8 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi dan Gajinya

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi – Jurusan ilmu komunikasi adalah bidang keilmuan yang mengajarkan Anda untuk menganalisis, merencanakan mengatur dan melaksanakan proyek dan program yang ditargetkan oleh perusahaan.

Ada banyak prospek kerja jurusan ilmu komunikasi yang bisa diambil ketika lulus dari bangku kuliah nantinya. Mengenai apa saja prospek kerjanya, kami akan membagikan serangkaian informasi selengkapnya untuk Anda!

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Adapun beberapa prospek kerja jurusan ilmu komunikasi yang bisa Anda ambil setelah lulus kuliah di jurusan tersebut di antaranya :

Humas dan public relations (PR)

Mahasiswa dari jurusan ilmu komunikasi memiliki kemampuan yang mumpuni dalam berpikir strategis. Dengan demikian maka prospek kerja yang sesuai untuk jurusan ilmu komunikasi adalah menjadi PR dan humas.

Adapun tugas yang harus dijalankan oleh seorang PR adalah membuat siaran pers, mengatur konferensi pers dan bekerjasama dengan beberapa media untuk pemberitaan. Gaji seorang humas dan PR yang ada di Indonesia sekitar Rp 3 juta hingga Rp 7 jutaan.

Perencanaan acara (event planner)

Prospek kerja yang bisa dilakukan oleh jurusan ilmu komunikasi adalah menjadi event planner atau penyelenggara suatu acara. Dalam melakukan pekerjaan satu ini, membutuhkan kelompok untuk mempromosikan dan membuat tema yang menarik dengan tujuan membuat acara yang diselenggarakan sukses dan menarik perhatian banyak orang.

Hal ini didukung dengan keterampilan, pertimbangan dan proses pembuatan acara yang telah dipelajari selama di bangku kuliah. Gaji seorang event planner ini sekitar Rp 5 jutaan.

Petugas alumni perguruan tinggi

Prospek kerja untuk jurusan ilmu komunikasi yang berikutnya ialah menjadi petugas alumni. Petugas alumni memiliki tugas untuk mengevaluasi kebutuhan berbagai kelompok alumni seperti reuni, jaringan alumni dan acara sosial lainnya.

Pekerjaan satu ini juga termasuk pekerjaan yang mudah untuk dilakukan, karena Anda hanya perlu untuk menjaga relasi antar alumni dan merencanakan prospek kerja agar alumni mudah mendapatkan pekerjaan. Gaji seorang petugas alumni di Indonesia sekitar Rp 2 jutaan.

Perencanaan media (media planner)

Prospek kerja jurusan ilmu komunikasi yang selanjutnya adalah menjadi media planner. Profesi satu ini biasanya dibutuhkan di televisi/radio, situs web, artikel majalah dan surat kabar. Seorang media planner harus mampu untuk memahami serta menganalisa kecenderungan yang tengah diutarakan oleh konsumen.

Orang yang bekerja di bidang ini juga harus mampu menentukan tempat yang cocok untuk kampanye iklan clientnya. Pada umumnya seorang perencana media harus mempunyai kemampuan presentasi dan menulis yang baik untuk menjalankan pekerjaannya.

Manajer media sosial (social media manager)

Pekerjaan satu ini sangat cocok bagi Anda yang termasuk dari alumni ilmu komunikasi. Dalam menjalankan pekerjaan satu ini, Anda diharuskan untuk menganalisis pola komunikasi dan kualifikasi guna membantu organisasi dalam memanfaatkan media sosial dengan baik.

Untuk menjadi manajer media sosial Anda diharuskan untuk mempunyai kemampuan menulis yang baik. Hal ini dilakukan untuk menarik pengguna di media sosial seperti Facebook, LinkedIn dan Twitter terhadap perusahaan Anda. Gaji dari seorang manajer media sosial adalah sekitar Rp 2,5 juta hingga Rp 8 juta setiap bulannya.

Spesialis sumber daya manusia (SDM)

Prospek kerja jurusan ilmu komunikasi yang selanjutnya ialah menjadi spesialis SDM. Tugas yang harus dijalankan oleh seorang spesialis SDM ini adalah merekrut staf, mengorientasikan karyawan baru, melakukan pengembangan program pelatihan, melakukan penyampaian kebijakan kepada staf serta mendidik karyawan.

Agar Anda bisa menjadi pekerja media yang handal maka diharuskan untuk memiliki keterampilan berbicara yang baik di depan umum. Gaji yang bisa Anda dapatkan saat menjadi spesialis SDM adalah sekitar Rp 3 hingga 5 jutaan setiap bulannya.

Pendidik kesehatan (health educator)

Prospek pekerjaan yang selanjutnya adalah menjadi pendidik kesehatan. Dalam pekerjaan satu ini Anda diharuskan untuk memiliki kemampuan dalam bidang pengorganisasian dan perencanaan acara.

Pekerjaan satu ini sangat membutuhkan lulusan dari jurusan ilmu komunikasi karena alumni jurusan satu ini dapat membantu mempromosikan pameran kesehatan dan program lainnya.

Reporter bisnis dan keuangan

Apabila Anda termasuk dari lulusan ilmu komunikasi dan berminat dalam hal – hal yang berupa bisnis maka Anda bisa mencoba untuk menjadi reporter bisnis. Dalam tugas satu ini Anda bisa berfokus pada liputan jurnalistik yang berhubungan dengan bisnis dan keuangan.

Pekerjaan menjadi reporter bisnis ini sangat bermanfaat bagi Anda yang merupakan lulusan ilmu komunikasi. Gaji yang bisa Anda dapatkan dalam pekerjaan ini sekitar Rp 5 jutaan namun gaji ini bisa saja naik, sesuai dengan perusahaan yang Anda tempati.

Demikian informasi tentang prospek kerja jurusan ilmu komunikasi yang dapat menjadi pilihan prospek kerja setelah lulus kuliah. Semoga menjadi informasi yang menambah wawasan Anda khususnya tentang dunia kerja.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru