10 Prospek Kerja Bimbingan Konseling dan Gajinya

Prospek Kerja Bimbingan Konseling – Jurusan bimbingan konseling atau BK merupakan bidang studi yang mempelajari tentang cara pembelajaran dan pemahaman pendidikan terhadap peserta didik. Ilmu yang didapatkan kemudian digunakan untuk proses interaksi antara konselor dan konseling sehingga dapat memecahkan permasalahan yang ada.

Setelah lulus dari bangku kuliah, jurusan ini ternyata memiliki beragam prospek kerja. Apa sajakah itu? Di bawah ini adalah rekomendasi prospek kerja bimbingan konseling yang bisa Anda pilih.

Prospek Kerja Bimbingan Konseling

Prospek Kerja Bimbingan Konseling

Pada dasarnya jurusan bimbingan konseling lebih cocok dipilih, terutama buat Anda yang memiliki sifat mudah bersosialisasi, penyabar dan bisa bersikap tenang saat menghadapi masalah. Adapun beberapa prospek kerja bimbingan konseling yang bisa menjadi pilihan setelah lulus kuliah di antaranya :

Dinas sosial

Prospek kerja bimbingan konseling pertama adalah bekerja di dinas sosial. Untuk bekerja di sebuah dinas sosial Anda harus bisa menguasai berbagai konsep, pendekatan bimbingan dan memiliki intelektual tinggi. Dengan begitu, Anda pun akan lebih mudah memahami setiap masalah psikologis individu atau kelompok. Gaji pekerja dinas social per bulan adalah 800 ribu.

Pusat rehabilitasi

Pilihan lain prospek kerja lulusaan jurusan bimbingan konseling adalah di pusat rehabilitasi. Ya, tak bisa dipungkiri pusat rehabilitasi memang sangat memerlukan Anda sebagai seorang lulusan jurusan bimbingan konseling. Alasannya, Anda yang sudah pasti berkompeten dibidang ini tentunya bisa membantu menyelesaikan masalah psikologi mereka. Gaji pekerja di pusat rehabilitasi per bulan adalah 600 ribu.

Jasa layanan tes psikologi

Jasa layanan tes psikologi adalah layanan psikologi, bisa berupa praktek konseling atau pun psikoterapi, pengajaran, penelitian dan supervise dalam pelatihan.

Namun demikian, untuk bekerja sebagai jasa layanan tes psikologi Anda harus terlebih dulu mengantongi gelar S2. Gaji pekerja jasa layanan tes psikologi adalah 10 juta.

Konsultan pendidikan lembaga bimbingan belajar

Sebagai seorang konsultan pendidikan lembaga bimbingan belajar Anda bertanggung jawab membantu para pelajar untuk memilih jurusan dan tempat belajar yang diminati. Anda bisa memilih prospek ini dengan bekerja diberbagai lembaga bimbingan belajar yang ada di Indonesia. Gaji bekerja sebagai konsultan pendidikan lembaga bimbingan belajar adalah 3 juta – 5 juta per bulan.

Konselor pendidikan

Konselor pendidikan adalah prospek kerja bimbingan konseling berikutnya yang tidak kalah menariknya untuk dipilih. Tugas dan tanggung jawab konselor pendidikan yaitu memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada peserta didik dalam satuan pendidikan.

Dikarenakan biasanya yang memakai jasa konselor pendidikan adalah orang – orang menengah ke atas, tak ayal gaji yang bisa didapatkan untuk profesi kerja ini cukup besar, yakni sekitar 5 juta – 10 juta per bulan.

Guru bimbingan konseling

Rekomendasi selanjutnya peluang kerja yang tidak kalah menariknya untuk dipilih adalah menjadi guru bimbingan konseling. Pada dasarnya guru bimbingan konseling memiliki peran yang cukup penting. Tugas dan tanggung jawab guru bimbingan konseling yaitu memberikan motivasi guna mendinamiskan potensi yang dimiliki para siswa sehingga bisa berkembang sesuai harapan dan cita – cita. Gaji guru bimbingan konseling setiap bulannya adalah sekitar 1 juta – 2 juta.

Hipnoterapis

Hipnoterapis adalah seseorang yang bertanggung jawab menyelesaikan masalah klien menggunakan ilmu hipnosis untuk mengatasi masalah pikiran, perilaku dan perasaan. Namun demikian, untuk memilih prospek kerja ini Anda harus mengikuti berbagai pelatihan – pelatihan sehingga menjadi hipnoterapis yang handal. Untuk besaran gaji seorang hipnoterapis adalah 300 ribu – 2 juta per durasi tertentu.

Staf HRD

Kemampuan psikologi kepribadian yang diajarkan dibangku kuliah jurusan bimbingan konseling ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk bekerja sebagai staf HRD (Human Resource Development).

HRD sendiri merupakan salah satu bagian dari perusahaan dan institusi yang menjalankan beberapa fungsi yang erat kaitannya dengan pengelolaan sumber daya manusia. Seorang staf HRD memiliki rata – rata gaji per bulan sekitar 6 juta.

Lembaga kesehatan mental

Pilihan lain prospek kerja yang bisa dipilih adalah dengan bekerja di lembaga kesehatan mental. Adapun tugas dan tanggung jawab pekerja lembaga kesehatan mental antara lain :

  • Memberikan bimbingan
  • Melakukan pembinaan
  • Menyiapkan sarana
  • Mengelola hasil kerja
  • Melakukan perawatan keamanan dan tata tertib
  • Melakukan urusaan tata usaha

Konselor masyarakat

Terakhir adalah bekerja sebagai konselor masyarakat. Tugas dan tanggung jawab seorang konselor masyarakat yaitu merubah perilaku konseli yang biasanya dipengaruhi oleh pikiran maupun perasaan dimasa lampau sehingga menjadi perilaku adaptif. Gaji pekerja konselor masyarakat sekitar 3 juta setiap bulannya.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan seputar prospek kerja bimbingan konseling. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru