10 Prospek Kerja Geofisika dan Gajinya

Prospek Kerja GeofisikaJurusan geofisika adalah ilmu yang mempelajari tentang aspek fisik dan dinamika bumi dengan kaidah – kaidah fisika. Memilih jurusan ini membuat Anda akan bisa memahami fenomena yang terjadi di muka bumi secara lebih jelas.

Pada dasarnya prodi geofisika sangat cocok, terutama buat Anda yang suka terhadap ilmu bumi dan fisika, dan ingin mengkaji segala sesuai yang terjadi didalamnya. Lalu, berbicara lebih lanjut mengenai prospek kerja geofisika ternyata ada banyak ragamnya. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini!

Prospek Kerja Geofisika

Prospek Kerja Geofisika

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan memilih jurusan geofisika, salah satunya adalah jurusan ini menawarkan beragam prospek kerja. Prospek kerja geofisika di antaranya seperti :

Guru atau dosen

Prospek kerja geofisika pertama adalah menjadi guru atau dosen. Jika Anda memiliki minat tinggi dibidang pendidikan, maka tidak ada salahnya memutuskan menjadi pengajar. Tentunya untuk menjadi guru atau dosen Anda terlebih dulu harus lulus kuliah dan mendapat gelar S2.

Gaji yang bisa didapatkan seorang guru atau dosen rata – rata ada diangka 2 juta – 5 juta per bulan.

Staf BMKG

Rekomendasi kedua prospek kerja yang bisa Anda pertimbangkan setelah lulus dari jurusan geofisika adalah bekerja sebagai staf BMKG. Adapun tugas dan tanggung jawab staf BMKG antara lain :

  • Perumusan kebijakan nasional dan umum dibidang klimatologi, meteorology dan geofisika
  • Perumusan kebijakan teknis
  • Koordinasi kebijakan
  • Perencanaan dan program diberbagai bidang, contohnya dibidanag meteorology, geofisika dan klimatologi

Gaji seorang staf di BMKG sekitar 4 juta per bulan.

Perusahaan geothermal

Adapun pilihan lainnya adalah bekerja di perusahaan geothermal. Ini merupakan perusahaan yang bergerak di sektor energy panas bumi. Ada beberapa perusahaan geothermal di Indonesia, antara lain :

  • PT EDC Indonesia
  • PT ORMAT Geothermal Indonesia
  • PT Star Energy
  • dan lain – lain

Gaji yang bisa Anda dapatkan dengan bekerja di perusahaan geothermal adalah 6 juta per bulan.

Perusahaan swasta

Prospek kerja buat Anda lulusan geofisika selanjutnya adalah Anda bisa bekerja di perusahaan swasta. Prospek kerja satu ini menawarkan Anda kesempatan untuk berkarir sebagai manager, mengingat ada mata kuliah manajemen dijurusan ini.

Gaji yang bisa didapatkan dari bekerja di perusahaan swasta sekitar 5 juta per bulan.

Pengusaha atau pebisnis

Lulusan geofisika juga bisa membuka usaha atau bisnis sendiri. Tak perlu khawatir, sebab dengan memiliki usaha sendiri Anda pastinya akan memiliki kesempatan mendapatkan omset atau untung yang jauh lebih besar. Tetapi hal tersebut pastinya juga sangat tergantung dari usaha yang akan Anda jalankan.

Konsultan

Karir yang bisa Anda bidik setelah lulus kuliah adalah menjadi konsultan, misalnya dengan bekerjasama dengan lembaga penelitian pemerintahan atau swasta. Selain itu, Anda juga bisa menjadi konsultan dibidang eksplorasi bumi.

Gaji yang bisa Anda dapatkan tentu tidaklah sedikit, yakni mulai dari 6 juta per bulan.

Peneliti

Peneliti adalah sebutan bagi seseorang yang tugas dan tanggung jawab utamanya melakukan sebuah penelitian atau pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada umumnya dari penelitian yang dilakukannya tersebut memiliki tujuan utama mencari solusi dari berbagai permasalahan.

Gaji yang bisa didapatkan dari prospek kerja geofisika ini adalah 6 juta per bulan.

BUMN

Lulusan geofisika juga berpulang untuk bekerja di perusahaan milik negara, yakni BUMN. Anda bisa jadi staf di BUMN seperti Pertamina. Tugas Anda adalah mengeksplorasi sumber daya bumu untuk temukan sumber minyak baru.

Gaji karyawan BUMN sekitar 6 juta – 10 juta per bulan.

Departemen energy dan sumber daya mineral

Pilihan lain adalah bekerja di departemen energy dan sumber daya mineral. Sarjana geofisika pastinya memiliki kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam hal mitigasi bencana mengingat Indonesia sangat rawan bencana alam. Oleh karenanya tidak ada salahnya untuk memilih prospek kerja ini.

Gaji yang bisa Anda dapatkan dari pekerjaan ini sekitar 5 juta per bulan.

Perusahaan tambang

Terakhir adalah bekerja di perusahaan tambang, misalnya dengan bekerja di British Petroleum, Freeport, UNOCAL dan lain – lain. Ini merupakan salah satu prospek kerja yang cukup bagus, apalagi gaji yang bisa didapatkan dijamin akan membuat hidupnya jauh lebih nyaman dari sebelumnya.

Rata – rata gaji yang akan Anda dapatkan dengan bekerja di perusahaan tambang sekitar 6 juta – 8 juta per bulan.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang prospek kerja geofisika. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru