10 Prospek Kerja Ilmu Kelautan dan Gajinya

Jurusan ilmu kelautan atau yang disebut dengan oseanologi merupakan jurusan yang mempelajari tentang dunia kelautan, biota laut dan topografi laut. Dalam ilmu kelautan, perikanan sebagai bagian dari laut juga menjadi fokus yang dipelajari. Anda yang belajar atau lulusan ilmu kelautan, prospek kerja ilmu kelautan sangat besar. Adapun mengenai apa saja prospek kerjanya akan kami ulas dalam informasi di bawah ini!

Prospek Kerja Ilmu Kelautan

Prospek Kerja Ilmu Kelautan

Bagi Anda lulusan ilmu kelautan, berikut beberapa prospek kerja  ilmu kelautan yang bisa menjadi pilihan Anda bekerja setelah lulus :

Pembenihan ikan

Ilmu kelautan yang Anda miliki bisa dijadikan sebagai modal untuk mengelola tempat pembenihan ikan. Sesuai dengan namanya, ruang lingkup profesi ini akan bekerja terkait dengan pembenihan ikan dari nol sampai ikan siap panen.

Profesi ini penting dalam industri kelautan karena akan sangat dibutuhkan demi menjaga kelestarian aneka ragam jenis ikan. Adapun terkait dengan rata – rata pendapatan yang bisa didapatkan per bulan mulai dari 3,4 juta rupiah sampai dengan di atas 4,5 juta rupiah.

Ocean engineering

Pekerjaan sebagai ocean engineering berkaitan dengan pengoperasian mesin pada kapal laut, termasuk berkaitan dengan mesin penggerak dan serta sistem sumber daya listrik. Anda pun akan ditugaskan melakukan pemeriksaan terhadap mesin, merancang dan menguji mesin yang dioperasikan perusahaan, serta mempersiapkan rencana terkait operasional ke depannya.

Gaji Anda untuk bekerja di bidang ocean engineering sangat menggiurkan karena per tahun berhak mendapatkan gaji di atas 900 juta atau bahkan 1 milyar tergantung kapasitas perusahaan tempat Anda bekerja.

Manajer akuakultur

Pekerjaan ini adalah suatu bidang kerja dimana Anda harus mengarahkan dan mengoordinasikan aktivitas pekerja produksi pembenihan ikan untuk perusahaan. Anda pun harus ahli dalam melakukan beragam pertimbangan dan pengambilan keputusan terkait manajemen personalia, dan pemantauan kinerja.

Adapun besaran gaji yang biasanya diberikan berkisar antara 4,1 juta rupiah sampai dengan di atas 5,8 juta rupiah per bulan.

PNS

Pekerjaan sebagai PNS di Indonesia termasuk salah satu bidang kerja yang sangat diminati karena jaminan hari tua yang diberikan untuk profesi ini. Anda pun perlu mencari formasi sesuai pendidikan yang Anda tempuh.

Gaji seorang PNS setiap bulannya yang berpotensi didapatkan tergantung golongan mulai dari 2,5 juta rupiah sampai dengan di atas 6 juta rupiah.

Peneliti kelautan

Jika Anda merasa memiliki pengalaman di bidang kelautan yang sangat baik, Anda bisa menjadi seorang peneliti kelautan dengan penghasilan yang berhak Anda dapatkan mulai dari 5 juta rupiah sampai dengan di atas 10 juta rupiah per bulannya.

Bekerja di perusahaan minyak

Bagi Anda yang merupakan lulusan kelautan, tugas dan tanggung jawab yang mesti Anda lakukan ketika bekerja di perusahaan minyak berkaitan dengan pengembangan metode untuk produksi minyak, mencari dan mengelola minyak bumi serta barang tambang dan sebagainya.

Bekerja di perusahaan minyak membuat Anda berpotensi mendapatkan gaji dan tunjangan yang besar di atas 5 juta atau 10 juta rupiah per bulan.

Konsultan

Bekerja sebagai konsultan membuat Anda harus terus menerus belajar. Profesi ini pun sangat cocok untuk Anda yang ingin membuat perubahan lebih baik lagi bagi lingkungan. Adapun gaji yang berhak Anda dapatkan berkisar antara 3,4 juta rupiah sampai dengan di atas 5,7 juta rupiah.

Peneliti

Sebagai seorang peneliti, tugas Anda mulai dari meneliti lingkungan laut, biota laut, dan segala macam hal yang berkaitan dengan kehidupan kelautan. Profesi ini pun sangat cocok untuk Anda yang suka melakukan analisis dan berhak mendapatkan gaji per bulan mulai dari 3,5 juta rupiah sampai dengan di atas 5,6 juta rupiah.

Akademisi

Jika Anda merasa memiliki bakat mengajar, maka Anda bisa memilih profesi sebagai akademisi. Anda bisa menjadi dosen di universitas sesuai dengan bidang keahlian yang Anda punya. Namun Anda harus merupakan lulusan S2 jika ingin menjadi dosen. Gaji per bulan yang bisa didapatkan di atas 5 juta rupiah.

Wirausaha

Kuliah di jurusan apapun sebenarnya bisa memberikan kesempatan Anda untuk menjadi seorang pebisnis. Nantinya setelah lulus dari ilmu kelautan, Anda bisa membangun bisnis Anda sendiri. Bisnis yang Anda jalankan tersebut boleh berkaitan dengan bidang kelautan atau tidak. Tentu nominal pendapatan yang berhak Anda dapatkan sebagai seorang wirausaha beragam dan tak terbatas.

Itulah beragam prospek kerja ilmu kelautan yang Anda perlu tahu dan pahami. Semoga informasi di atas menjadi ulasan yang membawa manfaat.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru