10 Prospek Kerja Ilmu Politik dan Gajinya

Prospek Kerja Ilmu PolitikJurusan ilmu politik merupakan jurusan yang mempelajari tentang teori – teori, deskripsi, analisis sistem politik, perilaku politik dan juga sekaligus prakek politik yang orientasinya berkaitan dengan akademis, teori serta riset. Peluang kerja ilmu politik pun sangat banyak. Di sini kami akan berbagi informasi lengkap dan menariknya untuk Anda terkait apa saja prospek kerja yang potensial untuk lulusan jurusan ilmu politik ini!

Prospek Kerja Ilmu Politik

Prospek Kerja Ilmu Politik

Ya, ada banyak peluang atau prospek kerja ilmu politik yang bisa dipilih sesuai minat dan bakat yang Anda miliki, mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Jurnalis politik

Prospek kerja ilmu politik pertama yang bisa Anda coba geluti setelah lulus dari bangku kuliah adalah menjadi seorang jurnalis politik. Jika Anda mengenal tokoh jurnalis yang terkenal yaitu Najwa Shihab, Anda lulusan ilmu politik nantinya juga bisa berkarir seperti beliau. Namun sebagai seorang jurnalis, Anda tidak hanya butuh kemampuan politik melainkan Anda juga butuh ilmu negosiasi, kompromi, diskusi dan memiliki kemampuan berbicara di depan umum sekaligus.

Anda berhak mendapatkan gaji mulai dari 3,5 juta rupiah sampai dengan 6 jutaan rupiah per bulan untuk berkarir di bidang ini.

Menjadi anggota legislatif

Prospek kerja ilmu politik berikutnya yang dapat dijadikan pilihan karir Anda adalah menjadi anggota legislatif. Sebenarnya menjadi anggota legislatif di Indonesia saat ini tidak dibatasi jurusan pendidikan. Akan tetapi jika Anda memiliki latar belakang pendidikan ilmu pemerintahan dan atau ilmu politik tentu akan sangat baik karena dapat menjadi bekal Anda nantinya.

Menjadi anggota partai politik

Prospek kerja ilmu politik selanjutnya adalah menjadi anggota partai politik. Anda bisa bergabung sebagai anggota partai dan memberikan kesempatan besar bagi Anda menyampaikan semua aspirasi, pikiran, gagasan dan ide – ide Anda.

Dengan mendapatkan jabatan tertentu di partai politik, Anda pun berhak menerima gaji mulai dari 3,2 juta rupiah sampai dengan 5,3 juta rupiah per bulan.

Peneliti atau pengamat politik

Rekomendasi selanjutnya prospek kerja ilmu politik yang tidak kalah menariknya untuk dipertimbangkan adalah menjadi pengamat partai politik. Peran pengamat politik juga sangat penting bagi negara dan hasil penelitian Anda bisa dijadikan acuan pembuatan suatu keputusan. Adapun gaji yang bisa Anda dapatkan mulai dari 3,2 juta rupiah sampai di atas 6 juta rupiah per bulan.

Menjadi PNS

Prospek kerja ilmu politik yang pertama dan menjadi jenis pekerjaan yang di Indonesia ini banyak diinginkan adalah bekerja di bawah naungan pemerintah atau menjadi PNS. Anda bisa menjadi pegawai pemerintahan atau elemen aparatur negara baik di tingkat pusat atau pun di tingkat daerah.

Adapun mengenai gaji yang bisa Anda dapatkan tergantung jabatan. Gaji Anda akan terus meningkat seiring dengan peningkatan jabatan, belum Anda juga akan mendapatkan tunjangan dan bonus.

Tenaga pengajar atau pendidik

Berkarir sebagai seorang akademisi menjadi tugas mulia yang juga sangat menyenangkan. Jika Anda ingin menjadi guru SMA atau SMP dengan mengajar mata pelajaran IPS, atau yang lain maka Anda hanya perlu lulus dari jenjang pendidikan S1 saja.

Akan tetapi jika Anda ingin menjadi dosen maka wajib lulus S2. Jika guru sebulan digaji sekitar 1,5 jutaan per bulan tergantung di mana Anda menjadi pengajar, seorang dosen mendapatkan gaji mulai dari 3 juta sampai dengan 5 jutaan rupiah.

Hubungan masyarakat

Profesi ini memiliki peran yang sangat besar. Anda memegang peran yang sangat penting sebagai humas. Banyak perusahaan besar yang kini membuka lowongan untuk profesi ini sementara mengenai gajinya berkisar antara 3,4 juta rupiah sampai dengan 4,6 juta rupiah per bulan untuk posisi ini.

Bekerja di perusahaan swasta

Gagal menjadi PNS? Tenang! Anda masih bisa berkarir di sebuah perusahaan swasta. Anda bisa memilih perusahaan besar yang Anda inginkan dengan modal ilmu yang Anda punya.

Biasanya prospek kerja ilmu politik di perusahaan swasta cukup beragam mulai dari menempati posisi marketing, sales, administrasi atau pun balik lagi humas untuk perusahaan swasta. Gajinya pun bervariasi tergantung grade perusahaan tempat Anda bekerja mulai dari 3 jutaan rupiah sampai dengan 5 juta rupiah.

Menjadi aktivis LSM

Berbekal dengan ilmu yang Anda miliki, Anda berkesempatan besar untuk menjadi aktivis LSM. Di sini Anda memiliki kesempatan dalam peningkatan layanan di masyarakat dan mendapatkan gaji di antara 3 jutaan rupiah sampai dengan 6 jutaan rupiah per bulan.

Wiraswasta

Lulusan ilmu politik juga bisa menjadi wiraswasta dan Anda tidak akan terikat dengan siapa pun. Jam kerja Anda fleksibel dan gaji yang bisa Anda dapatkan pun tidak terbatas.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan seputar peluang kerja ilmu politik. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda.

Artikel Terbaru