10 Prospek Kerja Ekonomi Syariah dan Gajinya

Jurusan Ekonomi Syariah atau yang juga disebut sebagai ekonomi Islam merupakan jurusan di perguruan tinggi yang mempelajari tentang subjek – subjek yang berkaitan dengan jurusan ekonomi umum namun berprinsip islami. Ada banyak prospek kerja ekonomi syariah yang bisa diambil ketika lulus dari bangku kuliah nantinya. Mengenai apa saja prospek kerjanya, kami akan membagikan serangkaian informasi selengkapnya untuk Anda!

Prospek Kerja Ekonomi Syariah

Prospek Kerja Ekonomi Syariah

Ada beberapa prospek kerja ekonomi syariah yang bisa diambil setelah lulus kuliah, di antaranya :

Karyawan perbankan

Prospek kerja untuk jurusan ekonomi syariah yang pertama adalah menjadi karyawan perbankan. Anda bisa mengambil pekerjaan yang ada pada bank – bank syariah di Indonesia. Gaji seorang karyawan bank yang ada di Indonesia bisa mencapai angka 5 juta rupiah per bulan.

Staf keuangan

Prospek kerja untuk jurusan ekonomi syariah yang pertama adalah menjadi staf keuangan. Anda bisa mencoba untuk berkarir pada bidang satu ini karena di Indonesia sudah banyak perusahaan yang membutuhkan staf keuangan dengan mengedepankan prinsip syariah yang sesuai ketentuan Islam.

Gaji dari seorang staf keuangan biasanya tergantung pada kebijakan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Namun Anda akan memiliki potensi untuk mendapatkan gaji diatas UMR minimal 4 juta rupiah.

Pegawai negeri

Prospek kerja untuk jurusan ekonomi syariah yang ketiga adalah menjadi seorang pegawai negeri. Dalam pekerjaan ini Anda bisa mempertimbangkan pekerjaan sebagai pegawai negeri yang bekerja di Kementerian Keuangan atau menjadi pegawai negeri yang bekerja di Kementerian Agama.

Gaji yang bisa Anda dapatkan ketika menjadi seorang ASN cukup fantastis. Pada golongan I saja Anda bisa mendapatkan gaji hingga jutaan rupiah, apalagi jika Anda lulusan sarjana maka gaji yang bisa Anda dapatkan bisa mencapai 5 juta rupiah ke atas.

Ahli ekonomi Islam

Prospek kerja ekonomi syariah yang selanjutnya adalah menjadi ahli ekonomi Islam.  Jika Anda berminat dalam pekerjaan ini maka Anda bisa menjadi seorang konsultan yang bisa mengatasi masalah ekonomi yang ada di Indonesia. Bukan hanya itu, Anda juga bisa menjadi konsultan bagi para pengamat ekonomi syariah yang ada di negara Indonesia ini.

Pekerjaan untuk menekuni profesi ini tidak sulit karena Anda hanya perlu menelaah masalah dan memberikan solusinya. Gaji yang bisa Anda dapatkan ketika menjadi seorang konsultan bisa mencapai hingga puluhan juta rupiah.

Tenaga pengajar

Prospek kerja yang bisa Anda dapatkan dengan jurusan ekonomi syariah tidak hanya ada di perusahaan saja namun Anda juga bisa memilih jalur akademik. Jika Anda lulusan dari S1 jurusan ekonomi syariah maka Anda bisa menjadi tenaga pengajar atau guru yang ada pada tingkat SMP dan SMA .

Namun jika Anda ingin menjadi tenaga pengajar pada tingkat S1 maka Anda harus bisa menyelesaikan jenjang pendidikan S2 untuk memperoleh gelar Magister. Gaji dari seorang guru dan dosen juga bisa dikatakan dapat memenuhi kebutuhan Anda selama satu bulan. Dosen setidaknya memiliki gaji Rp 4.000.000 per bulan.

Konsultan keuangan

Tidak hanya mengandalkan sistem keuangan konvensional, sistem keuangan syariah juga sedang berjalan sehingga banyak bank syariah dan perusahaan syariah yang juga membutuhkan lulusan Ekonomi Syariah.

Jika Anda ingin menjadi seorang konsultan keuangan maka Anda bisa bekerja dalam internal perusahaan syariah atau bank syariah tersebut. Bukan hanya itu, Anda juga bisa menjadi konsultan bagian keuangan independen. Gaji seorang konsultan keuangan di Indonesia cukup fantastis yakni minimal 10 juta rupiah.

Konsultan bisnis

Prospek kerja dari juruan ekonomi syariah selain menjadi konsultan keuangan, Anda juga bisa menjadi konsultan bisnis. Konsultan bisnis juga menawarkan gaji yang tidak sedikit. Anda bisa menjadi jasa konsultan bisnis untuk para pelaku UKM atau perusahaan ternama. Gaji yang Anda dapatkan sesuai dengan kesepakatan antara Anda dan pihak kedua.

Staf akuntan

Staf akuntan memiliki tugas yang tidak mudah karena pekerjaannya butuh ketelitian dan kecermatan cukup tinggi dalam melakukan pencatatan transaksi, pengecekan arus kas masuk keluar, pembuatan laporan keuangan dan yang lainnya.

Di Indonesia, seorang staf akuntan akan mendapatkan gaji bulanan sekitar 3,8 juta rupiah sampai dengan 4 juta rupiah per bulan.

Analisis keuangan

Tugas analisis keuangan adalah meneliti data, melakukan identifikasi peluang dan mengevaluasi hasil keuangan suatu perusahaan supaya bisa mengambil keputusan dengan baik.

Mengenai gaji analisis keuangan per bulan yang bisa didapatkan sekitar 4 juta sampai dengan 5 jutaan rupiah.

Pegawai pajak

Lulusan dari ekonomi syariah juga bisa bekerja menjadi pegawai pajak. Namun untuk memiliki pekerjaan ini tidak mudah, kecuali jika Anda terikat dengan pendidikan dinas seperti STAN dan lain sebagainya.

Namun, Anda memiliki prospek untuk bekerja di Direktorat Perpajakan dengan gaji yang cukup fantastis. Jika Anda berada di golongan rendah, maka Anda sudah bisa mendapatkan gaji pokok sekitar 3 juta rupiah dan belum termasuk tunjangan yang lainnya.

Demikianlah ulasan mengenai prospek kerja ekonomi syariah. Mengambil jurusan ekonomi syariah dapat memberikan kesempatan kepada Anda untuk meniti banyak profesi setelah lulus.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru