10 Prospek Kerja Arsitektur Lanskap dan Gajinya

Tak hanya suka dengan ilmu arsitektur, Anda juga suka dengan pengetahuan mengenai pelestarian ekologis? Jurusan arsitektur lanskap adalah program studi yang cocok buatmu. Ini merupakan cabang ilmu paduan antara arsitektur dengan seni dalam bidang tata ruang luar dengan skala yang lebih besar. Memiliki pengembangan yang lebih luas dibandingkan induk ilmunya, yaitu arsitektur, jurusan ini ternyata menjadi salah satu yang banyak diminati. Tak hanya itu, prospek kerja arsitektur lanskap ternyata juga sangatlah beragam. Apa sajakah? Berikut adalah ulasan selengkapnya!

Prospek Kerja Arsitektur Lanskap

Prospek Kerja Arsitektur Lanskap

Adapun beberapa prospek kerja arsitektur lanskap yang bisa menjadi pilihan setelah lulus kuliah di antaranya :

Pengembang pemukiman

Prospek kerja arsitektur lanskap pertama adalah menjadi pengembang pemukiman. Dengan mendapatkan gaji yang terbilang cukup besar, yaitu 30 juta setiap bulannya bahkan bisa lebih, seorang pengembang pemukiman pastinya memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar.

Hal ini tentu cukup menarik minat para pengusaha untuk turut serta bermain di bidang property, apalagi kebutuhan akan pemukiman dari tahun ke tahun semakin bertambah.

Pekerja pemerintah

Berkarir di dunia pemerintahan memang tidak ada salahnya asal ada minat dan kemampuan. Namun demikian, umumnya lulusan arsitektur lanskap yang tertarik dengan profesi ini akan ditaruh pada bidang pembangunan, seperti BPN, Bappeda, Kesbangpol dan lain – lain.

Gaji yang diterima setiap bulannya yakni sekitar 1.5 juta – 5 juta.

Arsitektur

Selanjutnya adalah bekerja sebagai arsitektur. Ini merupakan pekerjaan pembangunan yang mengemban tugas dalam perencanaan bentuk bangunan sebelum diarahkan ke mandor bangunan.

Gaji atau upah seorang arsitektur antara 10 juta – 18 juta per bulan.

Kontraktor

Tertarik untuk menjadi seorang kontraktor? Prospek kerja arsitektur lanskap berikut ini juga tidak kalah menariknya untuk dipilih. Seorang kontraktor merupakan pengusaha yang bermodalkan membuat bangunan yang kemudian diperjual belikan kepada pembeli.

Gaji pekerja kontraktor dari seseorang yang baru lulus kuliah jurusan arsitektur lanskap sekitar 4 juta – 6 juta per bulan.

Konsultan lanskap

Ini adalah jenis pekerjaan berperan penting dalam memberikan nilai atau masukan dari perencanaan suatu bangunan. Seorang konsultan biasanya erat kaitannya dengan pajak, usaha, perdagangan dan lain – lain. Sebagai konsultan lanskap, Anda harus pandai mencari relasi kontraktor yang kurang paham tentang bab ilmu tersebut.

Gaji konsultan lanskap di setiap bulannya yaitu berkisar 7 juta.

Penyedia kebutuhan lanskap

Berkaitan dengan kegiatan wirausaha, prospek ini juga tidak kalah menariknya untuk dijadikan acuan setelah lulus dari bangku kuliah jurusan arsitektur lanskap. Maksud dari wirausaha di sini adalah kegiatan perdagangan yang menjual barang atau jasa sesuai kebutuhan konsumen.

Biasanya barang yang dijual dalam profesi ini adalah berbagai produk penunjang keindahan bangunan, contohnya material bangunan, galvalum, cat, tanaman hias dan lain – lain.

Gaji seorang penyedia kebutuhan lanskap setiap bulannya sekitar 3 juta – 4 juta.

Marketing

Pekerjaan marketing atau pemasaran merupakan kegiatan menjualkan produk atau jasa milik perusahaan. Memang gaji yang didapatkan seorang marketing ditentukan oleh dirinya sendiri, tetapi biasanya seorang marketing mendapat gaji setiap bulannya sebesar 2 juta – 3 juta.

Meskipun demikian, pekerja marketing juga berpeluang mendapatkan gaji yang lebih besar lagi jika bisa memenuhi target yang ditentukan perusahaan.

Customer service

Peluang kerja berikut ini memiliki beberapa tanggung jawab atau tugas, antara lain :

  • Menerima telepon
  • Melayani klaim pelanggan
  • Menyelesaikan masalah yang diajukan pelanggan

Gaji yang didapatkan dari pekerjaan tersebut sekitar Rp 2.5 juta – 3 juta setiap bulannya.

Manajer arsitektur

Dengan gaji yang didapatkan setiap bulannya sekitar 10 juta – 20 juta, tak ayal banyak lulusan arsitektur lanskap yang tertarik untuk menjadi manajer arsitektur. Sebagai manajer arsitektur Anda dituntut mampu melakukan beberapa kegiatan berikut :

  • Kegiatan manajerial
  • Perencanaan
  • Pengarahan
  • Pengkoordinasian aktivitas lapangan

Pengajar

Terakhir adalah menjadi pengajar. Ini merupakan suatu prospek kerja yang bertujuan membuat seseorang menjadi lebih mengerti dan memahami akan sesuatu. Lulusan arsitektur lanskap juga tidak ada salahnya untuk menggeluti profesi ini, apalagi gaji yang bisa didapatkan lumayan besar, yakni berkisar 2.7 juta – 4.7 juta per bulan.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang prospek kerja arsitektur lanskap. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru