10 Prospek Kerja Manajemen Keuangan dan Gajinya

Jurusan manajemen keuangan adalah jurusan yang mempelajari, merencanakan, mengelola dan menggunakan sumber daya keuangan perusahaan agar semua hal terkait pemasukan dan pengeluaran maksimal. Bagian keuangan ini adalah bagian terpenting yang diperlukan oleh perusahaan agar perusahaan menjadi lebih maju. Ada banyak prospek kerja manajemen keuangan yang bisa diambil ketika lulus dari bangku kuliah nantinya. Mengenai apa saja prospek kerjanya, kami akan membagikan serangkaian informasi selengkapnya untuk Anda!

Prospek Kerja Manajemen Keuangan

Prospek Kerja Manajemen Keuangan

Beberapa prospek kerja manajemen keuangan yang bisa dijadikan pilihan sebagai berikut :

Tenaga pendidik

Prospek kerja Manajemen Keuangan pertama yang bisa Anda pilih adalah menjadi tenaga pendidik.  Anda bisa melanjutkan jenjang pendidikan S2 untuk menjadi dosen. Adapun mengenai gaji yang berhak Anda dapatkan sebagai seorang dosen sekitar 5 jutaan rupiah.

Menjadi seorang akuntan

Prospek kerja manajemen keuangan yang selanjutnya adalah menjadi seorang akuntan.  Anda bisa menjadi seorang akuntan dalam sebuah perusahaan baik akuntan perusahaan swasta maupun akuntan milik pemerintah.

Akuntan termasuk pihak internal perusahaan yang bisa mengelola dana dan meningkatkan kualitas informasi keuangan perusahaan. Baik akuntan swasta atau akuntan pemerintah sama – sama menjadi suatu profesi yang memberikan gaji cukup menggiurkan yaitu di atas 6 juta rupiah per bulan.

Menjadi konsultan

Lulusan dari program studi manajemen keuangan juga bisa menjadi konsultan. Profesi konsultan termasuk kedalam pihak atau pihak eksternal dari sebuah perusahaan. Seorang konsultan memiliki tugas mengelola keuangan perusahaan dengan jasa yang dimilikinya.

Ketika Anda bekerja sebagai akuntan maka tugas Anda adalah yang berhubungan dengan ilmu dan keahlian yang didapatkan selama duduk di bangku kuliah. Jasa akuntan meliputi mengelola keuangan perusahaan yang sedang memburuk, menghemat arus kas, menyusun laporan keuangan dan lain sebagainya. Anda berhak mendapatkan gaji per bulan di atas 9 juta rupiah namun pengalaman sangat Anda butuhkan dalam menjalankan profesi ini.

Menjadi manajer

Profesi yang bisa diambil oleh lulusan jurusan manajemen keuangan adalah menjadi manajer. Hal ini merupakan kesempatan besar karena seorang sarjana manajemen keuangan memiliki pengalaman menganalisis keuangan, kas dan lain sebagainya.

Seorang manajer memiliki potensi gaji sangat menggiurkan yaitu bahkan mencapai jutaan rupiah sampai di atas 10 juta rupiah per bulan. Jika Anda menjadi seorang manajer di perusahaan besar, gaji yang berpotensi Anda dapatkan bahkan mencapai 15 juta rupiah ke atas.

Manajemen trainee

Siapa pun tentu ingin menjadi jajaran staf manajemen trainee di sebuah perusahaan besar dan lulusan Manajemen Keuangan punya kesempatan besar mendapatkan hal tersebut.

Sebagai staf manajemen trainee, Anda berhak mendapatkan gaji yang sangat besar bahkan di atas 12 juta rupiah per bulan.

Marketer

Kuliah manajemen membuat Anda akan mendapatkan ilmu tentang marketing atau pemasaran. Oleh sebab itu karir sebagai marketer akan sangat mudah Anda dapatkan jika merupakan lulusan Manajemen Keuangan yang memang akan mendapatkan ilmu tersebut di bangku kuliah.

Sebagai seorang marketer, gaji per bulan yang Anda dapatkan cukup menggiurkan karena biasanya perusahaan menawarkan gaji sekitar 5 sampai dengan 8 juta rupiah per bulan tergantung kapasitas perusahaan tempat Anda bekerja.

Staf finance

Antara akuntan dengan staf finance, keduanya sama – sama diperlukan untuk mengatur keuangan perusahaan. Akan tetapi skala pengaturannya berbeda. Jika bagian finance memiliki peran sebagai pihak yang akan menerima dan mendapatkan uang.

Sementara akuntan adalah pihak yang mencatat pengeluaran dan penerimaan uang saja. Tanggung jawab staf finance pun besar dan biasanya staf di bagian ini mendapatkan gaji per bulan sebesar 3,8 juta sampai 5 juta rupiah per bulan.

Recruiter

Bagi Anda yang merasa memiliki keahlian dalam manajemen SDM, maka Anda bisa menjadi seorang recruiter. Anda yang berhasil mendapatkan posisi ini, Anda berhak mendapatkan gaji sekitar 4 juta rupiah per bulan.

Staf HRD

Recruiter dan staf HRD adalah dua bagian yang berbeda. Staf HRD dalam perusahaan bertugas memastikan bahwa calon staf tersebut potensial di berbagai sisi mulai dari karakter, keahlian, pengalaman dan sebagainya.

Menjabat di posisi ini membuat Anda berhak memperoleh gaji yang besar yaitu mulai dari 6 juta sampai dengan 9 juta rupiah per bulan tergantung kapasitas perusahaan tempat Anda bekerja.

Pengusaha

Profesi lain yang jugabisa diambil oleh para lulusan jurusan manajemen keuangan tidak adalah menjadi seorang pengusaha. Hal ini dikarenakan pada bidang kuliah jurusan satu ini tidak hanya dibekali tentang keuangan perusahaan namun juga dibekali kemampuan untuk menjadi seorang pengusaha.

Apabila Anda memiliki ketertarikan di bidang wirausaha maka Anda bisa mengambil profesi satu ini. Keahlian pada bidang keuangan selama kuliah akan membantu Anda dalam merintis usaha yang Anda dirikan sendiri. Dengan demikian Anda akan bisa  meminimalisir resiko kerugian dan mengatur modal usaha Anda. Tentunya gaji yang akan Anda dapatkan tak terbatas sesuai dengan perkembangan usaha Anda.

Demikianlah ulasan mengenai prospek kerja manajemen keuangan. Memilih jurusan ini memberikan kesempatan kepada Anda untuk meniti banyak profesi setelah lulus. Jadi, jangan ragu untuk menjadikan jurusan ini sebagai pilihan utama Anda.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru