10 Prospek Kerja DKV dan Gajinya

Prospek Kerja DKV – Tertarik berkecimpung di dunia kreatif? DKV (Desain Komunikasi Visual) merupakan salah satu pilihan jurusan kuliah yang bisa Anda pilih. Di jurusan inilah Anda akan bekerja mengenai ilmu penyampaian pesan atau komunikasi dengan menggunakan elemen visual maupun rupa.

Kuliah dan memilih jurusan DKV Anda akan melakukan banyak praktek untuk bisa menciptakan karya desain diberbagai media. Selain itu, ada banyak prospek kerja DKV menjanjikan yang bisa Anda pilih setelah lulus kuliah. Apa saja prospek kerjanya? Simak informasi lengkapnya di sini!

Prospek Kerja DKV

Prospek Kerja DKV

Buat Anda yang merupakan lulusan DKV dan masih bingung memilih bidang pekerjaan yang sesuai, berikut beberapa prospek kerja DKV setelah lulus kuliah :

Fotografer

Prospek kerja DKV pertama adalah menjadi fotografer. Prospek kerja ini bisa dibilang cukup banyak yang menjalankannya sekaligus menjadikannya sebagai hobi lain. Tentu saja sebagai seorang fotografer Anda tidak hanya bertugas mengambil gambar, tetapi juga memiliki beberapa tugas penting lainnya, seperti :

  • Mengedit gambar
  • Mengabadikan peristiwa
  • Mengirimkan pesan kepada masyarakat lewat gambar
  • Meningkatkan rasa peduli dan menuturkan kisah yang tidak muncul dipermukaan

Gaji seorang fotografer setiap bulannya sekitar 4 juta.

Freelance designer

Rekomendasi prospek kerja DKV lainnya adalah freelance designer. Freelance designer merupakan pekerja lepas dibidang desain yang memiliki jam kerja tidak tentu dan bisa bekerja di mana saja. Oleh karenanya, prospek ini lebih cocok buat Anda yang memang tidak suka pekerjaan – pekerjaan yang terikat oleh waktu. Pendapatan yang bisa didapatkan dengan menjadi freelance designer per bulan mulai dari 2 juta.

Mobile designer

Selanjutnya adalah menjadi mobile designer. Bekerja sebagai mobile designer, Anda memiliki tugas – tugas sebagai berikut :

  • Mencakup riset bagi pengguna atau user research
  • Mendesain dan flow website atau pun aplikasi mobile
  • Melakukan testing

Dari profesi ini Anda bisa mendapatkan gaji per bulan sekitar 5 juta.

Animator

Apabila Anda lebih tertarik menjadi animator, maka ada beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus Anda ketahui, diantaranya seperti berikut :

  • Menciptakan animasi karakter ekspresif yang menggambarkan banyak emosi
  • Merekomendasikan pendekatan yang bertujuan untuk mengintegrasikan komponen 3D dalam produk komersial
  • Menciptakan animasi yang berkualitas tinggi, misalnya dengan memanfaatkan animasi

Perkiraan gaji yang didapatkan jika Anda memilih profesi ini adalah 5.6 juta per bulan.

Web designer

Prospek kerja DKV berikutnya adalah web designer. Salah satu alasan kenapa prospek ini cukup menarik untuk dipilih, yaitu karena Anda berkesempatan mendapatkan gaji yang sangat menjanjikan per bulannya, yakni sekitar 6 juta.

Terlepas dari hal tersebut ada beberapa tugas dan tanggung jawab pekerja web designer yang harus Anda tahu, diantaranya seperti :

  • Menciptakan layout secara visual
  • Mengkonversikan layout visual dalam bentuk CSS atau HTML
  • Memotong desain visual jadi beberapa bagian
  • Mengatur tata letak elemen yang ada di website
  • Memperindah tampilan website
  • Melakukan validasi

Visual designer

Tak bisa dipungkiri, pekerjaan berikut ini berperan penting dalam menciptakan desain dan menyesuaikannya dengan strategi marketing sebuah produk atau jasa. Visual designer ibaratnya pemecah masalah didunia desain. Untuk penghasilan yang bisa didapatkan dengan menjadi visual designer adalah 5.5 juta per bulan.

Graphic designer

Meskipun ada banyak prospek kerja untuk lulusan DKV yang bisa dipilih, tetapi graphic designer tetap menjadi profesi yang paling dimiinati banyak orang. Tugas Anda sebagai graphic designer antara lain :

  • Membuat desain yang komunikatif dan mudah dipahami
  • Memadukan antara unsur seni, visual dan bahasa dalam sebuah desain
  • Menyampaikan pesaan dengan cara unik dan kreatif

Illustrator

Illustrator merupakan seseorang yang bertugas membuat gambar statis berupa ilustrasi, contohnya gambar kartun, komik atau ilustrasi lain yang nanti akan digunakan dalam buku, majalah atau pun iklan. Dengan menjalankan prospek ini Anda bisa mendapatkan gaji mulai dari 4.5 juta per bulan.

Art director

Memiliki arti dalam bahasa Indonesia sebagai pengarah seni, seorang art director bertugas untuk mengawasi, mensupervisi dan memberi arahan tentang artistik. Tidak hanya itu, art director juga bertanggung jawab dalam pembuatan iklan atau desain. Adapun gaji yang bisa didapatkan dengan menjadi art director adalah sekitar 5.5 juta per bulan.

Creative director

Apa itu creative director? Creative director merupakan seseorang yang memimpin suatu tim kreatif. Creative director bertanggung jawab pada image besar perusahaan lewat cara – cara kreatif, seperti copywriting, video atau pun desain grafis.

Sebagai seorang creative director Anda berkesempatan mendapatkan penghasilan sebesar 6 juta per bulan.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang prospek kerja DKV. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru