10 Prospek Kerja Desain Interior dan Gajinya

Prospek Kerja Desain InteriorJurusan desain interior adalah bidang studi yang mempelajari tentang perencanaan dan perancangan tata letak ruangan pada sebuah bangunan sehingga tercipta fisik yang dapat mempengaruhi pandangan dan mood dari penghuninya.

Jika Anda yang tertarik untuk kuliah dijurusan ini sebaiknya ketahui terlebih dulu prospek kerjanya. Untuk informasi lebih lengkapnya, silakan langsung saja simak pembahasan terkait prospek kerja desain interior di bawah ini!

Prospek Kerja Desain Interior

Prospek Kerja Desain Interior

Adapun beberapa prospek kerja desain interior yang bisa menjadi pilihan setelah lulus kuliah di antaranya :

Konsultan desain interior

lulusan jurusan desain interior bisa memilih prospek kerja yang pertama ini, yakni sebagai konsultan desain interior. Adapun tugas dan tanggung jawab seorang konsultan desain interior diantaranya seperti melayani penawaran konsep interior, gambar sketsa, gambar teknik, visualisasi gambar, ide penggunaan material atau bahan bangunan, video 3D, furniture dan lain – lain. Rata – rata gaji seorang konsultan desain interior adalah sebesar 4 juta – 10 juta lebih.

Freelancer

Ya, setelah lulus kuliah jurusan desain interior Anda tidak harus bekerja di kantoran, Anda bisa kok bekerja lepas atau yang biasanya dikenal dengan sebutan freelancer. Syaratnya, Anda harus memiliki jaringan kerja dan protofolio yang bagus.

Pekerjaan ini seharusnya memang tak terlalu rumit, sebab lulusan desain interior biasanya sudah dibekali keterampilan dan kemampuan spesifik, termasuk visualisasi desain interior baik dalam format video maupun gambar. Gaji seorang freelancer desain interior sekitar 3 juta lebih per bulan.

Distributor produk interior

Rekomendasi prospek kerja lainnya adalah menjadi distributor produk – produk interior. Ada beberapa tugas dan tanggung jawab seorang distributor produk interior, antara lain :

  • Membeli produk
  • Menyimpan produk
  • Menjual produk
  • Mengangkut produk
  • Mengklasifikasi produk
  • Menginformasikan produk ke konsumen
  • Mempromosikan produk

Gaji seorang distributor produk interior berkisar 4.5 juta per bulan.

Pengajar

Apabila Anda lebih tertarik di dunia pendidikan, maka tidak ada salahnya untuk memilih prospek kerja berikut ini, yakni sebagai pengajar. Namun demikian, untuk menjadi pengajar Anda terlebih dulu harus menempuh program master atau S2. Dan berikut ini adalah tugas dan tanggung jawab seorang pengajar :

  • Sebagai wali kelas
  • Mendisiplinkan murid
  • Membimbing murid
  • Mengarahkan murid
  • Pengevaluasi pelajaran
  • Memberi penilaian

Penghasilan yang akan didapatkan dengan bekerja sebagai pengajar sekitar 3 juta per bulan.

Drafter

Selanjutnya adalah menjadi drafter. Jika Anda memilih prospek ini maka Anda memiliki tugas membuat gambar kerja teknik sehingga orang lain mengerti dan mudah memahami dalam proses pembentukan objek dalam gambar tersebut. Gaji yang bisa didapatkan seorang drafter mulai dari 3 juta – 5 juta per bulan.

Peneliti dibidang desain

Peneliti atau scientist dibidang ini memiliki tugas utama melakukan penelitian dan pengembangan desain interior. Kebanyakan dari penelitian yang dilakukan bertujuan mencari solusi dari pokok permasalahan yang ada. Hasil penelitian tersebut pastinya sangat bermanfaat demi kemajuan dunia desain interior.

Rata – rata gaji yang bisa didapatkan seorang peneliti dibidang desain interior adalah 4 juta – 6 juta per bulan.

PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Lulusan desain interior ternyata juga bisaa menjadi PNS. Ya, selama masih ada kesempatan untuk mengikuti seleksi, maka tidak ada salahnya mencoba. Seorang PNS dijurusan ini biasanya dibutuhkan di kementerian pekerjaan umum, kementerian sekretariat negara dan kementerian perindustrian. Kisaran gaji seorang PNS dibidang ini adalah 4.5 juta – 6 juta per bulan.

Pengusaha

Apabila Anda memiliki bakat berbisnis maka tidak ada salahnya untuk mencoba menjalankan sebuah usaha property. Peluang usaha satu ini memang sangat menggiurkan. Ilmu yang didapatkan pastinya bisa dijadikan bekal untuk mempromosikan property kepada calon konsumen.

Adapun kisaran penghasilan yang bisa didapatkan seorang pengusaha property adalah sekitar 30 juta lebih.

Membuka layanan jasa desain

Tak perlu repot – repot bekerja di perusahaan konstruksi mana pun, Anda juga bisa kok mencoba membuka layanan jasa desain interior sendiri. Tetapi jika Anda ingin membuka layanan sendiri maka Anda harus bisa melakukan branding dan jangan lupa untuk menunjukkan kredibilitasmu sebagai desain interior yang handal.

Rata – rata penghasilan yang bisa Anda capai adalah 7 juta, bahkan bisa lebih.

Desain interior

Prospek kerja terakhir ini bisa dibilang sebagai peluang kerja paling lazim bagi lulusan desain interior. Salah satu kemampuan yang wajib dimiliki jika memilih prospek tersebut adalah kemampuan spasial juga penilaian estetika ruangan yang bagus. Gaji yang bisa didapatkan dengan menjadi desain interior memang cukup besar, yakni sekitar 17 juta.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang prospek kerja desain interior. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru