10 Prospek Kerja Akuntansi Perpajakan dan Gajinya

Jurusan akuntansi perpajakan merupakan program studi yang mempelajari tentang akuntansi dibidang tertentu, yaitu perpajakan. Memilih jurusan ini Anda akan memahami berbagai teori dan prinsip akuntansi yang nantinya bisa diterapkan dalam suatu perusahaan perpajakan. Memiliki prospek yang cukup besar dalam urusan pencarian pekerjaan, berikut adalah beberapa prospek kerja akuntansi perpajakan yang bisa dipilih. Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Prospek Kerja Akuntansi Perpajakan

Prospek Kerja Akuntansi Perpajakan

Tidak hanya bisa berkarir dibagian divisi keuangan atau finance, mahasiswa akuntansi perpajakan juga bisa berkarir dibagian lain. Berikut beberapa prospek kerja akutansi perpajakan yang bisa dipilih setelah lulus dari bangku kuliah :

Dosen Akuntansi Perpajakan

Jika Anda memiliki jiwa mengajar, menjadi dosen akuntansi perpajakan bisa jadi pilihan terbaiknya. Dengan menjadi dosen, artinya Anda bisa berbagi ilmu dan pengetahuan tentang akuntansi perpajakan. Mengenai gaji yang berpotensi Anda dapatkan per bulan sekitar 5 juta rupiah.

Perencana Keuangan

Umumnya mahasiswa akuntansi sudah dikenal sebagai orang pintar dalam mengatur uang. Nah, prospek kerja akuntansi perpajakan selanjutnya yang bisa Anda pilih yaitu perencana keuangan.

Memilih prospek ini Anda diwajibkan untuk memiliki CFP (Certified Financial Planner). Sertifikat tersebut diyakini mampu membuat suatu perusahaan lebih tertarik dan percaya dengan kemampuan Anda. Tugas Anda disini adalah mengelola keuangan suatu bisnis atau perusahaan yang sedang kesulitan dalam pengaturan keuangan. Gaji yang berhak Anda dapatkan dalam sebulan mulai dari 7 juta rupiah.

Akuntan Publik

Adapun syarat untuk memilih prospek kerja akuntansi perpajakan ini adalah surat izin dari Menteri Keuangan untuk menjadi anggota IAPI (Institut Akuntan Publik Indonesia) dan memiliki sertifikat CPA (Certified Public Accountants). Anda berhak mendapatkan gaji sekitar 7 juta sampai dengan 8 juta rupiah per bulan untuk posisi ini.

Auditor Internal

Seorang auditor internal akan bekerja langsung di sebuah perusahaan yang bertugas memeriksa apakah manajemen telah melakukan tugas maupun fungsinya secara efisien. Oleh karenanya, sifat jujur wajib dimiliki auditor internal.

Selain itu, auditor internal juga harus memiliki integritas tinggi. Menduduki posisi ini membuat Anda berhak mendapatkan gaji sekitar 8 juta rupiah per bulan.

Konsultan Pajak

Pilihan lain dalam prospek ini yaitu menjadi konsultan pajak. Untuk menjadi konsultan pajak tidaklah mudah, sebab Anda harus memiliki gelar BAP dan lulus USKP (Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak).

Tugas seorang konsultan pajak adalah membantu perusahaan agar selalu memenuhi kewajibannya sebagai perusahaan taat pajak. Sebagai konsultan, Anda berhak mendapatkan gaji sekitar 10 juta per bulan.

Financial Analyst

Tak hanya perorangan, sebuah perusahaan besar pun juga membutuhkan posisi ini. Jika memilih prospek ini Anda harus memiliki sertifikat CFA (Certified Financial Analyst) yang dikeluarkan CFA Institute.

Dengan mengantongi sertifikat tersebut Anda akan memiliki kemampuan menerjemahkan informasi terkait keuangan yang nantinya akan dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan di sebuah perusahaan. Anda berhak mendapatkan gaji di atas 10 juta rupiah per bulan.

Akuntan Pemerintah

Menjadi akuntan pemerintah adalah dambaan bagi banyak orang, mungkin Anda termasuk salah satunya? Tetapi untuk menjadi akuntan pemerintah Anda harus memiliki gelar AAP (Ahli Akuntan Pemerintahan).

Tugas seorang akuntan pemerintah yaitu menyusun laporan keuangan pemerintah dan melakukan audit diberbagai tingkat pemerintah.

Ahli ekonomi dan statistik

Memilih prospek ini Anda akan memiliki tanggung jawab sebagai berikut :

  • Melakukan penelitian
  • Menyiapkan laporan
  • Merumuskan rencana untuk mengatasi masalah perekonomian

Tak hanya itu, Anda juga harus bisa mengumpulkan dan mengelola data ekonomi dan statistik. Oleh karenanya penting untuk mempelajari mengenai dampak social dan ekonomi dari kebijakan public yang terbaru, contohnya undang – undang yang diusulkan, jasa, pajak dan peraturan.

Penilai Pajak dan Keuangan

Tugas penilai pajak dan keuangan di sini adalah menilai property nyata dan pribadi menggunakan beberapa metode seperti berikut :

  • Pemeriksaan lapangan
  • Pengukuran structural
  • Perhitungan
  • Analisis penjualan
  • Studi trend pasar
  • Pendapatan dan analisis beban

Seorang penilai pajak dan keuangan juga harus memahami mengenai implikasi dari berbagai informasi sebagai dasar dalam pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah, baik yang sekarang maupun masa datang.

Pengusaha Sukses

Tidak mau kerja sama orang? Mungkin Anda cocok menjadi pengusaha atau pebisnis. Setelah lulus dibangku kuliah dengan mengambil jurusan akuntansi perpajakan Anda memiliki potensi besar untuk membuka lapangan pekerjaan untuk banyak orang.

Ilmu yang didapatkan selama kuliahlah yang bisa menjadi bekalmu untuk mulai membuka usaha baru. Sebagai seorang pengusaha, tentu gaji per bulan yang Anda dapatkan tak terbatas.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan seputar prospek kerja akuntansi perpajakan. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru