10 Prospek Kerja Antropologi Sosial dan Gajinya

Jurusan antropologi sosial adalah bidang studi yang fokus mempelajari kebudayaan yang dihasilkan oleh manusia. Dalam ilmu antropologi sosial, manusia dijadikan sebagai objek penelitian. Prospek kerja antropologi sosial ini cukup luas dan Anda juga dapat bekerja di berbagai bidang. Mengenai apa saja prospek kerjanya, kami akan membagikan serangkaian informasi selengkapnya untuk Anda!

Prospek Kerja Antropologi Sosial

Prospek Kerja Antropologi Sosial

Adapun prospek kerja antropologi sosial yang bisa didapatkan setelah lulus dari kuliah sebagai berikut :

Pegawai Negeri Sipil atau PNS

PNS di Indonesia merupakan pekerjaan yang banyak diimpikan, hal ini karena menjadi memiliki penghasilan yang berkecukupan dengan pekerjaan yang tidak terlalu berat. Seorang lulusan antropologi dapat bekerja di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan baik yang ada di pemerintah daerah atau pusat.

Anda akan mendapatkan gaji bulanan dan sekaligus tunjangan. Biasanya gaji bulanan Anda disesuaikan dengan jabatan atau posisi mulai dari 2,5 juta rupiah per bulan.

Pegawai Litbang

Prospek kerja yang selanjutnya adalah pegawai litbang. Hal ini karena di Indonesia terdapat sebuah badan yang bertugas dalam melakukan penelitian dan pengembangan data. Dari pekerjaan tersebut, seorang antropolog dapat bekerja sebagai pengumpul data yang ada di masyarakat.

Dari data – data yang ada kemudian dijadikan sebuah kajian penelitian untuk menemukan solusi atas permasalahan yang ada. Tugas mengumpulkan data dalam masyarakat ini biasa dikuasai oleh mahasiswa lulusan antropologi sosial. Pegawai Litbang biasanya akan digaji sekitar 20 – 25 juta rupiah per bulan, sangat wow bukan?

Peneliti

Prospek kerja antropologi sosial yang juga prospektif adalah menjadi seorang peneliti. Di Indonesia sendiri sudah ada ribuan budaya yang tersebar dan dari setiap budaya yang ada perlu dipelajari lebih lanjut. Oleh karena itu penelitian budaya sangat dibutuhkan.

Dalam bidang ini Anda tidak akan kehaisan objek karena penelitian akan selalu ada pembaharuan pada setiap tahunnya. Bahkan banyak lembaga yang merekrut lulusan antropologi sosial untuk bekerja di dalamnya, salah satu lembaga tersebut adalah LIPI. Biasanya gaji bulanan yang bisa didapatkan mulai dari 4 juta sampai 9 jutaan rupiah.

Dosen

Prospek kerja untuk jurusan antropologi yang selanjutnya adalah menjadi dosen. Dengan jurusan antropologi sosial Anda tidak hanya bisa menjadi dosen di fakultas antropologi saja.

Namun ingat, Anda harus lulus S2 terlebih dahulu untuk menjadi dosen dan mendapatkan gaji bulanan sekitar 5 jutaan rupiah.

Manajemen sumber daya manusia

Lulusan dari jurusan antropologi seringkali dianggap mampu dalam menganalisis karakteristik setiap individu atau perorangan. Hal ini lah yang menjadikan lulusan dari antropologi sosial menjadi pekerja pada bagian manajemen sumber daya manusia.

Dari beberapa ilmu yang didapatkan jurusan antropoogi sosial di bangku kuliah, Anda bisa melakukan penyeleksian kandidat terbaik yang ada berdasarkan karakter setiap individu. Dengan SDM yang unggul maka akan membuat perusahaan menjadi unggul juga dan Anda akan mendapatkan penawaran gaji sekitar 8 jutaan rupiah per bulan.

Wartawan

Prospek kerja antropologi sosial yang paling ideal dengan jurusannya adalah menjadi seorang wartawan. Hal ini dikarenakan seorang antropolog mempunyai wawasan yang sangat luas dan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. kemampuan – kemampuan tersebut dapat menunjang lulusan antropologi menjadi seorang wartawan.

Saat ini ada banyak peluang menjadi wartawan dengan jurusan antropologi sosial karna sudah banyak budaya di Indonesia yang sangat ramai dibahas pada channel – channel berita di media. Gaji per bulan wartawan memang tidak terlalu besar sekitar 2 – 3 juta rupiah.

Budayawan

Lulusan dari jurusan antropologi pastinya memiliki pengetahuan yang luas terkait dengan budaya, sehingga lulusan dari jurusan satu ini sangat pas untuk menjadi seorang budayawan.

Pada era modern saat ini, seorang budayawan cukup sering tampil di televise guna memberikan pendapat tentang budaya yang ada di negeri Indonesia ini. Bahkan banyak juga seorang budayawan yang diundang ke luar negeri untuk memperkenalkan budaya yang ada di Indonesia.

Konsultan

Sarjana Antropologi Sosial yang sudah berpengalaman bisa menekuni karir sebagai seorang konsultan. Pendapat dan pemikiran Anda sebagai seorang konsultan tentu akan memberikan pengaruh yang besar nantinya bagi masyarakat.

Sebagai seorang konsultan, Anda pun dapat bergabung dengan perusahaan pemerintah atau swasta dan berhak mendapatkan gaji per bulan mulai 4 jutaan rupiah sampai 9 jutaan rupiah.

Ahli etnografi pemasaran

Mata kuliah Etnografi Pemasaran akan Anda dapatkan ketika kuliah di jurusan antropologi sosial. Ilmu tersebut bisa dijadikan sebagai bekal untuk bekerja menjadi ahli etnografi pemasaran dengan gaji bulanan sekitar 3,5 juta sampai 6 jutaan rupiah per bulan.

Ahli antropologi

Last but not least, jika Anda memang sudah berkecimpung lama dalam dunia antropologi maka prospek kerja antropologi sosial yang juga bisa Anda ambil sebagai seorang professional adalah menjadi seorang ahli.

Namun Anda butuh jenjang pendidikan tidak hanya lulus S2 melainkan sampai S3. Anda bisa mendapatkan penghasilan per bulan sampai US$ 61.000 per tahunnya.

Demikianlah ulasan mengenai prospek kerja antopologi sosial yang bisa Anda coba khususnya jika Anda merupakan lulusan jurusan antropologi sosial. Semoga menjadi informasi yang memberikan manfaat.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru