10 Prospek Kerja Ilmu Komputer dan Gajinya

Prospek Kerja Ilmu Komputer – Ilmu komputer merupakan jurusan yang mempelajari tentang perangkat keras atau hardware, teknik komputasi dan juga software atau perangkat lunak. Lulusan ilmu komputer belakangan ini banyak dicari perusahaan.

Prospek kerja ilmu komputer pun pada akhirnya sangat luas karena berbagai macam perusahaan baik yang berkaitan dengan dunia teknologi atau bahkan di luar dunia teknologi banyak yang membutuhkan tenaga yang memiliki basic ilmu komputer. Informasi selengkapnya tentang prospek kerja tersebut bisa Anda simak dalam uraian di bawah ini!

Prospek Kerja Ilmu Komputer

Prospek Kerja Ilmu Komputer

Adapun mengenai prospek kerja ilmu komputer yang bisa diambil setelah lulus dari pendidikan tinggi ilmu komputer di antaranya :

Pengajar ilmu komputer

Profesi sebagai pengajar ilmu komputer akan sangat cocok menjadi pilihan prospek kerja setelah lulus kuliah utamanya jika Anda memiliki ketertarikan dalam bidang akademik. Anda bisa memilih menjadi guru atau pun dosen di universitas.

Jika menjadi guru, latar belakang pendidikan terakhir S1 saja sudah cukup untuk Anda dan gaji per bulan yang berhak Anda dapatkan mulai dari 1,5 jutaan rupiah. Sementara jika Anda memutuskan melanjutkan jenjang pendidikan S2 dan berhasil menyelesaikannya, Anda bisa menjadi dosen dan mendapatkan potensi penghasilan per bulan sebesar 5 juta rupiah.

System integrator

Sebagai seorang system integrator, tugas sehari – hari Anda akan berkaitan dengan kegiatan analisa sistem perangkat lunak yang akan dibuat. Sebagai system integrator, Anda akan mendapatkan penghasilan atau gaji bulanan bervariasi mulai dari 4 juta sampai dengan 5 juta rupiah per bulan.

Game developer

Anda pecinta game, sekarang ini tidak hanya bisa menjadi gamer saja. Jika memang memiliki keahlian IT bahkan bisa menjadi peracik game atau menjadi game developer. Gaji yang bisa Anda dapatkan pun sangat menarik bahkan bisa di atas 10 juta rupiah per bulan.

Web designer

Prospek kerja ilmu komputer yang juga bisa menjadi pilihan pekerjaan Anda misalnya menjadi seorang web designer. Sebagai seorang web designer, tugas dan tanggung jawab Anda adalah berkaitan dengan pembuatan website serta merancang tampilan dari suatu website.

Anda pun bisa memilih untuk fokus pada bagian front end developer atau menjadi back end developer. Untuk web designer pemula bisa mendapatkan gaji sekitar 6 sampai 7 juta rupiah per bulan.

Programmer freelance

Profesi sebagai programmer freelance berkaitan dengan pembuatan website, program komputer dan masih banyak lagi lainnya. Pekerjaan ini bisa Anda tekuni bahkan sejak masih duduk di bangku kuliah sehingga nantinya ketika sudah memasuki dunia kerja Anda bisa menjadi freelancer profesional dengan gaji di atas 7 juta rupiah per bulan.

Teknisi jaringan

Prospek kerja ilmu komputer sebagai teknisi jaringan saat ini sangat dibutuhkan banyak perusahaan. Bahkan perusahaan di bidang selain perusahaan IT juga akan sangat membutuhkan teknisi jaringan di perusahaannya.

Untuk gaji seorang teknisi jaringan bermacam – macam. Anda bisa dapatkan gaji mulai dari 3 juta rupiah sampai dengan 7 juta rupiah per bulan.

Jasa servis komputer

Sebagai lulusan ilmu komputer, Anda tidak hanya akan mendapatkan materi terkait perangkat lunak melainkan juga akan mendapatkan materi terkait perangkat keras komputer. Nah, profesi ini akan sangat cocok bagi Anda yang memang kesehariannya senang mengotak – atik komputer.

Penghasilan yang nantinya akan Anda dapatkan tergantung omset yang Anda dapatkan karena semakin besar omset yang Anda bisa dapatkan maka potensi penghasilan yang Anda dapatkan juga semakin besar.

Menjadi penulis blog atau artikel IT

Bagi Anda yang senang menulis utamanya yang berkaitan dengan tema IT, maka menjadi penulis artikel atau blog yang berhubungan dengan teknologi bisa menjadi pilihan Anda. Anda bisa bekerja secara freelance atau bahkan bergabung dalam sebuah media online.

Jika Anda bergabung dengan media online, gaji per bulan yang berpotensi Anda dapatkan mulai dari 3 jutaan rupiah.

YouTuber IT

Profesi sebagai YouTuber IT artinya Anda akan berkutat dengan pembuatan video yang berkaitan dengan ilmu teknologi dan IT. Anda bisa mereview berbagai macam produk IT seperti laptop, smartphone, gadget atau menjelaskan tutorial tertentu.

Penghasilan yang Anda dapatkan tergantung subscriber dan viewer Anda. Terlebih kalau Anda sudah bisa menggaet suatu brand untuk menjadi sponsor maka potensi pendapatan pun akan semakin besar.

Konsultan IT

Last but not least, prospek kerja ilmu komputer lainnya adalah menjadi seorang konsultan. Namun Anda butuh pengalaman yang matang untuk menekuni profesi ini agar tidak ada kesalahan selama Anda bekerja. Mengenai gaji yang Anda bisa dapatkan per bulan sekitar 6 juta sampai di atas 10 juta rupiah.

Demikian informasi terkait prospek kerja ilmu komputer yang bisa menjadi pilihan profesi Anda setelah lulus dari Ilmu komputer. Semoga menjadi ulasan yang membawa manfaat dan menginspirasi.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru