10 Prospek Kerja Fisioterapi dan Gajinya

Jurusaan fisioterapi merupakan program studi yang mempelajari mengenai bidang kesehatan, misalnya tentang fungsi gerak tubuh manusia mulai dari cara bergerak hingga bentuk otot, sendi dan tulang. Di jurusan ini Anda akan akrab dengan anatomi, kinesiologi, fisiologi, sistem syaraf dan lain – lain yang berkaitan dengan fungsi tubuh manusia. Memilih kuliah di jurusan ini memang bisa menjadi pilihan tepat, terutama buat Anda yang ingin terjun di dunia medis. Apalagi saat ini dunia medis berkembang cukup pesat sehingga hal tersebut membuat prospek kerja fisioterapi ada banyak sekali ragamnya. Apa sajakah? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Prospek Kerja Fisioterapi

Prospek Kerja Fisioterapi

Berikut kami uraikan beberapa prospek kerja fisioterapi yang bisa menjadi pilihan setelah lulus kuliah di antaranya :

Terapis olahraga

Prospek kerja fisioterapi yang siap menyambutmu setelah lulus kuliah adalah menjadi terapis olahraga. Pada dasarnya lulusan jurusan ini memiliki banyak keahlian, misalnya dalam memberikan terapi secara manual, latihan pergerakan dan edukasi juga saran kepada pasien.

Jadi, tidak ada salahnya untuk memilih profesi ini setelah Anda lulus kuliah nanti. Dengan menjadi terapis olahraga Anda bisa menikmati penghasilan mulai dari 3 juta per bulan.

Akupuntur

Seperti yang kita tahu bersama, akupuntur umumnya lebih dikenal sebagai salah satu bentuk terapi kepada pasien. Akupuntur merupakan metode pengobatan menggunakan ilmu anatomi fisiologi, menerapkan prinsip evidence based medicine dan memberikan terapi fisik. Gaji yang bisa Anda nikmati dengan menggeluti prospek kerja ini berkisar diangka 2 juta per bulan.

Terapis okupasi

Apa itu okupasi? Okupasi adalah terapi yang diberikan kepada pasien dengan gangguan fisik atau mental, misalnya menggunakan aktivitas sasaran terseleksi. Tujuannya, untuk meningkatkan kemandirian individu diarea aktivitas kehidupan sehari – hari. Dari profesi tersebut Anda bisa mendapatkan gaji mulai dari 2.5 juta.

Bekerja dibidang osteopati

Bekerja dibidang osteopati artinya Anda akan bertugas menangani gangguan medis menggunakan metode pemijatan atau manipulasi tulang, otot dan sendi. Pengobatan tersebut nantinya akan berdampak pada sistem syaraf, peredaran darah dan getah bening.

Menjalani prospek kerja fisioterapi ini Anda bisa mendapatkan penghasilan mulai dari angka 3 juta per bulan.

Tim tenaga medis

Prospek kerja lain yang bisa Anda coba geluti adalah menjadi tim tenaga medis. Ya, lulusan fisioterapi juga bisa mencoba melamar di sebuah rumah sakit dan ikut bergabung sebagai bagian tim medis. Menariknya, Anda juga bisa jadi tim dokter spesialis, lho. Dari profesi tersebut Anda bisa mendapatkan gaji setiap bulannya mulai dari 3 juta.

Terapis pijat

Adapun tugas dan tanggung jawab pekerja terapis pijat adalah melakukan sejumlah terapi pijat, khususnya untuk jaringan lunak dan sendi. Tak hanya itu, Anda juga bertugas membantu dalam menilai berbagai gerakan, kekuatan otot dan mengusulkan rencana terapi yang bagus bagi pasien.

Gaji atau upah yang bisa didapatkan seorang terapis pijak juga lumayan, mulai dari angka 2 juta per bulan.

Pengajar dan pelatih

Lulusan fisioterapi juga bisa banget menjadi pengajar atau pelatih. Anda bisa mencoba melamar di tempat yang memang fokus memberikan pelatihan terapi. Nanti Anda akan diminta untuk memperdalam ilmu dan jam praktik agar bisa mengajar dengan baik. Dari pilihan prospek kerja inilah Anda bisa mendapatkan upah antara 3 juta – 4 juta per bulan.

Fisioterapis manusia

Ini adalah prospek kerja yang tidak kalah menariknya untuk dicoba. Seorang fisioterapis manusia bertugas memberi pelayanan kesehatan, baik ditujukan untuk individu maupun kelompok. Tujuan dilakukannya fisioterapis tidak lain untuk memulihkan gerak fungsi tubuh. Dari peluang kerja ini Anda bisa mendapatkan upah per bulannya sebesar 3.5 juta.

Fisioterapis hewan

Fisioterapis hewan adalah terapi komplementer berperan penting untuk rehabilitasi, menjaga kesehatan fungsi tubuh pada hewan dan kinerja pada semua hewan. Dikarenakan fokus utamanya hewan, profesi ini pastinya lebih cocok untuk para pecinta hewan. Gaji yang bisa Anda dapatkan dari profesi tersebut mulai dari 3 juta per bulan.

Membuka klinik sendiri

Prospek kerja terakhir adalah membuka klinik sendiri. Apabila Anda memilih prospek ini, artinya Anda harus menyiapkan sejumlah uang yang tidak sedikit, sebab untuk membuka klinik sendiri butuh modal besar. Tetapi, dengan memiliki klinik sendiri Anda bisa mendapatkan banyak pahala dan keuntungan.

Nah, itu dia beberapa prospek kerja fisioterapi yang bisa dipilih. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru