10 Prospek Kerja Ekonomi Manajemen dan Gajinya

Jurusan ekonomi manajemen adalah bidang keilmuan yang erat kaitannya dengan bidang ekonomi dan bisnis. Dengan memilih berkuliah di jurusan ini artinya Anda akan dipersiapkan agar mampu mengelola suatu bisnis sendiri dengan baik. Berbicara mengenai prospek kerja ekonomi manajemen ternyata tidak hanya sebatas bidang keuangan dalam suatu bisnis saja, ada banyak sekali bidang dan sektor yang bidang dipilih sesuai minat dan keinginan. Berikut akan kami bagikan informasi selengkapnya untuk Anda!

Prospek Kerja Ekonomi Manajemen

Prospek Kerja Ekonomi Manajemen

Di bawah ini adalah beberapa prospek kerja ekonomi manajemen yang bisa dipilih setelah Anda lulus kuliah :

Staf operasional

Prospek kerja ekonomi manajemen yang pertama adalah staf operasional. Pada peluang ini memiliki tugas untuk mengendalikan kegiatan dalam suatu bisnis. Dengan memilih untuk menjadi staf operasional artinya Anda akan memiliki tugas yang begitu cukup berat, karena hampir semua urusan bisnis akan ditanggungnya.

Memiliki tugas yang bersifat umum, seorang staf operasional pastinya juga akan memiliki jobdesk yang cukup luas. Tidak hanya itu, seorang staf operasional juga harus memiliki skill komunikasi yang baik karena akan lebih sering bertemu orang – orang dari berbagai macam divisi. Gaji staf operasional per bulan sekitar 4 juta rupiah.

Banker

Banker adalah salah satu peminat dalam jurusan ekonomi manajemen. Bekerja disebuah bank, seorang banker akan menjadi pemain utama dalam suatu bisnis dan menjadi penyuplai dana bagi bank tersebut.

Dan berikut adalah beberapa tugas seorang banker yang harus Anda tahu, antara lain mencari dana masuk, menangani nasabah, menawarkan kredit atau produk bank, melakukan pengecekan berbagai transaksi yang terjadi dan lain – lain. Gaji banker per bulan sekitar 3,5 juta rupiah sampai di atas 8 juta rupiah tergantung posisi.

Entrepreneur

Sejatinya, siapapun bisa menjadi pebisnis atau pengusaha. Bahkan tidak harus seorang lulusan manajemen. Meskipun demikian, ilmu ekonomi manajemen sangat diperlukan dalam suatu bisnis. Sebab ilmu tersebut nantinya akan membantu Anda menjadi entrepreneur yang baik.

Sebab, manajemen keuangan, manajemen resiko dan bahkan manajemen operasional sudah Anda pelajari selama dibangku kuliah. Anda akan mendapatkan gaji tak terbatas menempati posisi ini.

Financial analyst

Pilihan lainnya prospek kerja ekonomi manajemen adalah sebagai financial analyst. Dengan memilih prospek ini Anda akan memiliki tanggung jawab untuk menganalisis dan memberikan nasihat seputar kondisi keuangan para klien.

Dikarenakan tugas utamanya melakukan pemodelan keuangan, maka dari itu Anda harus memiliki kemampuan analisis dan riset yang cukup baik. Anda berhak mendapatkan gaji sekitar 7 sampai 8 juta rupiah di posisi ini.

Akuntan

Suka dengan angka – angka? Akuntan merupakan salah satu pekerjaan yang cocok untukmu. Tak perlu khawatir, sebab akuntan banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan – perusahaan, bahkan bisnis diskala kecil sekalipun. Anda berhak mendapatkan gaji 4 sampai dengan 8 juta rupiah per bulan.

Staf Keuangan

Lulusan ekonomi manajemen juga bisa memilih untuk bekerja sebagai staf keuangan. Sekilas, prospek ini memang sama dengan akuntan.

Padahal keduannya berbeda, sebab seorang staf keuangan lebih berfokus pada manajemen keuangan saja. Mereka tidak memiliki tugas untuk membuat laporan keuangan, tetapi lebih kepada pengaturan dan manajemen transaksi sebuah perusahaan. Anda berhak mendapatkan gaji 4 jutaan rupiah per bulan.

Marketer

Ketika memutuskan untuk kuliah di jurusan ekonomi manajemen, Anda pastinya juga akan mempelajari mengenai dunia marketing. Tidak heran ada banyak alumni yang menjadi pemasar dan biasanya mendapatkan gaji mulai 3 juta rupiah per bulan.

Nah, ketika memilih untuk bekerja di prospek ini tugas Anda adalah memasarkan produk, menentukan target market, mengatur iklan dan lain – lain. Dan ada beberapa skill yang harus dimiliki seorang marketer, antara lain :

  • Komunikasi
  • Negosiasi
  • Kreativitas
  • Public speaking
  • Berpikir analitis
  • dan lain – lain

Konsultan Bisnis

Buat Anda yang tertarik untuk memilih prospek ini maka ada beberapa tugas yang nantinya akan menjadi tanggung jawab Anda selama di perusahaan, diantaranya :

  • Mengembangkan business plan dijangka pendek dan panjang
  • Membantu menilai kebutuhan pemasaran
  • Membantu kembangkan strategi pemasaran
  • dan lain – lain

Gaji Anda sebagai konsultan bisnis mulai dari 8 sampai di atas 12 juta rupiah per bulan. Tergantung pengalaman yang Anda punya.

HRD

Jurusan ekonomi manajemen tidak hanya mempelajari mengenai keuangan dan pemasaran, apalagi beberapa universitas sudah memiliki program peminatan manajemen sumber daya manusia. Artinya Anda bisa belajar di dunia human resource dan mendapatkan gaji per bulan mulai 3 sampai di atas 5 juta rupiah per bulan.

Staf HRD

Jikalau rekruter lebih berfokus pada pencarian sumber daya manusia, lain halnya dengan staf HRD. Pada prospek ini Anda akan berfokus pada employee relation, penggajian dan pelatihan.

Meskipun demikian ada juga seorang staf HRD yang bertugas menangani perekrutan. Anda berhak mendapatkan gaji sekitar 2,5 juta sampai 3 juta rupiah per bulan.

Demikian informasi tentang prospek kerja ekonomi manajemen yang bisa kami sampaikan. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru