10 Prospek Kerja Hukum Ekonomi Syariah dan Gajinya

Jurusan hukum ekonomi syariah merupakan bidang studi yang mempelajari halal haramnya suatu transaksi ekonomi. Oleh karenanya, para mahasiswa akan dibekali ilmu hukum perdata dan pidana. Di jurusan ini Anda akan mendapat pemahaman mengenai hukum dalam bidang ekonomi perbankan hingga mampu kembangkan model akad, baik di institusi ekonomi, perbankan maupun keuangan syariah. Lulusan dipersiapkan secara khusus agar dapat berpikir kritis, inovatif dan kreatif ketika terjun di dunia kerja nantinya. Adapun prospek kerja hukum ekonomi syariah antara lain sebagai berikut!

Prospek Kerja Hukum Ekonomi Syariah

Prospek Kerja Hukum Ekonomi Syariah

Pada dasarnya kuliah mengambil jurusan ini menjadi pilihan yang paling tepat bagi Anda yang menyukai ilmu ekonomi sekaligus ilmu agama Islam. Apalagi ada beragam prospek kerja hukum ekonomi syariah yang bisa dipilih setelah lulus dari bangku kuliah. Apa saja? Simak informasi lengkapnya di bawah ini :

Pengusaha atau Pebisnis

Prospek kerja hukum ekonomi syariah pertama memang sudah sangat awam didengar. Melalui prospek tersebut ilmu yang didapatkan selama dibangku kuliah bisa diterapkan ketika mulai menjalankan suatu usaha.

Mungkin diawal usaha pendapatan yang didapatkan masih sangat sedikit, tetapi hal tersebut akan terus meningkat seiring berkembangnya usaha yang digeluti.

Staf Keuangan

Berminat menjadi staf keuangan? Ya, para lulusan hukum ekonomi syariah bisa banget menjadi staf keuangan. Anda akan mendapatkan gaji mulai dari 3 juta sampai 4 juta rupiah per bulan di bagian ini.

Staf keuangan sangat dibutuhkan di setiap lembaga – lembaga maupun perusahaan. Berikut adalah peran dan tanggung jawab staf keuangan yang harus Anda tahu :

  • Melakukan transaksi keuangan perusahaan
  • Melakukan pengaturan keuangan perusahaan
  • Melakukan pembayaran kepada para supplier
  • Melakukan transaksi keuangan perusahaan

PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Setelah lulus kuliah Anda juga berpeluang untuk menjadi seorang PNS. Apalagi beberapa lembaga pemerintah sangat membutuhkan SDM dengan background pendidikan hukum ekonomi syariah.

Sebagai PNS Anda memiliki peranan penting sebagai perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan penyelenggaraan tugas umum pemerintahan maupun pembangunan nasional lewat pelaksanaan dan pelayanan public yang professional.

Anda akan mendapatkan gaji pokok mulai dari 2,5 juta rupiah per bulan dan masih akan mendapatkan tunjangan profesi dan lain – lain. Gaji juga akan bertambah sesuai dengan kenaikan jabatan Anda.

Legal Officer

Rekomendasi lain prospek kerja hukum ekonomi syariah yang bisa dicoba adalah sebagai legal officer. Memilih prospek tersebut artinya Anda akan menjadi praktisi hokum yang membidangi masalah hukum di suatu kantor maupun perusahaan.

Tugas umum legal officer yaitu melakukan perizinan, kontrak kerja, pertimbangan hukum dan lain – lain dan mendapatkan gaji sekitar 370 juta per tahun atau di atas 30 juta rupiah per bulan.

Advokat atau Konsultan Hukum

Sebagai advokat atau konsultan hukum Anda memiliki tanggung jawab dalam memberikan pelayanan jasa hukum, baik berupa nasihat, informasi, penjelasan maupun petunjuk kepada seseorang yang memiliki masalah hukum.

Seorang advokat umumnya sudah memiliki pengalaman yang cukup sebelum akhirnya mendapat gelar sebagai advokat. Gaji per bulan yang berhak Anda dapatkan sekitar 7 juta sampai 15 juta rupiah.

Hakim Peradilan Agama

Tak hanya menjadi seorang hakim di peradilan negeri, jadi hakim di peradilan agama pun ternyata juga merupakan pekerjaan yang menjanjikan. Namun demikian, pilihan prospek ini terbilang cukup menantang. Pasalnya Anda harus memiliki integritas yang tinggi dalam setiap menjalannya tugas.

Gaji per bulan yang berhak Anda dapatkan sekitar 2,5 juta rupiah dan mendapatkan tunjangan jabatan sekitar 8 juta rupiah.

Drafter Kontrak Bisnis Syariah

Menjadi salah satu unsur penting dalam praktik hukum, profesi berikut ini juga bisa menjadi pilihan setelah lulus kuliah jurusan hukum ekonomi syariah. Apalagi tidak semua orang paham tentang hukum ekonomi syariah, sehingga prospek tersebut bisa menjadi peluang emas bagi Anda.

Tugas utama drafter kontrak bisnis syariah adalah membuat perencanaan naskah hukum atau perancangan kontrak maupun MoU. Setiap bulannya, Anda akan mendapatkan gaji 4 juta rupiah.

Dewan Pengawasan Syariah

Ini adalah rekomendasi lain yang bisa dipilih setelah Anda lulus kuliah jurusan hukum ekonomi syariah. Tugas dan fungsi utama dewan pengawasan syariah antara lain :

  • Mengawasi semua kegiatan operasional bank terhadap fatwa yang dikeluarkan DSN
  • Melakukan penilaian mengenai aspek – aspek syariah terhadap pedoman operasional dan produk
  • Memberikan keputusan yang berkaitan dengan syariah

Menariknya, pada prospek ini Anda juga berkesempatan untuk menjadi anggota dewan pengawasan syariah di luar negeri.

Pegawai Pajak

Seorang pegawai pajak umumnya bertugas menyiapkan pengembalian pajak, baik individu maupun usaha kecil. Menjadi profesi yang diidam – idamkan banyak mahasiswa yang kuliah dibidang hukum atau ekonomi, Anda bisa melamar diberbagai lembaga perpajakan.

Gaji yang bisa didapatkan sangat menggiurkan karena di atas 80 juta rupiah untuk eselon II dan eselon I mencapai 99 juta rupiah.

Pegawai Bank

Pilihan terakhir adalah menjadi pegawai bank. Seperti yang sudah kami singgung di awal, kompleksitas jurusan hukum ekonomi syariah membuat peluang kerja lebih luas dan beragam. Ilmu yang didapatkan dijurusan ini memberikan Anda kesempatan yang besar untuk bekerja di lembaga perbankan.

Adapun tugas dan tanggung jawab pegawai bank diantaranya seperti melakukan penyimpanan dan penyaluran dana, serta memberikan jasa penukaran uang. Anda akan mendapatkan gaji sekitar 3 juta sampai 5 juta rupiah per bulan.

Nah, itulah sekilas informasi yang bisa kami bagikan tentang prospek kerja hukum ekonomi syariah. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru