10 Prospek Kerja Ilmu Hukum dan Gajinya

Jurusan ilmu hukum adalah sebuah program studi yang mempelajari tentang sistem hukum yang berkaitan sangat erat dengan kehidupan bermasyarakat. Mulai dari hukum perdata sampai dengan hukum tata negara bisa dipelajari. Prospek kerja ilmu hukum juga sangat luas, terlebih tidak hanya di bawah naungan negara saja bisa bekerja namun juga bisa bekerja untuk swasta. Apa saja prospek kerjanya bisa Anda simak dalam ulasan lengkap di bawah ini!

Prospek Kerja Ilmu Hukum

Prospek Kerja Ilmu Hukum

Beberapa prospek kerja ilmu hukum yang bisa didapatkan oleh lulusannya terdiri atas :

Pengacara

Di Indonesia, ada beberapa nama pengacara kondang seperti Hotman Paris dan OC Kaligis. Sebagai pengacara kondang tersebut tentu potensi penghasilan yang didapatkan sangat besar, terlebih mereka telah memiliki jam terbang yang tinggi dari segi pengalaman, analisis, ilmu komunikasi dan sebagainya.

Anda yang merupakan lulusan Ilmu Hukum berpotensi menjadi seperti mereka nantinya dan bisa mendapatkan gaji per bulan di atas 10 juta rupiah.

Notaris

Bekerja sebagai seorang notaris membuat Anda bisa menemukan masa depan yang cerah. Sebagai notaris, Anda bertugas membuat beragam jenis akta pendirian, warisan dan sebagainya. Profesi ini pun sangat berkaitan dengan ilmu yang Anda sudah dapatkan di bangku kuliah.

Akan tetapi Anda perlu tahu bahwa melanjutkan program profesi sangat Anda perlukan untuk bekerja sebagai seorang notaris. Anda berhak mendapatkan gaji mulai dari 5 juta rupiah setiap bulannya.

Jaksa

Jaksa memang menjadi prospek kerja ilmu hukum yang sangat diincar banyak lulusan hukum. Untuk menjadi seorang jaksa, syarat Anda harus lulus seleksi yang diselenggarakan pemerintah dan dalam persidangan Anda memegang peran penting yaitu menyampaikan dakwaan kepada pelaku tindak kejahatan.

Gaji jaksa sangat besar terlebih posisi ini merupakan kelompok pegawai pemerintahan yang memiliki kredibilitas tinggi. Anda pun berhak mendapatkan gaji sampai belasan juta rupiah dengan menekuni pekerjaan ini.

Hakim

Bagi Anda yang ingin berkontribusi dengan memperjuangkan keadilan, Anda bisa memilih untuk menjadi seorang hakim. Mengingat pentingnya seorang hakim dalam persidangan, Anda bisa mendapat gaji tinggi bahkan puluhan juta rupiah per bulan.

Diplomat

Setelah selesai menempuh pendidikan di bidang hukum, Anda bisa bekerja sebagai duta besar atau diplomat. Jenis pekerjaan yang satu ini sangat seru dan bahkan menjadi mimpi banyak orang. Anda pun berpotensi ditempatkan di luar negeri.

Anda juga memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga hubungan antar negara. Belasan hingga puluhan juta rupiah berpotensi Anda dapatkan sebagai diplomat.

Staf kementerian

Jika Anda ingin menjadi PNS untuk mendapatkan gaji tetap setiap bulan sekaligus berpotensi mendapatkan kepastian pensiun, Anda bisa memilih untuk bekerja sebagai staf kementerian. Pastikan agar Anda selalu memeriksa segala macam informasi pembukaan lowongan kerja PNS sesuai dengan formasi yang sedang dibutuhkan.

Sebagai staf kementerian, Anda berpeluang mendapatkan gaji besar mulai dari 4 juta sampai dengan di atas 6 juta rupiah per bulan. Belum lagi insentif dan tunjangan berhak Anda dapatkan.

Polisi

Dengan bekal ilmu hukum yang Anda miliki, Anda memiliki peluang untuk menjadi seorang polisi. Dengan pemahaman di bidang hukum yang Anda punya, tentu saja pekerjaan Anda nantinya akan jauh lebih mudah jika ada permasalahan hukum yang harus dihadapi.

Anda pun berpeluang untuk mendapatkan gaji besar menjadi polisi dan status Anda juga langsung PNS Anda pun berhak mendapatkan tunjangan dan dana pensiun.

Konsultan hukum

Tugas Anda sebagai konsultan hukum adalah memberikan arahan atau pandangan terkait kelengkapan dokumen yang sedang dihadapi. Prospek karir Anda sebagai konsultan hukum juga menggoda dan potensi gaji Anda bahkan tak terbatas hingga puluhan juta rupiah.

Dosen

Sebagai lulusan ilmu hukum, Anda berhak menjadi dosen dan mengajar mahasiswa yang berkuliah di jurusan fakultas hukum. Sebagai dosen, Anda berpotensi mendapatkan gaji per bulan di atas 5 juta rupiah.

Pengusaha

Tak hanya lulusan manajemen dan ekonomi saja yang bisa menjadi seorang pengusaha, bahkan lulusan hukum pun demikian. Terlebih dengan bekal ilmu hukum yang Anda kantongi tentu saja jalan Anda dalam berwirausaha akan jauh lebih mudah.

Itulah prospek kerja ilmu hukum yang berpotensi didapatkan lulusan ilmu hukum. Anda bisa memilih bidang kerja manapun yang sesuai dan cocok dengan minat Anda.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru