10 Prospek Kerja Hukum Pidana dan Gajinya

Prospek Kerja Hukum Pidana – Erat kaitannya dengan tindakan kriminal dan kejahatan sosial, jurusan hukum pidana merupakan bidang studi yang mempelajari mengenai seluk beluk hukum pidana, mulai dari struktur hukum hingga tata cara mengimplementasikannya dalam praktik hukum sehari – hari.

Masuk ke jurusan hukum pidana merupakan langkah bijak, apalagi jurusan ini punya beragam prospek kerja. Apa saja? Berikut adalah prospek kerja hukum pidana yang bisa dijadikan acuan setelah lulus dari bangku kuliah.

Prospek Kerja Hukum Pidana

Prospek Kerja Hukum Pidana

Buat Anda yang memilih berkuliah di jurusan hukum pidana, ada beberapa prospek kerja hukum pidana yang menjanjikan untuk Anda geluti, di antaranya :

Konsultan hukum

Prospek kerja hukum pidana pertama yang bisa Anda coba geluti setelah lulus dari bangku kuliah adalah menjadi konsultan hukum. Sebagai konsultan hukum Anda bisa bekerja di sebuah lembaga konsultan. Pengetahuan terkait pasal – pasal perundang – undangan, sejarah hukum dan aturan hukum di Indonesia sangat diperlukan dalam hal ini.

Gaji konsultan hukum per tahunnya sekitar 900 juta.

Reporter pengadilan

Pilihan lain prospek kerja untuk Anda yang kuliah jurusan hukum pidana adalah menjadi reporter pengadilan. Sebagai reporter pengadilan tugas dan tanggung jawab disini yaitu merekam pidato selama proses persidangan jadi tulisan, bisa menggunakan peralatan penulisan suara atau steno.

Gaji reporter pengadilan setiap bulannya sekitar 4 juta.

PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Rekomendasi selanjutnya prospek kerja hukum pidana yang tidak kalah menariknya untuk dipertimbangkan adalah dengan menjadi PNS. Adapun tugas dan tanggung jawab PNS dalam hal ini antara lain :

  • Mengkoordinasi perencanaan
  • Mengendalikan program
  • Membuat laporan
  • Melaksanakan pelayanan dibidang administrasi hukum umum
  • Memberikan informasi hukum

Gaji yang diterima PNS setiap bulannya adalah sekitar 3 juta.

Bekerja di sektor perbankan

Bekerja di sektor perbankan juga bisa dipilih setelah Anda lulus dari bangku kuliah. Namun demikian, diawal akan masuk Anda akan ditempatkan diposisi management development program. Ini adalah jalur penerimaan pegawai di suatu perusahaan yang nantinya dipersiapkan untuk menjadi kepala cabang, manager atau supervisor.

Gaji yang bisa didapatkan jika Anda bekerja di sektor perbankan adalah sekitar 5 juta – 6 juta per bulan.

Notaris

Seperti yang kita tahu bersama, bekerja sebagai notaris artinya Anda bertanggung jawab dalam pembuatan akta autentik tentang semua perbuatan maupun perjanjian dan penetapan yang diharuskan oleh aturan perundang – undangan. Selain itu, Anda juga bertugas menjamin kepastian tanggal pembuatan akta, memberikan grosse, menyimpan akta dan lain – lain.

Perkiraan gaji yang bisa didapatkan jika bekerja sebagai notaris adalah sekitar 2.3 juta – 3.5 juta per bulan.

Staf legal

Tertarik untuk bekerja di startup atau perusahaan swasta? Jika iya, maka Anda bisa mengisi posisi sebagai staf legal. Adapun tugas dan tanggung jawab Anda nantinya adalah sebagai berikut :

  • Menangani proses litigasi
  • Memeriksa dokumen dari sisi hukum
  • Memberikan opini dari sisi hukum
  • Bertanggung jawab dalam memastikan kepatuhan perusahaan terhadap semua hukum

Gaji yang bisa didapatkan dengan mengisi posisi sebagai staf legal adalah sekitar 9 juta per bulan.

Staf HRD

Staf HRD merupakan salah satu divisi yang ada di setiap perusahaan. Menjadi bagian dari perusahaan, HRD memiliki peranan yang cukup penting untuk menjalankan beberapa fungsi yang erat kaitannya dengan pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan tersebut.

Gaji atau upah yang didapatkan dengan menjadi staf HRD berkisar 5 juta per bulan.

Hakim atau jaksa

Anak hukum pastinya sudah sangat familiar dengan prospek kerja berikut ini, yaitu hakim atau jaksa. Adapun tugas – tugas seorang hakim atau jaksa yang perlu diketahui antara lain :

  • Melakukan penuntutan
  • Melakukan penetapan hakim dan putusan pengadilan yang mendapat kekuatan hukum tetap
  • Melakukan pengawasan pelaksanaan putusan pidana bersyarat
  • dan lain – lain

Perkiraan gaji yang bisa didapatkan setiap bulannya dengan menjadi hakim atau jaksa adalah 4.2 juta – 5.5 juta.

Diplomat

Sudah tahu belum, apa saja tugas dan tanggung jawab diplomat? Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab diplomat yang harus Anda tahu :

  • Melakukan negosiasi bersama kepala negara atau menteri luar negeri
  • Melindungi kepentingan negara

Gaji yang didapatkan dengan menjadi diplomat adalah sekitar 8.7 juta – 10 juta per bulan.

Staf di kementerian

Terakhir adalah bekerja sebagai staf di kementerian. Pada dasarnya kementerian di Indonesia memiliki kebutuhan yang tinggi terhadap lulusan hukum pidana. Jadi, Anda yang lulus dari bangku kuliah dibidang tersebut bisa bekerja sebagai staf di kementerian.

Adapun rata – rata gaji yang bisa didapatkan dengan bekerja sebagai staf di kementerian per bulan mulai dari 5.9 juta.

Demikian informasi yang bisa didapatkan tentang prospek kerja hukum pidana. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru