10 Prospek Kerja Planologi dan Gajinya

Prospek Kerja Planologi – Apa itu planologi? Planologi atau Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) merupakan program studi yang mempelajari perencanaan kota dan wilayah dengan mempertimbangkan beberapa aspek, mulai dari aspek sosial, ekonomi dan politik.

Menyinggung lebih jauh mengenai prospek kerja planologi, ternyata jurusan ini menawarkan beragam kesempatan kerja. Apa sajakah itu? Mari simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Prospek Kerja Planologi

Prospek Kerja Planologi

Berikut bisa Anda simak 10 prospek kerja planologi yang kami rekomendasikan :

Account officer

Ini adalah prospek kerja planologi pertama yang kami rekomendasikan untuk Anda. Adapun tugas utama account officer yaitu memperkenalkan produk perusahaan kepada customer atau pelanggan.

Biasanya produk yang dikenalkan account officer berupa kartu kredit, deposito dan KPR. Gaji yang bisa Anda dapatkan dengan menjadi account officer setiap bulannya sebesar 4.1 juta.

Penilai real estate

Pilihan lain adalah menjadi penilai real estate. Tugas seorang penilai real estate diantaranya seperti menilai atau memperkirakan harga real estate dari harga dimasa lalu untuk kemudian dijual belikan oleh klien.

Seorang penilai real estate biasanya ikut tergabung di kantor jasa penilai public atau pun perusahaan – perusahaan property. Gaji yang bisa didapatkan dengan menjadi penilai real estate setiap bulannya sebesar 3 juta – 6 juta.

Perencanaan wilayah dan kota

Ini merupakan jenis pekerjaan yang memiliki definisi dan tanggung jawab cukup luas. Jika tertarik, Anda nanti akan melakukan banyak survey, visitasi hingga penelitian yang bertujuan merencanakan layout wilayah dan kota.

Gaji yang bisa didapatkan dengan bekerja sebagai perencanaan wilayah dan kota setiap bulannya sebesar 3 juta – 10 juta.

Konsultan

Prospek kerja planologi selanjutnya adalah konsultan. Maksud dari konsultan disini ada banyak macamnya, mulai dari konsultan property, arsitek hingga konsultan sipil.

Sebagai konsultan, tugas dan tanggung jawab Anda yaitu memberikan gambaran secara jelas mengenai desain dan biaya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah proyek atau bangunan. Gaji yang didapatkan seorang konsultan rata – rata setiap bulannya sebesar 5 juta.

Perencana transportasi

Seperti yang kita tahu bersama, moda transportasi di Indonesia saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Tak ayal yang demikian membuat perencana transportasi menjadi salah satu prospek kerja planologi yang paling diincar.

Tugas dan tanggung jawab perencana transportasi adalah menganalisis dan memberi saran pengoperasian sistem transportasi. Adapun gaji yang bisa Anda dapatkan dengan menjadi perencana transportasi sebesar 2 juta – 9 juta per bulan.

PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Lulusan planologi juga memiliki kesempatan untuk bekerja di institusi pemerintahan. Ada beberapa lembaga pemerintah yang menerima lulusan dijurusan ini, antara lain :

  • Kementerian PUPR
  • Kementerian LHK
  • Kementerian Perhubungan
  • Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

Gaji yang bisa didapatkan dengan bekerja sebagai PNS di institusi pemerintahan sebesar 2 juta – 5 juta per bulan.

Dosen

Prospek kerja berikutnya adalah dosen atau pengajar. Setelah lulus dari S1 Planologi Anda pastinya akan mendapat gelar Sarjana Teknologi (S.T.). Kemudian Anda bisa melanjutkan S2 sebagai syarat utama mengajukan diri sebagai dosen. Setelah itu Anda bisa mencoba melamar sebagai dosen di perguruan tinggi di Indonesia, seperti UGM atau ITB.

Gaji yang bisa Anda dapatkan dengan menjadi dosen di perguruan tinggi di Indonesia adalah sebesar 3 juta – 7 juta per bulan.

Arsitektur

Apa sajakah tugas dan tanggung jawab arsitek? Arsitektur memiliki tugas dan tanggung jawab seperti mengambil bagian dalam perencanaan, perancangan, perkiraan anggaran dan pengontrolan pembangunan.

Tentu saja pekerjaan satu ini membutuhkan kemampuan desain yang mumpuni. Gaji seorang arsitektur per bulannya sebesar 7 juta – 15 juta.

Jasa konstruksi

Ini merupakan jenis layanan jasa konsultansi konstruksi dan pekerjaan konstruksi. Apabila Anda berminat dengan profesi ini, maka Anda bertugas memberikan pelayanan secara menyeluruh hal – hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan konstruksi suatu bangunan. Gaji yang didapatkan dari pekerjaan ini adalah 5 juta per bulan.

Bekerja di Pemda

Lulusan planologi juga bisa bekerja di Pemda. Adapun tugas dan tanggung jawab seseorang yang bekerja di Pemda diantaranya melaksanakan urusan pemerintahan daerah dalam melaksanakan kebijakan daerah dibidang kepegawaian. Gaji yang bisa Anda dapatkan dengan bekerja di Pemda mulai dari 1.2 juta per bulan.

Demikianlah sekilas informasi yang bisa kami bagikan tentang prospek kerja planologi. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru