10 Prospek Kerja Pendidikan Luar Biasa dan Gajinya

Apa itu jurusan pendidikan luar biasa? Ini adalah program studi yang akan memberimu perspektif baru mengenai dunia anak berkebutuhan khusus. Yang mana biasanya anak berkebutuhan khusus ini selalu dipandang sebelah mata oleh sebagian orang. Padahal seperti yang kita tahu anak dengan kebutuhan khusus memiliki hak yang sama untuk merasakan pendidikan sekolah. Selain terjun ke dunia pendidikan, lulusan jurusan ini ternyata juga memiliki beragam prospek kerja. Apa saja? Ini dia beberapa prospek kerja pendidikan luar biasa yang akan kami informasikan untuk Anda!

Prospek Kerja Pendidikan Luar Biasa

Prospek Kerja Pendidikan Luar Biasa

Berikut adalah prospek kerja pendidikan luar biasa yang bisaa dijadikan acuan saat lulus dari bangku kuliah :

Tenaga pengajar SLB (Sekolah Luar Biasa)

Apabila Anda memiliki jiwa pengajar maka tidak ada salahnya untuk memilih menjadi tenaga pengajar di SLB.

Dengan menggeluti profesi tersebut Anda bisa mendapatkan gaji kisaran mulai dari 1.5 juta –  2.5 juta per bulan. Selain bisa mengajar di tingkat Sekolah Dasar, Anda juga bisa mengajar di SMP atau pun SMA.

Guru pendamping atau shadow teacher

Pilihan lainnya adalah menjadi guru pendamping. Hampir sama dengan profesi di atas, namun yang membedakannya di sini adalah Anda bertugas di pendidikan pra sekolah dan Sekolah Dasar.

Guru pendamping untuk anak berkebutuhan khusus ini sangat dibutuhkan dan pastinya dalam jumlah banyak. Sementara itu untuk kisaran gaji yang didapatkan yaitu sebesar 1 juta per bulan.

Kurikulum dan teknologi pendidikan

Lain halnya buat Anda yang lebih suka di dunia pendidikan dan teknologi, maka prospek kerja pendidikan luar biasa berikut ini adalah pilihan tepatnya.

Ya, antusiasme di dunia teknologi pastinya tidak akan terbuang sia – sia jika dimanfaatkan untuk kelancaran proses belajar mengajar di sekolah – sekolah anak berkebutuhan khusus.

Seseorang yang cocok dengan prospek ini adalah mereka yang juga sangat antusias terhadap sesuai yang baru, memiliki kepedulian tinggi dibidang pengembangan kualitas pendidikan dan inovatif. Lalu, untuk perkiraan gaji yang didapatkan adalah sebesar 1 juta – 3 juta per bulan.

Konselor anak berkebutuhan khusus

Prospek kerja selanjutnya dari jurusan pendidikan luar biasa adalah sebagai konselor anak berkebutuhan khusus. Untuk profesi satu ini Anda hanya perlu membuka jasa konseling untuk para orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus.

Tentu saja ilmu yang didapatkan selama kuliah bisa dimanfaatkan untuk membuka jasa tersebut. Sementara itu untuk gaji yang bisaa didapatkan sekitar Rp 3 juta ke atas per bulan.

Manajemen pendidikan

Salah satu alasan kenapa Anda harus banget memilih prospek ini adalah selain gaji yang akan didapatkan cukup besar, yaitu sekitar 5 juta ke atas per bulan untuk berkarir di bidang pendidikan tersebut Anda tidak harus menjadi guru.

Di sekolah atau lembaga pendidikan Anda bisa menjadi kepala sekolah, staf tata usaha, administrasi atau pun personalia. Sebagai manajemen pendidikan Anda memiliki tanggung jawab terhadap manajemen sekolah dan program – programnya.

Terapis anak berkebutuhan khusus

Berikutnya adalah menjadi terapis anak berkebutuhan khusus. Dari profesi tersebut Anda akan mendapat gaji mulai dari 25 ribu – 50 ribu per anak.

Sebagai terapis Anda akan melakukan berbagai pelatihan khusus pada anak – anak, misalnya dengan memberikan pujian atau hadiah. Terapi ini pastinya memiliki banyak manfaat untuk kemajuan anak berkebutuhan khusus dan merupakan jenis terapi yang paling sering dilakukan.

Guru private anak berkebutuhan khusus

Pada dasarnya sebagai tenaga pengajar Anda tidak harus bekerja di suatu sekolah maupun lembaga pendidikan, Anda bisa kok berkarir sebagai guru private. Menjadi guru privat Anda tidak perlu berangkat ke sekolah untuk mengajar, tetapi Anda akan berangkat ke rumah masing – masing anak.

Meskipun gaji yang didapatkan dari menjadi guru private tidaklah besar, yakni sekitar 500 ribu per bulan, tapi bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan gaji yang lebih besar lagi.

Tenaga Pengajar Dosen

Ngomongin soal gaji, tenaga pengajar dosen bisa dibilang memiliki kisaran gaji yang lebih besar, yaitu 5 juta – 10 juta setiap bulannya. Namun untuk menggeluti profesi ini Anda terlebih dulu harus lulus dari perguruan tinggi.

Berbeda dengan guru pengajar lainnya, seorang dosen tidak mengajar pada anak berkebutuhan khusus, melainkan mahasiswa yang ingin menjadi guru untuk anak berkebutuhan khusus.

Pengasuh anak berkebutuhan khusus

Ini adalah prospek kerja pendidikan luar biasa yang tidak kalah menariknya untuk dipilih. Namun untuk menjadi pengasuh anak luar biasa atau anak berkebutuhan khusus Anda harus memiliki sabar yang tinggi.

Menggeluti profesi tersebut, artinya Anda tidak hanya menjadi pengasuh tetapi juga bisa menjadi guru privat bagi anak berkebutuhan khusus. Adapun gaji yang didapatkan sekitar 3 juta – 5 juta per bulan.

Administrator PLB

Terakhir adalah sebagai administrator PLB. Berpeluang mendapat gaji sebesar 2 juta per bulan, menggeluti profesi tersebut Anda bisa bekerja di sebuah lembaga pendidikan luar biasa dengan menjadi seorang admin.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang prospek kerja pendidikan luar biasa. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru