10 Prospek Kerja Pariwisata dan Gajinya

Jurusan pariwisata masih sangat asing bagi masyarakat, hal ini dikarenakan jurusan pariwisata yang baru resmi diakui pada tahun 2008 dengan jumlah lulusan yang sangat terbatas. Namun siapa sangka bahwa prospek kerja pariwisata sangat besar mengingat Indonesia memiliki jumlah wisata yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Mengenai apa saja prospek kerjanya, kami akan membagikan serangkaian informasi selengkapnya untuk Anda!

Prospek Kerja Pariwisata

prospek kerja pariwisata

Adapun prospek kerja pariwisata yang bisa diambil setelah menempuh pendidikan di antaranya sebagai berikut :

Pengelola wisata

Prospek kerja pariwisata yang bisa Anda dapatkan salah satunya adalah menjadi seorang pengelola wisata. Dengan karir ini Anda bisa mengelola beberapa tempat wisata baru atau tempat wisata yang belum dikelola dengan baik yang terdapat di daerah Anda.

Gaji yang bisa Anda dapatkan ketika menjadi seorang pengelola pariwisata ini sangat fantastis. Hal ini tergantung dari jumlah wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata Anda. Semakin banyak jumlah wisatawan maka semakin besar juga penghasilan yang bisa Anda kumpulkan.

Event coordinator atau event organizer

Sebagai event coordinator atau event organizer, tugas Anda adalah mengurusi suatu event mulai dari tahap perencanaan sampai event tersebut tereksekusi dan terlaksana dengan lancar dan tanpa hambatan.

Gaji yang berhak Anda peroleh sangat besar lho, terlebih jika jasa event coordinator atau event organizer tersebut adalah milik Anda sendiri. Bahkan Anda bisa mendapatkan omset di atas 30an juta rupiah.

Menjadi staf hotel

Anda bisa mendapatkan jabatan sebagai resepsionis, customer service, marketing atau posisi lain yang sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki. Mengenai masalah gaji tak perlu khawatir.

Gaji sebagai staf hotel rata – rata berada di kisaran angka 3 juta sampai dengan 5 juta rupiah tergantung hotel tempat Anda bekerja.

Dosen

Jika Anda memang suka dunia pendidikan, Anda bisa melanjutkan pendidikan S1 Pariwisata Anda ke jenjang S2. Setelah lulus, Anda bisa menjadi dosen dan mendapatkan gaji per bulan sekitar 4 sampai dengan 5 juta rupiah.

Entertainer

Siapa pun bisa menjadi entertainer. Utamanya jika Anda memiliki basic pariwisata, tentu latar belakang pendidikan tersebut akan sangat menunjang karir Anda sebagai seorang entertainer dan Anda mendapatkan gaji puluhan juta rupiah dari profesi ini.

PNS

PNS adalah pekerjaan yang menjadi impian setiap orang. Hal ini dikarenakan gaji seorang PNS bisa mencapai angka jutaan hingga puluhan juta dengan pekerjaan yang tidak terlalu berat. Sebagai contoh gaji jabatan fungsional dan administrasi pada golongan satu bisa mencapai Rp 3.000.000 dan belum termasuk tunjangan yang lainnya.

Sedangkan untuk jabatan pangkat tingkat tinggi bisa mencapai Rp 26.000.000 bahkan hingga mencapai Rp 39.000.000. jika Anda termasuk dari lulusan prodi pariwisata maka Anda bisa melamar rekrutmen CPNS di Kementerian Pariwisata.

Biro perjalanan wisata

Prospek kerja yang bisa diambil oleh lulusan pariwisata adalah menjadi biro perjalanan wisata. Anda bisa menjadi biro perjalanan baik untuk informasi jalur penerbangan, destinasi wisata, akomodasi hotel dan lain sebagainya.

Semakin Anda memiliki kepandaian dalam berkomunikasi baik dengan bahasa lokal maupun asing maka semakin besar juga pluang Anda untuk mendapatkan gaji yang fantastis.

Apabila Anda bekerja di biro perjalanan wisata, Anda akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan gaji mulai dari Rp 3.000.000 per bulan. Semakin tinggi posisi Anda dalam perusahaan tersebut maka semakin tinggi juga gaji yang Anda dapatkan.

Tour guide

Apabila Anda lulusan dari jurusan pariwisata dan gemar melakukan traveling dan juga memiliki skill dalam berkomunikasi maka Anda bisa menjadi seorang tour guide. Untuk menjadi tour guide ini Anda bisa memilih ingin menjadi tour guide lokal atau tour guide mancanegara.

Gaji yang bisa Anda dapatkan ketika menjadi tour guide ini sangat menarik karena pada dasarnya Anda akan mendapatkan bayarang yang berbeda dari setiap turis atau wisatawan yang menginginkan jasa Anda.

Anda bisa mendapatkan gaji sebesar Rp 500.000 hanya dalam sekali memandu wisatawan. Semakin banyak wisatawan yang bisa Anda pandu maka semakin banyak juga penghasilan yang bisa Anda dapatkan.

Sektor asuransi perjalanan

Prospek kerja yang juga bisa Anda dapatkan jika mengambil jurusan pariwisata adalah asuransi perjalanan. Anda bisa menawarkan asuransi untuk orang – orang yang akan menempuh perjalanan jauh, baik untuk tujuan wisata maupun untuk tujuan lainnya.

Gaji yang bisa Anda dapatkan pada sektor swasta ini bisa mencapai jutaan bahkan lebih, hal ini tergantung dengan kinerja Anda. Gaji rata – rata yang biasa diperoleh karyawan perusahaan asuransi adalah Rp 4.000.000 per bulan.

Travel blogger

Prospek kerja pariwisata yang lainnya adalah menjadi seorang travel blogger. Pekerjaan ini adalah pekerjaan yang cukup mumpuni. Dalam pekerjaan ini Anda bisa mendapatkan gaji yang cukup fantastis dengan melakukan pemasangan iklan.

Bukan hanya itu, Anda juga bisa menulis sebuah buku, mengikuti lomba wisata dan lain sebagainya. Skill yang harus Anda kuasai adalah bisa mengkombinasikan foto dan tulisan hingga menjadi visual yang cukup menarik.

Penghasilan yang Anda dapatkan ketika menjadi seorang travel blogger dengan 100.000 visitor setiap bulan adalah sebesar Rp 1.000.000. namun jika jumlah visitor blog yang Anda tekuni lebih dari 100.000, maka penghasilan yang bisa Anda dapatkan juga lebih banyak.

Demikianlah ulasan mengenai prospek kerja pariwisata. Semoga ulasan diatas dapat membantu Anda dalam menemukan jurusan yang tepat dan memiliki banyak peluang pekerjaan.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru