10 Prospek Kerja Kedokteran dan Gajinya

Bukan rahasia lagi, jurusan kedokteran merupakan salah satu jurusan kuliah favorit bagi banyak orang. Adapun bidang studi yang akan dipelajari selama dibangku kuliah antara lain pemeliharaan kesehatan, pencegahan dan pengobatan hingga penatalaksanaan penyakit. Sementara itu, jika berbicara mengenai prospek kerja kedokteran tentu ada banyak sekali macamnya. Tidak melulu berkutat di dunia klinis, prospek kerja lainnya ternyata tidak kalah oleh untuk seorang dokter. Daripada penasaran, mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Prospek Kerja Kedokteran

Prospek Kerja Kedokteran

Belajar ilmu kedokteran pastinya membuat Anda bisa memiliki banyak sekali kemampuan, seperti kemampuan melakukan observasi, analisis, problem solving, komunikasi dan kemampuan berpikir kritis serta terstruktur. Tak heran jika pada akhirnya banyak prospek kerja kedokteran yang bisa dipilih antara lain sebagai berikut :

Wiraswasta

Prospek kerja kedokteran pertama adalah menjadi pengusaha, misalnya dengan membuka klinik sendiri. Tidak hanya itu, Anda juga bisa membuka usaha lainnya, seperti membuka apotek atau membuka toko alat –alat kesehatan.

Untuk menjadi pengusaha sukses tentu Anda harus memiliki strategi bisnis yang baik. Nantinya penghasilan Anda tak terbatas tergantung omset yang Anda dapatkan dari usaha yang Anda jalankan.

PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Buat Anda nih yang lebih tertarik untuk bekerja di instansi pemerintah tidak ada salahnya memilih untuk menjadi PNS. Ya, lulusan kedokteran juga bisa bekerja sebagai PNS. Tetapi untuk menjadi PNS Anda perlu mengikuti rekrutmen CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) yang diadakan pemerintah.

Dengan memilih menjadi PNS Anda bisa menempati formasi sebagai praktisi atau pemangku kepentingan serta pembuat kebijakan. Anda bisa mendapatkan gaji mulai 2,5 juta rupiah per bulan dan bertambah seiring dengan jabatan Anda.

Kepala Rumah Sakit

Prospek kerja kedokteran selanjutnya adalah menjadi kepala rumah sakit. Memang tidaklah mudah untuk menjadi kepala di sebuah rumah sakit. Anda masih harus memulai dari nol dibagian manajemen rumah sakit hingga akhirnya menempati jabatan tertinggi.

Dari profesi inilah Anda tidak hanya bisa mendapat penghasilan yang cukup besar, tetapi juga berkesempatan untuk membuka praktik sendiri. Sebagai kepala, gaji per bulan yang bisa didapatkan mulai dari 3,5 juta sampai 5 juta rupiah.

Pemeriksa Medis untuk Kematian

Bekerja sebagai pemeriksaa medis untuk kematian atau coroner juga tidak kalah menariknya untuk dipilih. Adapun tugas yang menjadi tanggung jawab Anda di prospek ini antara lain :

  • Mengarahkan kegiatan otopsi
  • Melakukan analisis patologis
  • Melakukan toksikologi dalam ranah hokum
  • Membuat kesimpulan untuk menentukan penyebab kematian

Manajer Data Klinis

Tugas seorang manajer dalam hal ini diantaranya seperti mengembangkan rencana pengelolaan data proyek secara spesifik hingga menghasilkan data berdasar pemeriksaan validasi. Selain itu, seorang manajer data klinis juga bertugas mendesain dan menvalidasi database klinis.

Untuk gajinya, Anda bisa mendapatkan gaji per bulan sekitar 4 juta rupiah sampai dengan 5 juta rupiah per bulan.

Koordinator Riset Klinis

Tidak jauh berbeda dengan prospek kerja ilmu kedokteran di atas, pada prospek ini juga memiliki tugas yang akan menjadi tanggung jawab pekerjanya, simak penjelasaanya di bawah ini!

  • Melakukan perencanaan, pengarahan dan pengkoordinasian proyek penelitian
  • Melakukan pencatatan untuk kegiatan studi
  • Mengawasi pendaftaran subjek
  • Mengawasi kegiatan studi dengan baik
  • Menyimpan data – data
  • Melakukan penilaian kelayakan dari subjek potensial, misalnya lewat metode wawancara

Dosen

Lulusan jurusan kedokteran juga bisa menjadi guru atau dosen di perguruan tinggi. Adapun syarat yang harus dipenuhi yakni minimal Anda harus lulus dari jenjang pendidikan S1 atau S2.

Menyinggung soal gaji, seorang dosen pastinya akan memiliki gaji yang cukup besar disetiap bulannya, bahkan akan terus meningkat seiring dengan prestasimu. Sebagai tenaga pendidik universitas, Anda bisa mendapatkan gaji per bulan 5 jutaan rupiah.

Paramedis dan Teknisi Medis Gawat Darurat

Dalam keadaan gawat darurat seorang dokter pastinya akan membutuhkan bantuan. Nah, peran Anda di prospek inilah sangat dibutuhkan untuk memberikan pertolongan pertama.

Sebagai paramedic dan teknisi medis gawat darurat Anda harus menyiapkan fasilitas serta lingkungan UGD Rumah Sakit agar bisa memberikan pelayanan yang maksimal. Selain itu Anda juga harus memastikan bahwa seluruh peralatan medis terjaga dan terawat dengan baik dan mendapatkan gai sekitar 2,5 sampai 3,5 juta rupiah per bulan.

Ahli Diagnosa Sonografi Medik

Seorang dokter dalam prospek ini memiliki peran penting dalam melakukan pemeriksaan serta diagnosis.

Tugas utama seorang ahli diagnosa sonografi medik adalah mengamati layar selama proses pemindaian agar dapat memastikan gambar yang dihasilkan cukup memuaskan. Tujuannya tidak lain untuk diagnostik. Tak hanya itu, Anda juga harus memastikan keamanan dan kenyamanan pasien selama perawatan. Gaji per bulan yang bisa Anda dapatkan mulai 7 juta sampai di atas 10 juta rupiah.

Dokter Hewan

Pilihan prospek kuliah jurusan kedokter adalah menjadi dokter hewan. Selain membuka praktik sendiri, diprospek ini Anda juga bisa bekerja di klinik hewan. Namun demikian, jika Anda memang berminat untuk menjadi dokter hewan sudah pasti Anda harus kuliah dijurusan kedokteran hewan. Gaji per bulan yang bisa Anda dapatkan 7 juta sampai 10an juta rupiah.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan seputar prospek kerja kedokteran. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru