10 Prospek Kerja Pendidikan Masyarakat dan Gajinya

Terkesan tidak populer, jurusan pendidikan masyarakat atau yang lebih dikenal dengan nama Pendidikan Luar Sekolah (PLS) merupakan jurusan yang mempersiapkan para mahasiswanya untuk mengembangkan pendidikan non formal. Pada dasarnya kesuksesan tidak melulu berangkat dari pendidikan formal. Tak ayal ada banyak orang yang berhasil meraih kesuksesannya karena keseriusan mereka mengenyam pendidikan non-formal. Apalagi pendidikan masyarakat ini memiliki prospek kerja yang lebih besar kepada para lulusan. Apa saja? Berikut ini adalah 10 prospek kerja pendidikan masyarakat yang harus Anda ketahui.

Prospek Kerja Pendidikan Masyarakat

Prospek Kerja Pendidikan Masyarakat

Ya, ada banyak peluang atau prospek kerja pendidikan masyarakat yang bisa dipilih sesuai minat dan bakat yang Anda miliki, mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Lembaga Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat

Bekerja di sebuah lembaga ekonomi dan pemberdayaan masyarakat bisa menjadi pilihan terbaik buat Anda setelah lulus dari bangku kuliah. LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) dan NGO bisa menjadi tempat Anda bekerja.

Tugas utamanya adalah mengatur permasalahan hubungan antar pelaku ekonomi dan meningkatkan produktivitas ekonomi yang dibutuhkan untuk keberlangsungan kehidupan manusia. Anda akan mendapatkan gaji sekitar 4 sampai 5 juta rupiah sebulan.

Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah

Ditjen pendidikan dasar dan menengah merupakan unsur pelaksanaan pendidikan di Indonesia dibawah tanggung jawab Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Jika tertarik dengan prospek ini maka Anda akan bertanggung jawab dalam penyelenggaraan perumusan dan tata laksana kebijakan yang berkaitan dengan bidang pendidikan dasar dan menengah, seperti SMP dan SMA.

Memiliki peran penting di dunia pendidikan sehingga dapat memberikan keteraturan sistem pendidikan yang ada di Indonesia. Sebagai direktorat jenderal gaji Anda di atas 10 juta rupiah per bulan.

Pengelola dan Penyelenggara PNFI

Prospek kerja pendidikan masyarakat berikutnya yang dapat dijadikan pilihan karir Anda adalah  menjadi pengelola dan penyelenggara PNFI. PNFI sendiri merupakan singkatan dari “Pendidikan non-Formal dan informal”.

Memiliki tugas utama membantu kepala dinas dalam melaksanakan urusan pendidikan non-formal dan informal Anda bisa bekerja di dinas pendidikan setempat. Gaji per bulan Anda sekitar 3,5 juta rupiah per bulan.

Tenaga Lapangan Pendidikan Masyarakat

Anda yang lulus dari pendidikan masyarakat juga bisa memilih karir sebagai tenaga lapangan pendidikan masyarakat. Tugas Anda disini adalah memantau lembaga – lembaga pendidikan non-formal yang ada untuk menjamin kualitas mutunya.

Dengan harapan agar dapat mengangkat harkat martabat masyarakat, baik dalam perekonomian, hubungan sosial, keadilan maupun posisi yang seimbang dengan masyarakat lainnya. Anda akan dapatkan gaji per bulan sekitar 3 juta sampai 4 juta rupiah.

Badan Pemberdayaan Masyarakat

Prospek kerja pendidikan masyarakat lainnya adalah menjadi badan pemberdayaan masyarakat. Seperti namanya, tugas Anda pada prospek ini diantaranya seperti berikut :

  • Melakukan perumusan dan penetapan kebijakan dibidang pemberdayaan masyarakat
  • Melaksanakan kebijakan dibidang pemberdayaan masyarakat
  • Mengkoordinasikan dan mengendalikan pelaksanaan tugas dinas
  • Mengevaluasi dan membuat laporan dibidang pemberdayaan masyarakat

Penilik Pendidikan Masyarakat

Prospek kerja untuk jurusan pendidikan masyarakat ini juga tidak kalah menariknya untuk dipilih. Penilik pendidikan masyarakat memiliki tugas utama melakukan kegiatan dalam pengendalian mutu dan evaluasi dampak program pendidikan anak usia dini, pendidikan keaksaraan dan kesetaraan serta kursus untuk pendidikan non-formal maupun informal.

Hal paling menarik dengan memilih profesi ini adalah profesi tersebut menjadi salah satu jabatan PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan mendapatkan gaji sesuai jabatan.

Tutor

Berbeda dengan guru, seorang dengan profesi ini tidak diharuskan memiliki kualifikasi dalam mata pelajaran yang akan diajarkan. Adapun tugas utama seorang tutor yaitu memberikan instruksi dan pengajaran kepada para murid di luar sekolah, atau yang biasanya dikenal dengan sebutan les maupun kursus.

Tujuan seorang tutor ketika mengajar muridnya adalah memberikan pendampingan untuk mempelajari ulang pelajaran yang sudah dipelajari di sekolah. Jam kerja Anda singkat dan Anda akan mendapatkan gaji sekitar 1,5 juta sampai 2 juta rupiah per bulan. Di samping itu Anda masih bisa mengerjakan hal lainnya.

Terapis Kecantikan

Jika Anda ingin bekerja di luar keahlian dan memiliki skill di bidang kecantikan, Anda bisa menjadi terapis kecantikan.  Berikut adalah tugas utama seorang terapis kecantikan yang harus Anda tahu :

  • Menyambut konsumen dengan baik
  • Menjaga kenyamanan konsumen selama melakukan perawatan
  • Memahami kebutuhan konsumen
  • Melakukan perawatan kecantikan secara professional
  • Merekomendasikan produk perawatan kecantikan yang cocok dan aman
  • Membina hubungan baik dengan konsumen

Konsultan Kecantikan

Setiap perempuan pastinya tidak hanya memperhatikan kecantikan, tetapi juga konsen dengan kesehatan kulitnya, tak ayal mereka mau menggunakan produk – produk kecantikan yang sehat. Nah, sebagai konsultan kecantikan tentunya Anda harus bisa membantu customer memilih produk kecantikan yang sesuai.

Selain itu, sebagai seorang konsultan kecantikan Anda diharuskan dapat memberikan konsultasi dan tips seputar kecantikan kepada para customer. Anda akan mendapatkan gaji mulai dari 2 juta rupiah.

Kepala Sekolah

Terakhir, adalah menjadi kepala sekolah. Tugas dari seorang kepala sekolah tidak lain mengawasi dengan baik jalannya kegiatan operasional dan akademik di sekolah. Tidak hanya itu, kepala sekolah juga akan banyak berhubungan dengan para guru atau pengajar, wali murid dan lingkungan sekitar. Gaji seorang kepala sekolah biasanya di atas 3 juta rupiah per bulan, belum termasuk tunjangan.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan seputar prospek kerja pendidikan masyarakat. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru