10 Prospek Kerja Teknik Mesin dan Gajinya

Jurusan Teknik Mesin merupakan bidang keilmuan yang mempelajari mengenai prinsip dasar fisika untuk analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan sistem mekanika mesin. Prospek kerja Teknik Mesin sangat banyak dan luas. Anda bisa bekerja di perusahaan besar milik negara sampai dengan swasta. Secara garis besar, berikut prospek kerja Teknik Mesin yang Anda harus tahu!

Prospek Kerja Teknik Mesin

Prospek Kerja Teknik Mesin

Berikut kami berikan beberapa hal terkait prospek kerja Teknik Mesin yang Anda perlu tahu dan pahami, di antaranya :

Teknisi dan operator mesin

Sebagai lulusan Teknik Mesin, tentu bekerja sebagai teknisi dan operator mesin tidak akan membuat Anda kesulitan. Mungkin akan ada beberapa hal yang perlu Anda pelajari, namun tentu tidak akan terlalu membuat Anda kesulitan.

Nantinya Anda harus mengoperasikan mesin dan melakukan perawatan, memperbaiki jika terjadi kerusakan, dan menyiapkan spare partnya juga. Hampir semua perusahaan selalu butuh tenaga ini dan gaji yang ditawarkan pun cukup menggiurkan karena di atas 4 atau 5 juta rupiah.

Robotic engineer

Jika Anda merupakan lulusan teknik mesin yang suka dengan dunia robotik, maka Anda bisa menjadi seorang robotic engineer. Anda akan bertanggung jawab merancang mesin untuk merakit robot. Gaji Anda akan sangat besar bahkan di atas 10 juta rupiah, utamanya jika Anda bekerja di perusahaan luar negeri bahkan bisa mencapai di atas 20 juta rupiah per bulan.

Konsultan mekanik

Banyak perusahaan yang membutuhkan seorang konsultan untuk membimbing, mengarahkan dan memanajemen tenaga teknik dan permesinan yang mereka punya. Tugas Anda adalah menyelesaikan dan memberikan solusi atas kasus, masalah dan memberikan penanganan yang tepat.

Sebagai seorang konsultan mekanik, Anda berhak menerima gaji mulai dari 9 juta rupiah sampai dengan di atas 15 juta rupiah tergantung kebijakan perusahaan dan pengalaman kerja Anda.

Menjadi desainer mekanik

Sebagai lulusan jurusan teknik mesin, Anda nantinya akan dihadapkan dengan banyak prospek kerja yang menggiurkan. Tidak hanya dunia fashion saja yang punya desainer, dunia permesinan pun demikian.

Tugas Anda nantinya adalah merakit mesin dengan model terbaru untuk diproduksi perusahaan yang bergerak di bidang jual beli mesin. Gaji Anda tentu sangat besar bahkan bisa mencapai di atas 30 sampai 50 juta rupiah per bulan.

Industri bioteknologi

Sebelum revolusi industri 4.0, ada revolusi industri 3.0 yang memungkinkan dijalankannya penelitian bioteknologi. Bioteknologi sendiri adalah teknologi yang membantu peningkatan kualitas hidup manusia dan memanfaatkan tenaga dari bumi untuk menciptakan suatu produk yang bermanfaat.

Lulusan teknik mesin sendiri biasanya dibutuhkan dalam kaitannya dengan pekerjaan merakit atau membuat alat – alat kedokteran, farmasi dan sebagainya dengan gaji di atas 20 juta rupiah.

Aerospace engineer

Jika Anda merupakan lulusan teknik mesin yang tertarik membuat sesuatu yang bisa terbang maka karir Anda sebagai insinyur dirgantara menjadi yang terbaik juga. Aerospace engineer menjadi pekerjaan yang membuat Anda akan berfokus pada keselamatan penerbangan, biaya pengoperasian, efisiensi bahan bakar, serta dampak terhadap lingkungan.

Perusahaan perakitan pesawat

Tidak hanya mobil yang dirakit di sebuah perusahaan, pesawat pun dirakit di sebuah perusahaan. Anda bisa menjadi bagian dari mereka dan mendapatkan gaji bahkan mencapai 40 sampai 75 jutaan rupiah per bulan tergantung jabatan Anda.

Research and development engineer

Secara umum research and development engineer merupakan suatu bidang kerja yang pekerjaannya terkait dengan penelitian dan pengujian ide produk, pengembangan produk baru serta melakukan desain ulang suatu produk.

Selain itu di bidang ini, Anda akan bekerja memimpin anggota tim dan melakukan kolaborasi dengan departemen lain berkaitan dengan pengembangan suatu produk. Gaji Anda sangat besar mulai dari 12 juta rupiah per bulan.

System analyst

Mungkin banyak orang yang mengira kalau lulusan system analyst hanya jurusan atau lulusan IT saja. Akan tetapi faktanya tidak demikian. Bahkan lulusan Teknik Mesin pun berhak mendapatkan prospek kerja di bidang ini dan mendapatkan gaji di atas 10 juta rupiah.

Dosen

Jika Anda memiliki passion mengajar, Anda bisa lanjut S2 dan nantinya bekerja sebagai dosen. Anda berhak mendapatkan gaji per bulan di atas 5 juta rupiah sebagai tenaga pengajar dan bonusnya, Anda masih punya banyak waktu di luar pekerjaan yang bisa dimanfaatkan untuk hal lain.

Itulah beberapa prospek kerja Teknik Mesin yang perlu Anda tahu. Semoga informasi yang kami bagikan di atas menjadi informasi yang menginspirasi dan membawa manfaat khususnya bagi lulusan Teknik Mesin.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru