10 Prospek Kerja Manajemen Pendidikan dan Gajinya

Prospek Kerja Manajemen Pendidikan – Jurusan manajemen pendidikan di Indonesia cukup populer. Sebagaimana namanya, pada jurusan satu ini Anda akan diajarkan bagaimana menjadi seorang guru dan belajar mengenai manajemen yang ada dalam dunia pendidikan.

Ada banyak prospek kerja manajemen pendidikan yang bisa diambil ketika lulus dari bangku kuliah nantinya. Mengenai apa saja prospek kerjanya, kami akan membagikan serangkaian informasi selengkapnya untuk Anda!

Prospek Kerja Manajemen Pendidikan

Prospek Kerja Manajemen Pendidikan

Adapun beberapa prospek kerja manajemen pendidikan yang bisa Anda ambil setelah lulus kuliah di jurusan tersebut di antaranya :

Tenaga pengajar atau guru

Prospek kerja pertama yang bisa Anda jalani ketika telah menempuh jurusan manajemen pendidikan adalah sebagai tenaga pengajar sekolah atau guru. Dari profesi satu ini, Anda bisa mendapatkan gaji sekitar Rp 3.000.000 per bulan.

Tenaga pengajar atau dosen

Prospek kerja selanjutnya yang bisa dilakukan oleh lulusan manajemen pendidikan adalah menjadi dosen. Profesi satu ini masih berkaitan dengan profesi sebelumnya yakni mengajar namun berada di tempat yang berbeda.

Untuk menjadi dosen maka Anda diharuskan untuk memenuhi syarat pendidikan minimal S2. Gaji yang diperoleh dari profesi dosen yakni sekitar Rp 5.000.000 per bulan.

Pengamat ekonomi

Prospek kerja manajemen pendidikan yang selanjutnya adalah menjadi pengamat ekonomi. Jurusan manajemen pendidikan dan ekonomi masih termasuk dalam satu lingkup disiplin ilmu yang sama dan Anda bisa mengimplementasikan beberapa ilmu manajemen yang telah Anda pelajari selama berada di bangku kuliah.

Untuk menjadi seorang pengamat ekonomi Anda bisa menghasilkan uang hingga jutaan rupiah per bulan.

Pengajar kursus

Prospek kerja dari jurusan manajemen pendidikan yang selanjutnya adalah menjadi pengajar kursus. Tenaga pengajar kursus ini masih sangat dibutuhkan bagi para siswa SMP, SMA maupun SMK. Dari tenaga pengajar kursus ini Anda bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp 2.000.000 per bulan.

Konsultan manajemen

Prospek kerja yang selanjutnya adalah menjadi seorang konsultan manajemen. Pekerjaan ini biasanya dibutuhkan oleh perusahaan dan seringkali menyajikan gaji menjanjikan.

Untuk menjadi seorang konsultan manajemen maka Anda bisa bekerja pada beberapa perusahaan yang bergerak di bidang akademik, seperti perusahaan penerbitan buku dan lain sebagainya. Gaji yang bisa Anda dapatkan sebagai konsultan manajemen yakni mulai dari Rp 3.000.000 per bulan.

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

Prospek kerja dari jurusan manajemen pendidikan yang selanjutnya adalah menjadi pegawai di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Manajemen pendidikan sangat membutuhkan LSM mengurus sistem keorganisasiannya. Jika Anda berminat bekerja pada lembaga satu ini maka Anda bisa memilih LSM yang aktif bergerak di bidang pendidikan.

Pada bidang satu ini Anda tidak hanya bisa bekerja pada bagian manajemen saja namun Anda juga dapat berkontribusi sebagai tenaga pengajar. Gaji yang ditawarkan dari profesi satu ini cukup menjanjikan yakni sekitar Rp 5.000.000 per bulan.

Manajer keuangan

Lulusan manajemen pendidikan juga memiliki peluang untuk memilih karir sebagai seorang manajer keuangan. Dari profesi satu ini Anda akan diminta untuk mengatur keuangan dari suatu lembaga pendidikan atau perusahaan. Gaji yang bisa Anda dapatkan ketika menjadi seorang manajer keuangan bisa mencapai belasan juta rupiah per bulan.

Operasional unit perusahaan

Prospek kerja manajemen pendidikan yang selanjutnya adalah menjadi staf operasional unit perusahaan. staf operasional perusahaan memiliki peran yang cukup penting karena profesi satu ini menjadi kunci dari seluruh operasional yang ada dalam perusahaan. Gaji yang bisa didapatkan dari profesi satu ini sekitar Rp 5.000.000 per bulan.

Pengusaha

Dengan background di bidang manajemen pendidikan, Anda bisa menjadi pengusaha pada bidang – bidang yang Anda minati, seperti industri makanan atau industri pakaian. Tak melulu harus membuka kursus atau sejenisnya.

Gaji yang bisa Anda dapatkan dalam profesi ini tergantung dari seberapa sukses usaha telah Anda jalankan.

Manajer pemasaran

Dalam bangku kuliah selama menempuh jurusan menajemen pendidikan pastinya Anda telah diajarkan terkait disiplin ilmu manajemen. Sehingga Anda dapat menerapkannya ketika menjadi seorang Manajer pemasaran.

Gaji yang bisa Anda dapatkan saat terjun di profesi satu ini bisa mencapai Rp 10.000.0000 dengan catatan apabila strategi pemasaran yang Anda buat sesuai dengan target.

Demikian informasi tentang prospek kerja manajemen pendidikan yang dapat menjadi pilihan prospek kerja setelah lulus kuliah. Semoga menjadi informasi yang menambah wawasan Anda khususnya tentang dunia kerja.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru