai 6 juta sampai 8 juta rupiah.

Analis Sistem

Selanjutnya adalah sebagai analis system. Seseorang dengan profesi ini memiliki tanggung jawab dalam pemeliharaan atau perawatan dan peningkatan sistem organisasi. Untuk menjadi seorang analis sistem Anda harus memiliki keterampilan dalam manajemen proyek.

Tidak hanya itu, Anda juga harus mampu berpikir kritis dan bisa memecahkan masalah dengan baik. Gaji per bulan sebagai analis sistem mulai dari 6 juta rupiah.

Pengembang Perangkat Lunak

Ini adalah salah satu prospek kerja berikutnya yang bisa Anda pilih. Menjadi seorang pengembang perangkat lunak Anda harus memiliki kemampuan membuat perangkat lunak atau aplikasi diberbagai jenis computer dan PC.

Tanggung jawab Anda pada prospek ini diantaranya seperti pengembangan, pendesainan dan implementasi produk. Gaji pengembang perangkat lunak mulai dari 7 juta rupiah per bulan.

Perusahaan BUMN

Sebuah perusahaan yang mayoritas sahamnya milik Negara Indonesia, perusahaan BUMN umumnya membutuhkan sarjana teknik listrik. Adapun kelebihan yang bisa didapatkan dengan bekerja di perusahaan BUMN yaitu gaji tinggi, asuransi, jenjang karir hingga berkesempatan mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

Berikut adalah beberapa perusahaan yang bisa dipilih sebagai tempat Anda bekerja nantinya :

  • PLN
  • Telkom Indonesia
  • Adhi Karya
  • Bank Mandiri
  • dan masih banyak lagi

Project Manager

Punya pengalaman manajemen suatu proyek tertentu? Prospek ini bisa menjadi pilihan terbaiknya.

Secara umum, tugas seorang project manager diantaranya seperti pengelolaan staf, memonitor sumber daya, mendelegasikan tugas kepada tim dan mengawasi cakupan proyek serta pemeliharaan peralatan kelistrikan. Sebagai project manajer, Anda bisa mendapatkan gaji di atas 40 juta rupiah per bulan.

Biomedical Engineer

Lain halnya dengan project manager, seorang biomedical engineer bertanggung jawab dalam menggabungkan prinsip ilmu teknik dengan ilmu medis dan biologi. Tujuannya untuk merancang berbagai peralatan, perangkat maupun sistem dan perangkat lunak yang nantinya akan digunakan dalam perawatan kesehatan.

Seorang biomedical engineer juga bertanggung jawab dalam perancangan instrument, perangkat lunak untuk memecahkan masalah klinis dan masih banyak lainnya. Gaji Anda sebagai biomedical engineer mulai 8 juta rupiah.

Telecom Engineer

Ketika mengakses sesuatu lewat internet Anda pastinya butuh jalur komunikasi. Nah, seorang telecom engineer memiliki peran dalam hal ini. Sebab, memiliki tanggung jawab dalam proses transfer data – data dari teknologi informasi.

Tugas Anda ketika memiliki bekerja sebagai telecom engineer adalah mendesain, memastikan keamanan dan kinerja dari jaringan komputer hingga mengintegrasikan semua layanan serta perangkat telekomunikasi. Gaji Telecom engineer mulai dari 7 juta sampai di atas 10 juta rupiah.

Ahli Teknik Manufaktur

Pilihan lain prospek kerja yang bisa dipilih adalah sebagai ahli teknik manufaktur. Selain bertanggung jawab menentukan akar penyebab utama kegagalan dengan menggunakan metode statistik, seorang ahli teknik manufaktur juga memiliki peran penting untuk memberikan dukungan teknis yang ada kaitannya dengan manufaktur pastinya. Gaji ahli teknik manufaktur per bulan sekitar 8 juta rupiah.

Ahli Teknik Sistem Solar Energi

Kuliah dan memilih jurusan teknik kelistrikan juga membuat Anda memiliki kesempatan untuk menjadi seorang ahli teknik sistem solar energi. Tugas Anda sebagai seorang ahli dibidang ini antara lain sebagai berikut :

  • Melakukan analisis spesifik teknik
  • Mengevaluasi efisiensi energi
  • Mengevaluasi proyek surya yang libatkan perumahan, komersial maupun pelanggan industri
  • Melakukan perancangan sistem air panas
  • dan masih banyak lainnya

Guru atau Dosen

Terakhir adalah prospek kerja menjadi pengajar. Ya, lulusan teknik listrik juga bisa menjadi pengajar, baik guru maupun dosen. Sebagai guru, Anda bisa mendapatkan gaji bulanan 1,5 juta sampai 2 juta rupiah.

Tak perlu khawatir, sebab sekarang masih banyak perguruan tinggi yang memerlukan tenaga guru atau dosen untuk mengajar teknik listrik. Namun demikian, untuk menjadi seorang pengajar Anda harus menyelesaikan pendidikan pasca sarjana S2. Sebagai seorang dosen, Anda akan mendapatkan gaji bulanan di atas 5 juta rupiah.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang prospek kerja teknik listrik. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru