10 Prospek Kerja Farmasi dan Gajinya

Jurusan farmasi merupakan jurusan kuliah yang fokus dalam mempelajari obat – obatan. Jurusan ini merupakan bagian dari fakultas kesehatan yang pembelajarannya masih sangat terkait dengan bidang ilmu biologi, kimia dan juga kesehatan. Prospek kerja farmasi pun sangat besar dan luas. Pada kesempatan kali ini kami akan berikan informasi menarik dan lengkapnya untuk Anda terkait prospek kerja farmasi, let’s check these out!

Prospek Kerja Farmasi

Prospek Kerja Farmasi

Berikut beberapa prospek kerja farmasi yang penting Anda tahu jika merupakan lulusan farmasi atau berniat melanjutkan studi farmasi, di antaranya :

Research and development farmasi industri

Prospek kerja farmasi yang sangat banyak dimasuki lulusan farmasi adalah bekerja di bagian research and development. Tugas yang harus dijalankan dalam keseharian terkait dengan penentuan formula, teknik pembuatan dan juga menentukan spesifikasi bahan baku yang nantinya akan digunakan dalam obat – obatan.

Pekerja farmasi industri berhak menerima gaji yang sangat besar mulai dari 3 juta sampai dengan di atas 4 juta rupiah per bulan di bagian research and development program pada industri farmasi.

Rumah sakit atau laboratorium klinik

Jika Anda berniat bekerja di rumah sakit namun Anda tidak memiliki background sebagai dokter atau perawat, maka Anda masih bisa berpotensi bekerja di instansi tersebut dengan background pendidikan farmasi.

Anda bisa mendapatkan gaji per bulan 2 jutaan rupiah dan bahkan bisa diangkat sebagai PNS nantinya. Jadi jenjang karir yang bagus akan Anda dapatkan.

Apoteker

Sudah bukan rahasia lagi kalau lulusan farmasi bekerja di apotek. Sebagai apoteker, Anda wajib mengambil pendidikan profesi apoteker selama 2 semester atau dalam jangka waktu 1 tahun.

Nantinya sertifikat yang Anda sudah miliki, dapat dijadikan sebagai bekal untuk menjadi apoteker kemudian Anda bisa mendirikan apotek sendiri. Sangat menarik bukan?

Administrasi pelayanan obat

Selain bekerja di bidang teknis terkait obat – obatan, Anda juga bisa bekerja di bidang administrasi. Jika Anda lebih suka dengan kegiatan surat menyuratnya, bisa bekerja melamar di bagian ini dengan gaji per bulan mulai dari 2 juta rupiah.

Bekerja di sektor swasta

Ada berbagai perusahaan swasta yang bergerak di bidang farmasi di Indonesia. Dengan bekal ilmu dan latar belakang pendidikan yang Anda miliki tentu Anda bisa bergabung di berbagai divisi yang memang cocok dengan skill dan ilmu yang sudah Anda dapatkan di bangku kuliah.

Gaji yang Anda berhak dapatkan per bulan pun sangat besar mulai dari 4 jutaan sampai dengan di atas 5 juta rupiah per bulan.

Penyuluh kesehatan

Jika Anda merupakan mahasiswa farmasi yang bekerja sebagai penyuluh kesehatan, tugas yang perlu Anda jalankan di antaranya mengelola program pendidikan kesehatan yang membantu individu, komunitas atau keluarga dalam memaksimalkan dan juga mempertahankan gaya hidup sehat Anda.

Anda nantinya juga akan diminta untuk mengumpulkan serta melakukan analisa data terkait kebutuhan kesehatan masyarakat dan program hidup sehat masyarakat. Anda bisa mendapatkan gaji per bulan mulai dari 1,5 juta sampai dengan 2,5 juta rupiah.

Dosen

Jika memang Anda memiliki minat sebagai tenaga pendidik, Anda bisa menjadi dosen setelah lulus kuliah. Namun Anda harus menempuh pendidikan S2 terlebih dahulu. Dengan menjadi dosen, Anda harus mampu menyalurkan ilmu farmasi yang Anda punya kepada mahasiswa dan mahasiswi dan berhak mendapatkan gaji per bulan di atas 5 juta rupiah.

Bekerja di BPOM

Sebagai mahasiswa lulusan farmasi, Anda bisa bekerja di lembaga pemerintahan khususnya berkaitan dengan kepengurusan dan pelegalan obat yang disebut BPOM. Namun pesaing Anda akan sangat banyak untuk mendapatkan posisi di perusahaan pemerintah yang sangat besar tersebut.

Anda berhak mendapatkan gaji per bulan yang sangat menggiurkan mulai dari 3 juta rupiah sampai dengan di atas 10 juta rupiah tergantung posisi yang Anda dapatkan nantinya.

Pengusaha

Lulusan farmasi juga bisa menjadi pengusaha. Anda bisa membuka apotek sekaligus menjadi apoteker di usaha Anda sendiri dengan mendapatkan gaji yang nominalnya tak terbatas setiap bulan tergantung omset Anda.

Peneliti farmasi

Sebagai peneliti, tugas Anda sangat berkaitan dengan penelitian terhadap potensi tanaman obat yang masih melimpah di Indonesia. Anda juga bekerja di bidang penelitian pemerintah seperti LIPI. Pendapatan yang berpotensi Anda peroleh per bulan mulai dari 6 juta sampai dengan 7 juta rupiah.

Demikian beberapa prospek kerja farmasi yang Anda harus tahu dan bisa menjadi bidang kerja untuk Anda berkarir. Semoga menjadi informasi yang membawa manfaat dan inspirasi.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru