10 Prospek Kerja Jurusan Matematika dan Gajinya

Prospek Kerja Jurusan MatematikaJurusan ilmu komunikasi merupakan jurusan yang mempelajari tentang ilmu matematika seperti aljabar, kalkulus, geometri, statistika, komputasi sampai dengan analisis matematika. Anda akan mengotak – atik segala hal yang berkaitan dengan teori matematika ketika belajar atau menempuh pendidikan di jurusan ini. Lantas bagaimana dengan prospek kerja lulusan jurusan matematika? Apakah hanya sebatas menjadi guru atau tenaga pengajar saja? Tentu tidak! Berikut kami berikan informasi terkait prospek kerja yang potensial bagi lulusan jurusan matematika!

Prospek Kerja Jurusan Matematika

Prospek Kerja Jurusan Matematika

Ya, ada banyak peluang atau prospek kerja jurusan matematika yang bisa dipilih sesuai minat dan bakat yang Anda miliki, mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Tenaga pengajar matematika

Prospek kerja jurusan matematika pertama yang bisa Anda coba geluti setelah lulus dari bangku kuliah adalah menjadi seorang pengajar untuk memberikan pengajaran pada mata pelajaran matematika. Anda bisa menjadi seorang guru atau dosen yang mengajari matematika kepada anak didik Anda.

Jika menjadi seorang guru, potensi gaji bulanan yang bisa Anda dapatkan mulai dari 1,5 juta sampai 2 juta rupiah. Sementara jika menjadi seorang dosen, potensi penghasilan bulanan yang bisa Anda dapatkan di atas 5 juta rupiah. Namun untuk menjadi seorang dosen, setelah lulus S1 Anda harus melanjutkan jenjang pendidikan S2.

Ahli statistika

Prospek kerja jurusan matematika berikutnya yang dapat dijadikan pilihan karir Anda adalah menjadi ahli statistika. Matematika dan statistika adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Jika Anda ingin menjadi ahli statistika, Anda akan dituntut untuk memiliki kemampuan menghitung yang baik. Nah, ilmu matematika yang akan Anda dapatkan semasa di bangku kuliah akan menjadi dasar perhitungan data statistika di tempat nanti Anda bekerja.

Aktuaris

Prospek kerja jurusan matematika selanjutnya yaitu menjadi aktuaris. Sebagai aktuaris, Anda akan bekerja di perusahaan asuransi dan investasi. Nantinya Anda berpotensi mengaplikasikan ilmu keuangan dengan statistika untuk menyelesaikan berbagai persoalan bisnis secara aktual.

Tugas Anda sebagai seorang aktuaris secara garis besar adalah melakukan pengukuran dan manajemen resiko dalam suatu bisnis. Gajinya pun bervariasi mulai dari 4 juta rupiah sampai dengan 7 juta rupiah per bulan.

Akuntan

Tak hanya lulusan akuntansi yang bisa menjadi seorang akuntan. Dengan ketelitian dan kecermatan yang Anda sudah asah semasa bangku kuliah, Anda akan lebih mudah menjadi seorang akuntan. Gaji akuntan pun di Indonesia cukup besar yaitu mulai dari 5 juta rupiah per bulan.

Ekonom

Sama halnya dengan akuntan, tak hanya lulusan akuntansi dan ekonomi saja yang bisa menjadi ekonom melainkan lulusan matematika juga bisa. Sebagai seorang ekonom, tugas Anda adalah melakukan penelitian, menyusun suatu laporan dan membuat perencanaan terkait masalah ekonomi di divisi perusahaan khususnya produksi dan distribusi suatu barang dengan gaji per bulan mulai dari 3 jutaan rupiah.

Perbankan

Rekomendasi selanjutnya prospek kerja jurusan matematika yang tidak kalah menariknya untuk dipertimbangkan adalah bekerj dibagian front office seperti teller dan juga customer service. Anda juga bisa bekerja di bagian back office, sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. Mengenai gajinya pun bervariasi mulai dari 5 juta rupiah ke atas.

Auditor

Lulusan matematika juga bisa bekerja sebagai auditor. Tanggung jawab dan tugas Anda adalah memastikan dan melaporkan bisnis atau pun dari satu perusahaan atau instansi. Anda pun harus melakukan evaluasi operasi internal dari perusahaan serta mengawasi bisnis perusahaan yang sedang berjalan.

Data analyst

Sebagai mahasiswa lulusan matematika, Anda pun bisa bekerja sebagai data analyst yang tugasnya untuk mengambil data dari berbagai jawaban customer. Anda berhak mendapatkan gaji di atas 3 juta rupiah per bulan.

Peneliti

Jika memang Anda sangat mencintai matematika dan ingin mengetahui lebih banyak ilmu matematika atau menciptakan rumus dan terobosan baru terkait dunia matematika, Anda bisa menjadi seorang peneliti. Sebagai peneliti, penghasilan per bulan yang bisa Anda dapatkan di atas 4 juta rupiah.

Wirausaha

Jika memang Anda tidak ingin berkecimpung dengan dunia matematika secara utuh, Anda bisa memilih menjadi seorang pengusaha. Terlebih kalau memang Anda memiliki bakat promosi, marketing dan paham produk apa yang akan Anda jual.

Matematika akan menjadi landasan Anda dalam menghitung segala sesuatunya mulai dari bahan baku, harga jual sampai penentuan gaji karyawan. Dengan perhitungan yang mantap, usaha Anda juga akan cepat berkembang.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan seputar peluang kerja jurusan matematika. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda.

Artikel Terbaru