10 Prospek Kerja Ilmu Sosiatri dan Gajinya

Prospek Kerja Ilmu Sosiatri – Dikenal juga sebagai jurusan ilmu kesejahteraan sosial, ilmu sosiatri merupakan program studi yang mempelajari hubungan antar manusia dalam konteks pengembangan masyarakat itu sendiri. Prodi ini lebih cocok buat Anda yang suka kegiatan sosial dan berminat dalam community development.

Lulusan prodi ilmu sosiatri dapat berkarir di berbagai lembaga, instansi dan perusahaan yang ada di Indonesia. Agar lebih jelasnya, mari simak 10 rekomendasi prospek kerja ilmu sosiatri berikut ini!

Prospek Kerja Ilmu Sosiatri

Prospek Kerja Ilmu Sosiatri

Pada dasarnya ada banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan ilmu sosiatri, apalagi prodi tersebut menawarkan beragam prospek kerja. Di bawah ini adalah beberapa prospek kerja ilmu sosiatri yang bisa Anda pilih :

Pelayanan publik

Ini adalah prospek kerja ilmu sosiatri pertama yang bisa dipilih. Sebagai pelayanan publik tentunya ada beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus Anda tahu, antara lain :

  • Mengelola pengaduan masyarakat
  • Mengelola informasi
  • Pengawasan internal
  • Penyuluhan kepada masyarakat
  • Pelayanan konsultasi

Gaji seorang pelayanan publik mulai dari angka 3 juta per bulan.

Wartawan

Tugas utama seorang berprofesi sebagai wartawan adalah melakukan kegiatan jurnalistik atau seseorang yang secara teratur menulis berita untuk dikirimkan atau dimuat pada media massa. Dibidang ini Anda dituntut untuk mahir dan cerdas dalam mengelolah data – data untuk membuat laporan informasi.

Gaji seorang wartawan cukup beragam, tetapi biasanya seorang wartawan mendapat upah sebesar 3 juta per bulan.

Staf di kementerian sosial

Prospek kerja ilmu sosiatri selanjutnya adalah menjadi staf di kementerian sosial. Ilmu yang Anda dapatkan dari bangku kuliah pastinya akan sangat dibutuhkan di kementerian sosial. Artinya, masa depanmu di kementerian sosial dijamin akan sangat terjamin. Gaji pekerja di kementerian sosial setiap bulannya mulai dari 1.9 juta – 29 juta.

Perusahaan swasta

Pilihan lainnya adalah bekerja di perusahaan swasta. Saat ini ada banyak perusahaan swasta yang bisa menjadi tempat berkarir bagi lulusan ilmu sosiatri. Kemampuan advokasi sosial bisa Anda manfaatkan untuk bekerja di perusahaan swasta, khususnya untuk bagian development resources hingga manajer. Gaji bekerja di perusahaan swasta yang bisa Anda dapatkan mulai dari 5 juta per bulan.

Pengusaha

Ilmu sosiatri yang Anda kuasai juga bisa dijadikan modal untuk bekerja sebagai pengusaha. Menariknya, dengan menjadi pengusaha Anda bisa menentukan jumlah pendapatanmu sendiri. Ada banyak jenis usaha yang bisa dipilih sesuai kemampuan modal dan kondisi Anda.

Ahli sosial dan pengembangan masyarakat

Jika Anda tertarik dengan prospek ini maka Anda bisa bekerja di lembaga pemerintahan atau non pemerintahan. Prospek kerja satu ini pastinya sudah sangat sesuai dengan apa yang Anda pelajari selama kuliah di jurusan ilmu sosiatri. Gaji yang ditawarkannya pun cukup besar, yaitu mulai dari 3 juta – 4.8 juta per bulan.

Bekerja di LSM atau NGO

Setelah lulus kuliah dari jurusan ilmu sosiatri Anda juga bisa langsung bekerja di LSM atau NGO. Ada banyak LSM atau NGO yang membuka lowongan pekerjaan bagi sarjana ilmu sosiatri. Jadi, pastikan Anda memiliki keahlian dibidang sosial yang mumpuni.

Gaji yang bisa didapatkan dengan bekerja di LSM atau NGO mulai dari 2 juta hingga belasan juta rupiah per bulan.

Akademisi

Lulusan ilmu sosiatri juga memiliki kesempatan untuk menjadi pengajar. Namun demikian, Anda harus terlebih dulu masuk kuliah master agar bisa melamar sebagai dosen di sebuah universitas. Prospek ini pastinya akan menjadi pilihan tepat, apalagi jika Anda ingin memberi kontribusi dan berbagi ilmu pengetahuan. Gaji seorang dosen bisa mencapai angka 2 juta – 10 juta per bulan.

Bekerja di BUMN

Jika Anda salah satu yang tertarik bekerja di BUMN, maka prospek ini akan cocok untukmu. Masa depan yang cerah pastinya akan Anda dapatkan dengan bekerja di perusahaan BUMN. Tak perlu khawatir, sebab ada banyak perusahaan BUMN yang membuka peluang kerja untuk lulusaan ilmu sosiatri. Gaji yang bisa didapatkan dengan bekerja di BUMN mulai dari 4 juta per bulan.

PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Terakhir adalah menjadi PNS. Profesi ini bahkan sampai sekarang masih banyak diincar karena nilai gaji yang tetap dan sangat menjanjikan. Banyak instansi pemerintahan yang bisa dimasuki lulusan ilmu sosiatri, contohnya Bappeda, Bappenas dan lain – lain.

Gaji pokok yang bisa didapatkan dengan menjadi PNS mulai dari 3 juta dan ada juga tambahan tunjangan lainnya.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan seputar prospek kerja ilmu sosiatri. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru