10 Prospek Kerja Public Relation dan Gajinya

Prospek Kerja Public Relation – Suka public speaking? Berkuliah di program studi public realtion bisa menjadi pilihan tepatnya. Jurusan public realtion atau humas merupakan proses interaksi antara organisasi atau perusahaan dengan masyarakat dalam menciptakan opini public yang baik, memberikan persepsi, menanamkan pengertian, menciptakan partisipasi dan menumbuhkan motivasi.

Ada banyak prospek kerja public realtion yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan setelah lulus dari bangku kuliah, antara lain sebagai berikut.

Prospek Kerja Public Relation

Prospek Kerja Public Relation

Berikut prospek kerja public relation yang harus Anda ketahui :

Hubungan masyarakat

Prospek kerja public relation pertama adalah sebagai hubungan masyarakat atau humas. Tugas dan tanggung jawab Anda disini yaitu memberikan menyajikan informasi, mendidik, meraih simpati dan membangkitkan rasa ketertarikan masyarakat terhadap sesuatu yang pada akhirnya membuat masyarakat mengerti dan menerima suatu kondisi.

Anda bisa menggunakan berbagai media untuk bekerja di bidang ini. Adapun kisaran gaji yang didapatkan setiap bulannya adalah 4 juta – 6 juta.

Event organizer

Tugas profesi berikut ini adalah mengurus berbagai hal yang ada kaitannya dengan acara secara mendetail, mulai dari klien, vendor hingga mengurusi tamu yang akan datang pada suatu acara.

Dikarenakan Anda akan banyak berelasi dengan banyak orang, makanya seorang event organizer harus memiliki komunikasi yang baik dengan orang lain. Kisaran gaji yang didapatkan dari prospek ini adalah 7 juta ke atas tiap acara.

Strategic planner

Ini adalah prospek kerja public relation lainnya yang bisa dijadikan acuan buat lulusan jurusan public relation. Adapun tugas dan tanggung jawab seorang strategic planner, yaitu membuat desain dan merencanakan komunikasi dalam marketing. Lalu, untuk kisaran gaji yang didapatkan antara 3 juta – 5 juta per bulan.

Presenter

Prospek kerja keempat adalah menjadi seorang presenter. Ya, penyuka public speaking pastinya akan sangat menyukai profesi satu ini. Menariknya, seorang presenter digadang – gadang sebagai sebuah pekerjaan yang menyenangkan.

Sebab, Anda akan bertemu dan berkomunikasi dengan banyak orang yang terlibat dalam sebuah acara. Kisaran gaji seorang presenter cukup menarik, yakni sebesar 7 juta ke atas di setiap bulannya.

Copywriter

Menjadi copywriter merupakan peluang yang besar, terutama bagi Anda yang suka menulis. Tentunya sebagai seorang penulis Anda diwajibkan memiliki kemampuan menulis yang baik, sehingga apa yang Anda tulis bisa membuat pembacanya menjadi nyaman dan tidak jenuh membaca tulisan Anda sampai akhir.

Gaji seorang penulis memang cukup beragam, namun biasanya penulis akan mendapat gaji sekitar 2 juta – 4 juta per bulan.

Juru bicara

Memilih menjadi juru bicara juga tidak kalah menariknya, sebab gaji yang didapatkan lumayan besar, yakni sekitar 5 juta per bulan.

Sebagai juru bicara Anda diberikan tanggung jawab untuk menerangkan kondisi dari suatu hal secara jelas dan detail, baik kondisi perusahaan, instansi atau pun kejadian yang terjadi. Tak hanya itu, juga ada tugas lainnya yang menjadi tanggung jawab juru bicara, seperti memberikan keterangan secara resmi kepada khalayak umum untuk mewakilkan seseorang atau suatu kelompok.

Konsultan kehumasan

Tugas dan tanggung jawab seorang konsultan kehumasan diantaranya seperti memberikan jasa pelayanan yang kreatif, baik berdasarkan pengalaman, kemampuan atau pun keahlian. Mendapatkan gaji setiap bulannya dengan kisaran 10 jutaan, secara umum pelayanan jasa konsultasi kehumasan antara lain :

  • Pemberian nasihat
  • Pemberian jasa terintegrasi dalam bentuk eksekusi
  • Gabungan dari beberapa jasa, seperti jasa konsultatif, eksekusi dan evaluasi

Pengajar

Sebagai seorang pengajar tugas utamanya adalah mendidik, mengajar, membimbing, melatih, menilai dan mengevaluasi. Oleh karenanya Anda diharuskan untuk selalu mengupdate ilmu yang dimiliki. Selain itu, Anda juga diwajibkan untuk memiliki keterampilan mengajar murid yang baik.

Berbicara mengenai gaji atau upah, umumnya seorang pengajar akan mendapatkan gaji mulai dari 500 ribu – 3 juta, bahkan bisa lebih dari itu.

Public relation specialist

Dengan kisaran gaji sebesar 5 juta ke atas di setiap bulannya, seorang public realtion specialist harus bisa memahami dan memiliki kepedulian tinggi agar kerjasama yang dibangun tetap terjalin dengan baik. Namun dalam pelaksanaannya, profesi ini lebih dominan merancang siaran pers.

Marketing public relation

Terakhir adalah menjadi bagian dari strategi pemasaran perusahaan. Profesi ini berperan penting sebagai penghubung antara perusahaan dan masyarakat. Tak heran jika gaji seorang marketing cukuplah besar, yaitu berkisar 4 juta – 7 juta per bulan.

Nah, itu dia beberapa informasi yang bisa kami bagikan seputar prospek kerja public relation. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru