10 Prospek Kerja Sastra Arab dan Gajinya

Prospek Kerja Sastra ArabJurusan sastra arab merupakan program studi yang mempelajari mengenai bahasa dan budaya Arab, baik secara lisan maupun tulisan. Disebut juga sebagai sastra asia barat, program studi ini memiliki tujuan utama, yaitu mengasah kemampuan analisis dengan cara mengkaji, menganalisis dan mengapresiasi berbagai karya sastra arab.

Berbicara mengenai prospek kerja sastra arab, lulusan sastra arab ternyata menawarkan peluang yang beragam. Tak hanya bisa bekerja di lembaga pemerintahan, Anda juga berkesempatan bekerja di lembaga asing, perusahaan dan bahkan freelance.

Prospek Kerja Sastra Arab

Prospek Kerja Sastra Arab

Apabila memang tertarik dengan dunia sasrta arab maka 10 prospek kerja sastra Arab yang bisa Anda ambil setelah lulus sebagai berikut :

Interpreter

Fasih berbahasa arab? Cobain prospek kerja sastra arab ini, yuk!

Pada prospek ini Anda bisa tampil sebagai juru bahasa bagi orang – orang asing atau lembaga internasional, khususnya yang berasal dari negara Timur Tengah. Di bawah ini adalah beberapa tugas dan tanggung jawab interpreter yang harus Anda tahu :

  • Menerjemahkan bahasa dalam bahasa sasaran
  • Menyampaikan yang disampaikan oleh pembicara dalam bahasa sasaran
  • Mencatat tema pembicaraan

Gaji seorang interpreter sebesar 5 juta per bulan.

Tenaga pendidik

Guru atau tenaga pendidik pastinya memiliki peranan penting dalam menjalankan keprofesiannya. Yang mana tenaga pendidik disini berperan dalam proses pembelajaran, baik di sekolah maupun di kampus – kampus. Tidak hanya itu, tenaga pendidik juga bisa menjalankan tugasnya lewat online.

Gaji seorang tenaga pendidik cukup bervariasi, rata – rata gaji yang diterima sekitar 4 juta per bulan.

Tour guide

Lulusan sastra arab juga bisa bekerja sebagai tour guide. Sambil menekuni pekerjaan, Anda bisa memiliki kesempatan keliling daerah wisata secara gratis. Berikut adalah tugas dan tanggung jawab tour guide :

  • Merekomendasikan destinasi wisata menarik
  • Menemani wisatawan
  • Membimbing dan memberi informasi wisatawan
  • Menjelaskan tentang destinasi wisata yang dikunjungi

Gaji seorang tour guide rata – rata sebesar 500 ribu per hari.

Konsul atau duta negara

Rekomendasi selanjutnya prospek kerja sastra arab yang bisa dipilih adalah menjadi konsul atau duta negara. Konsul sendiri bertugas meningkatkan hubungan baik antar negara dalam bidang non politik. Contohnya, perdagangan, perekonomian, perhubungan dan ilmu pengetahuan.

Gaji seorang konsul atau duta negara sekitar 8 juta per bulan.

Penerjemah

Buat Anda yang cukup pandai dalam berbahasa arab juga bisa mencoba prospek ini, yakni menjadi penerjemah bahasa arab. Gaji yang bisa didapatkan seorang penerjemah memang sangat bervariasi, hal tersebut tergantung dari keterampilan yang dimiliki.

Tetapi biasanya seorang penerjemah mendapatkan upah atau gaji mulai dari 10 ribu per halaman.

Jurnalis

Jurnalis adalah seseorang yang bertugas mencari, mengumpulkan, memilih hingga mengelolah berita yang kemudian menyajikannya kepada masyarakat secara luas, baik melalui media cetak maupun media elektronik. Prospek ini lebih cocok buat Anda yang memiliki minat dibidang tulis menulis.

Gaji seorang jurnalis rata – rata ada diangka 3 juta per bulan.

Peneliti budaya

Apa sajakah tugas dan tanggung jawab peneliti budaya? Seorang peneliti budaya memiliki tugas melakukan sebuah penelitian atau pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Lalu, bagaimana gaji peneliti budaya?

Gaji yang bisa Anda dapatkan dengan menjadi seorang peneliti budaya sebesar 8 juta per bulan.

Penulis

Apabila Anda berminat berkarir sebagai penulis maka Anda harus memiliki kemampuan menulis yang baik. Adapun tugas dan tanggung jawab penulis bahasa arab antara lain :

  • Menulis, mengedit dan proofreading teks
  • Sebagai penghubung dengan professional lain seperti seniman, printer dan fotografer
  • Pemasaran dan pendistribusian kerja
  • Meneliti dan mengembangkan kontak

Tentang gaji atau upahnya biasanya sangat bergantung pada jumlah karya yang berhasil dibuat.

Instansi pemerintahan

Prospek kerja satu ini sepertinya lebih cocok buat Anda yang memiliki kemampuan komunikasi dan administrasi yang baik. Anda bisa melamar pekerjaan untuk CPNS (Calon Pegawai Negeri sipil) di instansi pemerintahan. Pilih formasi yang sesuai dengan background pendidikanmu.

Gaji yang ditawarkan untuk menjadi pegawai di pemerintahan sekitar 4 juta per bulan, belum termasuk tunjangan dan lain – lain.

Lembaga asing

Terakhir adalah berkarir di lembaga asing yang berkantor di Indonesia. Siapa tahu dengan memilih prospek ini nantinya Anda bisa menjadi pekerja dibawah naungan lembaga asing yang sudah cukup popular, seperti UEA, Arab Saudi dan lain – lain.

Gaji yang bisa didapatkan dengan bekerja di lembaga asing berkisar 7 juta per bulan.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang prospek kerja sastra arab. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru