10 Prospek Kerja Oseanografi dan Gajinya

Merupakan cabang dari ilmu kelautan, memilih jurusan oseanografi Anda akan mempelajari mengenai berbagai fenomena lautan yang kemudian bisa diaplikasikan kebanyak bidang, seperti lingkungan, rekayasa, bencana laut, perikanan hingga mitigasi bencana. Sangat pas buat Anda yang ingin berkontribusi menjaga kelestarian laut, kira – kira apa sajakah prospek kerja oseanografi yang bisa Anda pilih? Simak 10 list prospek kerjanya berikut ini!

Prospek Kerja Oseanografi

Prospek Kerja Oseanografi

Memilih jurusan oseanografi Anda bisa mengamati fenomena kelautan dari segala aspek. Seru banget, kan? Daripada semakin penasaran, mari simak beberapa prospek kerja oseanografinya di bawah ini :

Spesialis Konservasi Alam

Erat kaitannya dengan alam, prospek kerja oseanografi yang pertama ini merupakan suatu manajemen terhadap alam untuk melindungi tanaman maupun binatang, tak hanya didaratan tetapi juga diperairan.

Namun demikian, menjadi spesialis konservasi alam Anda bisa bekerja dibidang yang lebih khusus, contohnya spesialis konservasi hewan, spesialis konservasi hutan atau spesialis konservasi batu karang dan mendapatkan gaji per bulan sekitar 3 juta sampai 5 juta rupiah.

Ahli Perkapalan

Apabila Anda kurang tertarik dengan prospek di atas, maka pilihan lainnya adalah menjadi ahli perkapalan. Dalam proses tersebut Anda akan memiliki tanggung jawab kerja yang cukup banyak, beberapa diantaranya seperti berikut :

  • Menyiapkan dan mengarahkan penyusunan, produk maupun sistem tata letak, gambar rinci dan skema
  • Melakukan pemeriksaan kelayakan alat dan mesin kapal
  • Melakukan studi operasi, kinerja, lingkungan dan analitis untuk kembangkan desain produk
  • Merancang dan mengawasi pemasangan, pengujian hingga perbaikan alat perkapalan

Prospek kerja oseanografi sebagai ahli perkapalan membuat Anda berpotensi mendapatkan gaji per bulan 7 juta rupiah.

Coastal Modeler

Ini merupakan salah satu profesi yang biasanya digeluti para lulusan oseanografi. Peran profesi ini sangatlah penting untuk penyediaan data – data yang nantinya dijadikan sebagai acuan beberapa pihak tertentu.

Selain itu, pada profesi tersebut Anda akan bekerja dengan cara mensimulasikan dinamika – dinamika laut disuatu perangkat lunak, sehingga menghasilkan pemodelan hidrodinamika, pemodelan gelombang, sidemen, sebaran polutan dan lain – lain. Pemodelan inilah yang kemudian dijadikan sebagai alat yang cukup efisien dalam memprediksi gehala di alam laut. Gaji Anda per bulan sekitar 5,6 juta sampai 8,2 juta rupiah.

Metocean Engineer

Bertugas meneliti dan mengambil data di alam laut, prospek berikut ini ternyata menjadi profesi impian bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang suka bekerja dengan tantangan. Data yang didapatkan bisa berguna untuk memudahkan dalam pengambilan keputusan sesuai acuan dan kondisi laut.

Adapun data yang diambil diantaranya seperti fenomena, gelombang, angin laut dan lain – lain. Metocean engineer biasanya dibutuhkan oleh perusahaan minyak bumi dan gas. Bekerja di bidang ini membuat Anda berpotensi mendapatkan gaji 6,5 juta sampai 8,5 juta rupiah.

Ahli Ekologi

Pilihan selanjutnya prospek kerja oseanografi adalah menjadi ahli ekologi. Pada profesi ini Anda akan bekerja dibidang makhluk hidup lengkap dengan ekosistemnya. Tak hanya itu, ahli ekologi juga berperan penting dalam pengidentifikasian jika ada masalah pada suatu ekosistem. Gaji seorang ahli ekologi mulai dari 4,5 juta sampai dengan 7,5 juta rupiah per bulan.

Dosen

Ilmu yang didapatkan dari bangku kuliah juga bisa diaplikasikan dengan menjadi seorang dosen. Namun bekerja sebagai pengajar pastinya tidak bisa sembarangan, Anda harus terlebih dulu menempuh pendidikan lanjutan S2.

Dengan gelar master yang dimiliki Anda bisa mulai berbagi ilmu kepada orang banyak. Anda akan mendapatkan gaji mulai 5 juta rupiah per bulan.

Peneliti Atmosfer dan Ruang Angkasa

Ada beberapa tugas atau tanggung jawab jika Anda bekerja sebagai peneliti atmosfer dan ruang angkasa, diantaranya sebagai berikut :

  • Investigasi fenomena atmosfer
  • Menafsirkan data – data meteorology yang dikumpulkan lewat stasiun, satelit maupun radar
  • Membuat laporan dan perkiraan

Gaji peneliti atmosfer dan ruang angkasa kurang lebih sekitar 7,2 juta rupiah per bulan.

Manajer Akuakultural

Apabila Anda lebih tertarik untuk menjadi manajer akuakultural maka beberapa tugas berikut harus Anda ketahui, antara lain :

  • Memelihara kerang dan ikan, baik untuk dijual maupun dilepaskan ke lautan
  • Mengawasi dan melatih para pekerja
  • Mengumpulkan dan melakukan pencatatan perkembangan, produksi dan data lingkungan
  • Mengawasi uji persediaan untuk kemudian diidentifikasi apakah ada penyakit atau parasit
  • Mengatur dana yang dibutuhkan

Gaji manajer akuakultural per bulan kurang lebih sekitar 4,8 juta sampai dengan 6 jutaan rupiah per bulan.

Ahli Teknik Lingkungan

Dalam prospek ini Anda harus paham mengenai kebutuhan prasarana lingkungan dan konstruksi, juga konseptual prasarana lingkungan. Di bawah ini adalah beberapa tanggung jawab seorang ahli teknik lingkungan yang penting Anda ketahui :

  • Mengelola kesehatan dan keselamatan kerja
  • Mengidentifikasi kebutuhan prasarana lingkungan
  • Mendesain konseptual prasarana lingkungan
  • Menyusun dokumen atau data teknis konstruksi prasarana lingkungan
  • dan masih banyak lagi

Ahli teknik lingkungan akan mendapatkan gaji per bulan sekitar 5 juta sampai 7 juta rupiah.

Konsultan Lingkungan

Bekerja sebagai konsultan lingkungan Anda memiliki tugas menganalisis tanah, pencemaran air, pengelolaan limbah, pengembangan kebijakan dan sistem manajemen lingkungan yang baik.

Selain itu, Anda juga bertanggung jawab dalam melakukan penelitian untuk mengidentifikasi tingkat kontaminasi, baik di lingkungan darat, air maupun udara. Anda akan mendapatkan gaji sekitar 6 juta sampai 8 juta rupiah per bulan.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang prospek kerja oseanografi. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru