10 Prospek Kerja Agroteknologi dan Gajinya

Prospek Kerja AgroteknologiJurusan Agroteknologi merupakan jurusan yang mempelajari bidang keilmuan terkait produksi pertanian dengan mempertahankan kualitas dan juga efisiensi. Kuliah di jurusan ini membuat Anda akan disiapkan untuk bersaing di era industri 4.0 sehingga mampu membantu Anda menghasilkan berbagai macam produk unggul. prospek kerja jurusan agroteknologi yang sekarang ini lulusannya masih belum banyak sangatlah besar, terlebih jumlah pesaing yang tidak terlalu banyak membuat lulusan jurusan ini bisa lebih bebas memilih bidang kerja yang disuka. Berikut beberapa prospek kerjanya!

Prospek Kerja Agroteknologi

Prospek Kerja Agroteknologi

Ya, ada banyak peluang atau prospek kerja prospek kerja agroteknologi yang bisa dipilih sesuai minat dan bakat yang Anda miliki, mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Surveyor

Prospek kerja agroteknologi pertama yang bisa Anda coba geluti setelah lulus dari bangku kuliah adalah menjadi seorang surveyor. Untuk menjadi surveyor, seseorang tidak hanya harus memiliki pemahaman kerja yang baik akan tetapi harus memiliki ilmu komunikasi yang baik, kemampuan analisis dan sebagainya. Anda nantinya berhak menerima pendapatan sekitar 5 juta rupiah sampai dengan 10 juta rupiah per bulan dari pekerjaan ini.

Industri pertanian

Prospek kerja agroteknologi berikutnya yang dapat dijadikan pilihan karir Anda adalah bekerja di Industri pertanian. Industri pertanian sedang memiliki perkembangan bagus saat ini. Anda akan banyak menerapkan ilmu – ilmu yang sebelumnya sudah Anda dapatkan di bangku kuliah. Adapun gaji yang berhak Anda peroleh setiap bulannya mulai dari 5 juta rupiah.

Industri pangan

Prospek kerja agroteknologi selanjutnya adalah bekerja di Industri pangan. Ilmu yang dipelajari dalam industri pangan memiliki hubungan yang sangat erat dengan pengolahan pangan. Jika Anda tertarik bekerja di industri pangan, Anda harus memenuhi beberapa kualifikasi dan persyaratan yang telah ditetapkan.

Adapun besaran gaji yang diterima rata – rata setiap bulan sebesar 5 juta rupiah sampai dengan 11 juta rupiah per bulan.

Pegawai perkebunan

Rekomendasi selanjutnya prospek kerja agroteknologi yang tidak kalah menariknya untuk dipertimbangkan adalah bekerja sebagai pegawai perkebunan. Tugas Anda sebagai pegawai perkebunan adalah merawat, meneliti dan melakukan inovasi terkait tanaman. Adapun gaji yang dapat Anda terima setiap bulannya untuk bekerja di bidang ini mulai dari 3 juta rupiah sampai di atas 5 juta rupiah.

Pegawai perusahaan pupuk

Lulusan Agroteknologi juga bisa bekerja di perusahaan pupuk. Di perusahaan ini nantinya Anda berhak menempati posisi sebagai petugas manajerial atau petugas operasional dari perusahaan terkait. Gaji yang bisa Anda dapatkan per bulan mulai dari 3 jutaan sampai dengan di atas 5 juta rupiah tergantung pengalaman dan jabatan Anda.

Pegawai perusahaan perbenihan

Prospek kerja agroteknologi juga sangat besar bekerja di perusahaan perbenihan. Tugas Anda adalah melakukan berbagai aktivitas untuk tujuan mengembangkan benih dengan kualitas unggul untuk para petani. Adapun gaji yang bisa Anda terima mulai dari 3 juta sampai di atas 5 juta rupiah per bulan.

Pegawai perusahaan pestisida

Banyaknya permintaan pestisida dapat membuat perusahaan pestisida berkembang pesat di Indonesia. Anda pun bisa bekerja di sana dengan gaji per bulan yang berhak dan berpotensi Anda dapatkan mulai dari 3 juta sampai di atas 5 juta rupiah.

Petani

Mungkin sebagian orang berpikiran kalau petani memiliki penghasilan yang sedikit. Namun jika bekal ilmu pendidikan Anda mumpuni dan didukung dengan peralatan serta teknologi modern, maka seorang petani dapat berkembang pesat selayaknya menjalankan usaha lainnya. Bahkan potensi pendapatan sampai puluhan juta sekali panen bisa didapatkan.

Konsultan pertanian

Jika Anda merasa memiliki ilmu yang memadai dan pengalaman cukup di bidang agroteknologi, maka Anda bisa menjadi seorang konsultan. Anda bisa bekerja di swasta dengan mendapatkan gaji bulanan atau Anda bisa membuka jasa konsultan sendiri.

Jasa Anda akan sangat dibutuhkan karena banyak orang yang akan mencari seorang konsultan yang mampu memberikan bimbingan terkait manajemen SDM dalam pertanian beserta pengelolaan keuangannya.

Namun selain pemahaman tentang bidang pertanian dan agroteknologi, Anda juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, dan mampu menjaga kerahasiaan client. Gaji atau pendapatan Anda sebagai seorang konsultan tergantung permasalahan client Anda dan gaji setiap bulannya yang Anda bisa dapatkan kurang lebih sekitar 5 juta rupiah.

Pengelola perkebunan

Jika Anda suka dengan dunia perkebunan, sebagai lulusan Agroteknologi Anda juga bisa mengelola perkebunan. Tugas Anda pun adalah bertanggung jawab terkait pengurusan perkebunan tersebut. Tak hanya soal kebersihan tanaman, atau panen melainkan juga bertanggung jawab terkait inovasi dan bagaimana agar produk perkebunan memiliki kualias yang bagus.

Setiap bulannya Anda berhak menerima gaji mulai dari 5 juta rupiah sampai dengan di atas 7 juta rupiah bekerja di bidang ini.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan seputar prospek kerja agroteknologi. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda.

Artikel Terbaru