10 Prospek Kerja Antropologi dan Gajinya

Prospek Kerja AntropologiJurusan antropologi merupakan jurusan yang mempelajari tentang ciri khas dan kesamaan pola suatu masyarakat yang berkaitan dengan kebudayaan, bahasa, agama, hak asasi manusia, upacara, pola pikir, etika, kemasyarakatan dan masih banyak hal lainnya. Peluang kerja antropologi pun cukup banyak dan kompleks sehingga lulusan Antropologi tak perlu khawatir lagi dengan jurusan ini. Berikut terkait apa saja prospek kerja lulusan antropologi yang bisa Anda dapatkan!

Prospek Kerja Antropologi

Prospek Kerja Antropologi

Ya, ada banyak peluang atau prospek kerja antropologi yang bisa dipilih sesuai minat dan bakat yang Anda miliki, mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Ahli antropologi

Prospek kerja antropologi pertama yang bisa Anda coba geluti setelah lulus dari bangku kuliah adalah menjadi seorang ahli antropologi. Karir sebagai ahli antropologi di Indonesia memang masih belum banyak karena profesi ini juga membutuhkan tingkat pendidikan sampai S3. Namun jika Anda berhasil menempuhnya dan menekuni profesi ini, gaji per bulan yang bisa Anda dapatkan tentu di atas 10 atau 15 juta rupiah.

Staf penelitian

Prospek kerja antropologi berikutnya yang dapat dijadikan pilihan karir Anda adalah menjadi staf penelitian, Anda bisa menjadikan hasil penelitian sebagai acuan atau referensi untuk melakukan pengembangan ilmu di bidang terkait.

Anda bisa bergabung dengan perusahaan penelitian swasta atau pemerintah dan biasanya mendapatkan gaji di atas 9 juta atau 10 juta rupiah per bulan.

Ahli etnografi pemasaran

Prospek kerja antropologi selanjutnya menjadi ahli etnografi pemasaran. Ketika Anda kuliah di jurusan antropologi sosial, Anda akan mendapatkan mata kuliah terkait etnografi pemasaran. Anda dapat bergabung dengan staf pemasaran di perusahaan dan berhak mendapatkan gaji per bulan mulai dari 3,5 jutaan sampai di atas 6 juta rupiah.

Manajemen SDM

Mungkin selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa posisi sebagai manajemen SDM hanya bisa dipilih oleh mereka yang merupakan lulusan Manajemen Sumber Daya Manusia dan lulusan Psikologi saja. Padahal sama sekali tidak.

Bahkan prospek kerja antropologi juga bisa menduduki posisi sebagai manajemen SDM di suatu perusahaan. Anda berhak mendapatkan gaji bulanan sekitar 8 jutaan rupiah menjabat di posisi ini.

Dosen

Lulus S1 dari Antropologi Anda bisa melanjutkan kuliah lagi untuk menempuh jenjang pendidikan S2. Setelah lulus, Anda bisa menjadi seorang dosen yang mengajar di universitas baik swasta atau milik negeri.

Setiap bulan Anda bisa mendapatkan potensi gaji mulai dari 5 juta sampai di atas 8 juta rupiah per bulan.

PNS

Rekomendasi selanjutnya prospek kerja antropologi yang tidak kalah menariknya untuk dipertimbangkan adalah menjadi seorang PNS. Pekerjaan menjadi PNS memang sangat menggiurkan karena posisi ini memberikan jaminan masa depan, potensi pendapatan tetap dan dana pensiun. Oleh sebab itu profesi ini di Indonesia masih menjadi idaman banyak orang.

Anda yang ingin menjadi PNS, setiap bulannya akan mendapatkan gaji tetap sekitar 2,5 juta rupiah sebagai gaji pokok yang belum termasuk tunjangan. Potensi gaji Anda akan meningkat seiring berjalannya waktu dan seiring dengan peningkatan jabatan Anda.

Jurnalis

Ilmu antropologi yang mempelajari juga cara komunikasi yang efektif dan efisien di dalamnya dapat menjadi bekal yang sangat kuat bagi Anda yang ingin melanjutkan karir sebagai seorang jurnalis. Anda bisa mendapatkan gaji 2 juta sampai 3 jutaan rupiah per bulan. Belum lagi jika Anda berprestasi, potensi untuk dikenal akan sangat besar.

Juru arsip

Jika Anda adalah tipe orang yang suka dengan keteraturan dan ingin menekuni dunia pengelolaan dokumen, maka tentu profesi ini akan sangat cocok untuk Anda tekuni. Sebagai juru arsip, Anda berhak mendapatkan gaji per bulan sekitar 2,8 juta sampai 3,5 juta rupiah.

Konsultan

Jika Anda sudah merasa punya pengalaman yang banyak maka Anda bisa menjadi seorang konsultan. Sebagai konsultan, tentu pendapat dan pemikiran Anda akan memberikan pengaruh besar bagi pihak terkait. Anda bisa mendapatkan gaji di atas 7 juta rupiah per bulan.

Pengusaha

Tidak hanya ahli marketing atau lulusan manajemen pemasaran saja yang bisa menjadi pengusaha. Anda yang lulusan antropologi asalkan merasa memiliki produk yang bagus dan mumpuni di sektor pemasaran juga bisa menjadi pengusaha.

Tentunya akan banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan terkait soal omset yang bisa Anda raih mencapai jutaan bahkan puluhan juta rupiah. Semakin berkembang bisnis Anda maka omset yang Anda bisa raih juga akan meroket tajam.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan seputar prospek kerja antropologi. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda.

Artikel Terbaru