10 Prospek Kerja Ilmu Keolahragaan dan Gajinya

Jurusan ilmu keolahragaan merupakan bidang studi yang mempelajari mengenai bidang olahraga kesehatan dengan beberapa keahlian khusus. Misalnya dibidang kebugaran jasmani, rehabilitasi fisik, manajemen olahraga, aktivitas jasmani adapted dan terapi fisik. Peluang atau prospek di jurusan ini cukup beragam, berikut adalah beberapa prospek kerja ilmu keolahragaan yang bisa dipilih sesuai minat dan bakat yang Anda miliki.

Prospek Kerja Ilmu Keolahragaan

Prospek Kerja Ilmu Keolahragaan

Adapun beberapa prospek kerja ilmu keolahragaan yang bisa dipilih antara lain sebagai berikut :

Jurnalis Olahraga

Setelah lulus dari bangku kuliah Anda bisa memilih menjadi seorang jurnalis olahraga. Tetapi untuk menjadi jurnalis di bidang ini harus dipastikan terlebih dulu Anda sudah paham mengenai olahraga secara umum.

Dengan pengetahuan yang cukup tersebut akan memudahkan Anda ketika membuat sebuah artikel yang tidak hanya enak dibaca tetapi juga sangat informatif. Gaji Anda tidak akan terbatas sesuai dimana tempat Anda bekerja.

Olahragawan (Pelatih Kesehatan Atlet)

Pilihan lain prospek kerja ilmu keolahragaan yang bisa dipilih yaitu olahragawan. Tugas olahragawan disini diantaranya :

  • Mengevaluasi kesiapan atlet
  • Memberi izin atlet berpartisipasi jika diperlukan
  • Membantu agar atlet terhindar dari cidera
  • Memberikan pertolongan pertama pada atlet
  • Melakukan tugas administrasi umum

Sama halnya dengan jurnalis, menjadi olahragawan membuat Anda mendapatkan gaji dan reward yang tak terbatas.

Manajer Kebugaran dan Kesehatan

Ada beberapa tugas yang harus diketahui jika Anda memilih jadi manajer kebugaran dan kesehatan, seperti mengatur dan mengawasi fasilitas olahraga di tempat bekerja, pastikan semua fasilitas dan peralatan sudah aman dan bersih.

Selain itu, Anda juga bertanggung jawab menyediakan dukungan serta konseling bagi para klien. Gaji Anda per bulan sekitar 3 sampai 7 juta rupiah.

Penyuluh Kesehatan (Health Educators)

Seperti yang sudah kami singgung di atas, prospek kerja ilmu keolahragaan ada banyak sekali ragamnya, salah satunya adalah menjadi penyuluh kesehatan. Adapun tugas seorang penyuluh kesehatan yaitu menyediakan serta mengelola program pendidikan kesehatan.

Selain itu, seorang penyuluh kesehatan juga bertanggung jawab dalam pengumpulan dan penganalisaan data yang nantinya digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat. Gaji Anda per bulan sekitar 3 juta rupiah.

Terapis Fisik

Pilihan lain adalah menjadi terapis fisik. Di sini seorang terapis memiliki tanggung jawab dalam perencanaan, persiapan hingga pelaksanaan program pengobatan fisik . Tujuannya tidak lain untuk mengembalikan fungsi fisik, mencegah dan mengurangi rasa sakit juga disfungsi fisik pasien.

Sebagai terapis fisik Anda juga bertugas merekam prognosis dan melakukan pengobatan klien. Anda akan mendapatkan gaji 3,5 juta sampai 5 juta rupiah per bulan.

Pengajar Ilmu Kebugaran

Sama seperti seorang guru atau pengajar dibidang studi lainnya, pengajar ilmu kebugaran juga memiliki tugas menyiapkan dan memberikan materi pada muridnya.

Tidak hanya itu, seorang pengajar juga harus pandai berkomunikasi, baik dengan muridnya maupun staf di institusi pendidikan tempat kerjanya. Anda berhak mendapatkan gaji per bulan 2,5 juta rupiah.

Pengusaha atau Pebisnis

Setelah lulus dari ilmu keolahragaan Anda juga memiliki kesempatan untuk menjadi pengusaha sukses. Tentunya usaha yang cocok untuk Anda jalankan yaitu usaha yang berkaitan dengan dunia olahraga. Contohnya mendirikan toko alat – alat olahraga, mendirikan fitnes center dan lain – lain. Tentu sebagai pengusaha, gaji yang Anda dapatkan tidak terbatas tergantung omset yang Anda punya.

Dokter Pengobatan Olahraga

Pada dasarnya olahraga merupakan kegiatan yang melibatkan banyak gerakan. Meskipun menyehatkan, olahraga ternyata juga bisa menyebabkan cidera kesehatan. Nah, disinilah peran dokter pengobatan olahraga dibutuhkan.

Dalam hal ini dokter tentunya harus memiliki keahlian khusus dalam memberikan pelayanan pemulihan dan pencegahan cidera dan penyakit yang ada kaitannya dengan olahraga. Jika tertarik dengan prospek tersebut Anda harus mengantongi gelar spesialis kedokteran olahraga dan mendapatkan gaji di atas 10 juta rupiah per bulan.

Pelatih dan Pemandu Olahraga

Dalam sebuah tim olahraga, pelatih dan pemandu olahraga memiliki peran sangat penting. Seorang pelatih dan pemandu bertugas memimpin dan membina suatu tim. Adapun tugas seseorang dengan profesi ini antara lain :

  • Memilih komposisi pemain
  • Menentukan taktik atau strategi
  • Memberikan motivasi atau saran kepada para pemain
  • Mengawasi pengunaan alat – alat olahraga

Pelatih Fitness dan Instruktur Aerobik

Terakhir, yakni menjadi pelatih fitness dan instruktur aerobic. Jika Anda berminat dengan prospek ini maka akan ada beberapa tanggung jawab yang wajib diketahui, diantaranya seperti membantu member dalam penggunaan alat olahraga, memastikan member berlatih dengan aman, membuat program latihan dan menciptakan lingkungan yang ramah. Anda berpotensi mendapatkan gaji sekitar 2 juta sampai 3 juta rupiah per bulan.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan seputar prospek kerja ilmu keolahragaan. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru