10 Prospek Kerja Ilmu Perpustakaan dan Gajinya

Prospek Kerja Ilmu Perpustakaan – Jurusan ilmu perpustakaan merupakan jurusan yang pembelajarannya berkaitan dengan ilmu sosial, ilmu hukum, dan sekaligus ilmu terapan. Setiap harinya seorang lulusan ilmu perpustakaan harus mempelajari topik – topik yang berkaitan dengan keperpustakaan. Adapun terkait dengan prospek kerja lulusan ilmu perpustakaan cukup luas kok. Tidak hanya harus menjadi penjaga perpustakaan bahkan dan di sini kami akan berikan list prospek kerjanya untuk Anda!

Prospek Kerja Ilmu Perpustakaan

Prospek Kerja Ilmu Perpustakaan

Ya, ada banyak peluang atau prospek kerja ilmu perpustakaan yang bisa dipilih sesuai minat dan bakat yang Anda miliki, mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Pustakawan

Prospek kerja ilmu perpustakaan pertama yang bisa Anda coba geluti setelah lulus dari bangku kuliah adalah bekerja sebagai pustakawan. Anda akan bekerja untuk mengelola buku – buku di perpustakaan. Pekerjaan Anda akan lebih menyenangkan utamanya jika Anda adalah orang yang gemar membaca buku.

Mengenai gaji yang akan Anda dapatkan tergantung dimana tempat Anda bekerja, biasanya sesuai dengan UMR kota tempat bekerja tersebut.

Staf administrasi

Prospek kerja ilmu perpustakaan berikutnya yang dapat dijadikan pilihan karir Anda adalah menjadi staf administrasi. Nantinya Anda akan berkutat dengan data – data dan arsip siswa atau pun siswi di sekolah tersebut.

Sebagai staf administrasi, gaji yang berhak Anda dapatkan bervariasi tentu tergantung dengan kebijakan yang diberikan sekolah tempat Anda bekerja tersebut.

Instansi pemerintah

Tidak hanya dari kalangan atau jurusan tertentu yang bisa menjadi ASN, lulusan ilmu perpustakaan pun bisa. Anda akan mendapatkan jenjang karir yang nyaman bekerja di instansi pemerintah dan Anda bisa mendapatkan potensi gaji berjenjang sekaligus tunjangan dan dana pensiun.

Bekerja di dinas pendidikan

Bekerja di dinas pendidikan artinya Anda memiliki kesempatan berkontribusi sangat besar bagi dunia pendidikan yang ada di Indonesia. Soal gaji, jelas akan dibayar sesuai dengan kinerja yang Anda berikan dan daerah tempat Anda ditempatkan.

Pegawai BUMN

Prospek kerja ilmu perpustakaan selanjutnya adalah menjadi pegawai BUMN. Menjadi pegawai BUMN akan membuat Anda berhak mendapatkan kehidupan yang terjamin mulai dari mendapatkan gaji pokok, tunjangan serta sekaligus dana pensiun. Perusahaan badan usaha milik negara kini banyak yang membutuhkan tenaga lulusan ilmu perpustakaan untuk mengelola berbagai macam data di kantor atau pun instansi mereka.

Pegawai BUMD

Rekomendasi selanjutnya prospek kerja ilmu perpustakaan yang tidak kalah menariknya untuk dipertimbangkan adalah menjadi pegawai BUMD. Anda akan bekerja untuk mengelola data dan arsip instansi BUMD terkait. Biasanya gaji yang diberikan sesuai dengan UMR dan ketetapan pemerintah daerah setempat.

Sekretaris

Jika Anda tertarik untuk bekerja kantoran di suatu perusahaan, maka Anda bisa bekerja sebagai sekretaris di perusahaan tersebut. Kemampuan Anda dalam menata dokumen, membuat surat perintah dan sebagainya tentu akan sangat dibutuhkan banyak perusahaan.

Mengenai gaji, biasanya gaji seorang sekretaris sangat menggiurkan. Untuk fresh graduate biasanya memiliki gaji di atas 3 juta sampai 4 juta rupiah. Sementara untuk professional bahkan di atas 7 juta rupiah gajinya per bulan.

Sekretaris redaksi penerbit

Jika Anda bekerja sebagai sekretaris di redaksi penerbitan, tugas Anda di antaranya mengelola surat yang masuk, mengurus surat pembayaran royalti dari penulis, menyelesaikan tugas kepenulisan dan sebagainya.

Gaji yang ditawarkan tergantung redaksinya. Untuk redaksi minor biasanya gajinya mulai 2 jutaan rupiah, sementara untuk redaksi mayor biasanya di atas 5 juta rupiah.

Tenaga pengajar

Jika Anda tertarik dengan dunia pendidikan dan memang memiliki cita – cita untuk menjadi seorang tenaga pengajar, maka Anda bisa bekerja sebagai guru di sekolah atau dosen. Namun untuk dosen Anda harus menempuh pendidikan S2 terlebih dahulu.

Jika guru gajinya mulai dari 1,5 jutaan rupiah sebulan, maka dosen dengan gelar pendidikan S2 bisa mendapatkan gaji 5 jutaan rupiah per bulan.

Pengusaha

Lulusan ilmu perpustakaan tidak hanya akan menjadi pegawai saja. Melainkan Anda pun bisa mengubah opini tersebut menjadi pengusaha besar. Anda bisa menjalankan usaha yang berkaitan dengan buku atau pun tidak.

Misalkan Anda membuka usaha toko buku, atau membuka usaha di luar hal – hal yang berkaitan dengan toko buku tersebut. Sesuaikan saja dengan minat dan keinginan Anda dengan apa yang ingin Anda tekuni.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan seputar prospek kerja ilmu perpustakaan. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda.

Artikel Terbaru